Article posted at:
Mei 3, 2021

Fungsi dan Jenis-jenis Audio Mobil


Melakukan perjalanan jauh di tengah senyap mungkin akan terasa sangat membosankan. Perjalanan akan terasa lebih seru jika ada audio yang menemani. Entah untuk musik, radio, kajian, podcast, dan lain sebagainya. Apa saja fungsi dan jenis-jenis audio mobil yang perlu Anda ketahui? Komponen Power Audio Mobil dan Fungsinya Suara audio...

audio mobil

Melakukan perjalanan jauh di tengah senyap mungkin akan terasa sangat membosankan. Perjalanan akan terasa lebih seru jika ada audio yang menemani. Entah untuk musik, radio, kajian, podcast, dan lain sebagainya. Apa saja fungsi dan jenis-jenis audio mobil yang perlu Anda ketahui?

Komponen Power Audio Mobil dan Fungsinya

Suara audio mobil yang bagus dapat menambah kenyamanan saat berkendara karena menjadi hiburan tersendiri yang menemani sepanjang perjalanan. Lamanya perjalanan dan rasa bosan dalam kemacetan pun setidaknya dapat terobati. Apa saja komponen dan fungsi audio mobil?

Power Amplifier

Fungsi utama power amplifier adalah untuk memberi daya yang besar sehingga kinerja subwoofer dan speaker system pada mobil dapat terdorong. Disarankan untuk memilih tipe power amplifier yang tersedia fasilitas remot untuk menghidupkan dan output display agar bisa dihubungkan pada layar. 

Tape Mobil/CD Player

Tape mobil atau CD player adalah komponen audio mobil utama yang hampir selalu ada pada setiap mobil. Komponen ini menjadi alat yang berfungsi untuk memainkan tape atau CD player pada mobil. Jika tape mobil/CD player sudah terpasang pada mobil, jangan lupa untuk menyiapkan tape dan CD. 

Horn 

Horn merupakan bagian dari speaker yang memiliki fungsi untuk memproduksi sinyal audio pada kisaran gelombang frekuensi yang dapat didengar manusia. Fungsinya sangat krusial dan harus ada pada power audio mobil Anda. Sangat disarankan untuk meletakkan horn pada bagian dashboard. 

Speaker Sound System

Speaker sound system memiliki fungsi untuk meningkatkan level suara dan mengolah sinyal suara sehingga terjadi kelipatan suara yang nantinya akan disalurkan ke bagian loudspeaker. Hasil kelipatan suara tersebut akan terdengar kembali ke telinga dengan power yang meningkat. 

Layar Display

Layar display juga menjadi komponen power audio mobil yang memiliki fungsi penting dan harus ada pada suatu sistem audio. Fungsi utamanya adalah untuk memperlihatkan audio apa yang sedang diputar pada layar display. Anda akan mengetahui musik atau saluran radio yang didengarkan. 

Kapasitor

Fungsi utama kapasitor adalah untuk mengatur keseimbangan daya agar tidak terjadi kerusakan pada komponen audio system di mobil. Hal ini dikarenakan ketika komponen power dipaksakan untuk mengeluarkan nada rendah, maka daya yang dibutuhkan akan lebih banyak. 

Oleh karena itu, dibutuhkan penyeimbang agar daya yang tersedot pada mobil tidak terlalu terkuras dan tetap seimbang baik untuk nada rendah maupun nada tinggi. 

Kabel dan Jack Audio

Tanpa kabel maka tidak ada perantara yang bisa menghubungkan setiap komponen pada audio system di mobil sehingga kabel dan jack audio bisa dibilang sangat krusial. Ada beberapa jenis kabel yang dibutuhkan yaitu kabel penghubung ke speaker dan kabel sinyal untuk perangkat ke input. 

Selain itu, dibutuhkan pula Jack RCA untuk menghubungkan power amplifier dan stereo player yang memiliki fungsi untuk memadupadankan kabel dan perangkat pada komponen audio system. 

Jenis-jenis Audio Mobil

Sistem audio pada mobil memiliki fungsi utama untuk menghasilkan suara sebagai fitur entertainment pada mobil. Hampir semua mobil sudah memasang sistem audio standar sebagai fitur bawaan. Namun, tak jarang ada yang berkeinginan memodifikasinya dengan jenis audio mobil yang lain. 

Audio Sound Pressure Level (SPL)

Audio jenis SPL ini lebih mengutamakan kekerasan suara dan mengukurnya dengan satuan desibel. Audio ini berusaha mendapatkan desibel yang paling besar yang bisa dihasilkan. Karakter audio jenis SPL ini adalah penggunaan subwoofer dalam jumlah yang sedikit yakni satu atau dua saja. 

Meskipun sedikit dan bisa dihitung dengan jari, namun subwoofer yang digunakan harus berukuran besar. Pada umumnya audio jenis ini hanya digunakan pada bagian depan saja dan menggunakan power amplifier berukuran besar agar output suara yang dihasilkan lebih maksimal. 

Audio Sound Quality (SQ)

Berbeda dengan jenis SPL yang lebih mengutamakan kerasnya volume suara yang dihasilkan, maka SQ lebih berfokus pada kualitas suara yang dihasilkan. Tolak ukurnya dilihat dari kedalaman (depth), sisi bayangan suara (imaging), kejernihan (clarity), dan tata panggung (soundstage). 

Audio ini akan berusaha menghasilkan suara seakurat dan semirip mungkin dengan aslinya agar kualitas suara yang didengar bagus. Hasilnya bisa didengar dari kejernihan dan kejelasan suara yang didapatkan. Audio jenis ini juga menggunakan speaker 3-way head unit yang berkualitas. 

Audio Sound Quality Load (SQL)

Jenis audio SQL bisa Anda pilih sebagai solusi penengah antara dua jenis audio mobil di atas. Audio Sound Quality Load menggabungkan kualitas audio yang jernih dan bagus dengan audio yang volume suaranya keras. 

Ciri dari audio ini adalah jumlah subwoofer dan speaker yang digunakan cukup banyak untuk menghasilkan keseimbangan antara kualitas dan volume suara yang diinginkan. Subwoofer yang digunakan pun biasanya berukuran besar. 

Audio Car Theater

Jika dibandingkan jenis audio yang lainnya, maka audio car theater adalah yang paling canggih karena dapat membuat suara yang dihasilkan seolah seperti berada di teater dan bioskop. Audio jenis ini biasanya juga dilengkapi dengan DVD player, televisi, dan speaker yang berkualitas. 

Pemilihan speaker dan subwoofer yang digunakan pun harus berkualitas tinggi sehingga suara yang dihasilkan tidak hanya jernih dan jelas namun juga keras. Agar suara yang nantinya didengarkan sesuai keinginan, Anda bisa mengatur volume sesuka hati. 

Dari beberapa pilihan audio mobil di atas, Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki. Semakin bagus kualitasnya, maka semakin mahal juga harganya.