Article posted at:
April 1, 2021

Jenis-jenis Ban dan Kelebihan Ban Dunlop


Tanpa adanya roda, maka mobil dan kendaraan lain seperti sepeda motor hanyalah seonggok besi yang tidak bisa dijalankan. Ban roda merupakan komponen yang sangat penting dan krusial agar mobil dapat dikendarai dan berjalan. Apa saja jenis-jenis ban dan kelebihan ban Dunlop? Jenis-jenis Ban yang Perlu Anda Ketahui Ibarat tubuh,...

ban Dunlop?

Tanpa adanya roda, maka mobil dan kendaraan lain seperti sepeda motor hanyalah seonggok besi yang tidak bisa dijalankan. Ban roda merupakan komponen yang sangat penting dan krusial agar mobil dapat dikendarai dan berjalan. Apa saja jenis-jenis ban dan kelebihan ban Dunlop?

Jenis-jenis Ban yang Perlu Anda Ketahui

Ibarat tubuh, roda ban adalah kaki yang digunakan untuk berjalan sehingga fungsi komponen ini sangatlah penting pada sebuah kendaraan. Perlu Anda ketahui bahwa ban mobil terdiri dari beberapa jenis tergantung dari kualitas dan fungsinya. Berikut ini beberapa di antaranya:

Ban Radial

Ban jenis ini biasanya digunakan untuk mobil berpenumpang dan truk ringan. Sangat jarang digunakan untuk kendaraan berat seperti kontainer dan tronton karena dari segi kapasitas masih belum sesuai. Ciri khas ban jenis ini adalah lapisan seratnya yang arahnya menyilang pada lingkar ban. 

Ban Tubeless

Bisa dibilang ban tubeless merupakan jenis ban yang paling sering digunakan oleh rata-rata mobil sekarang. Ban jenis ini dirancang khusus agar dapat menahan udara tanpa menggunakan ban dalam. Desainnya sengaja dibuat lengkap dengan lapisan dalam untuk menghindari bocornya udara. 

Salah satu keuntungan menggunakan ban ini adalah meskipun tertusuk oleh benda tajam, ban tubeless tetap tidak akan langsung kempes. Hal ini dikarenakan terdapat tread dan liner yang berfungsi untuk mencengkeram benda tajam dengan kuat. Udara pun tidak akan bocor atau keluar dari ban. 

Ban Run Flat Tyre (RFT)

Ban RFT ini cukup menarik dengan keunggulannya yang tetap bisa berjalan dengan aman meskipun dalam keadaan tanpa angin atau kempes pada kecepatan tertentu. Berbeda dengan ban konvensional pada umumnya yang biasanya akan langsung tercabik-cabik jika dipaksa jalan saat kempes.

Dengan kualitas sebagus itu, wajar jika harga ban jenis run flat tyre ini 2-3 kali lipat lebih mahal dibandingkan ban konvensional. Penggunaan ban RFT memiliki batas maksimum tekanan 0 – 80 km dan dengan kecepatan maksimal 80 km/jam. 

Ban Bias

Sesuai namanya, ban jenis ini memiliki struktur bias namun merupakan salah satu jenis ban yang paling banyak dipakai kendaraan. Rangka dari ban Bias sendiri terbuat dari banyak lembar cord. Karakter ban jenis ini adalah bias panasnya lebih tersentral pada bagian tengah. 

Penyebabnya adalah ketika ban menyentuh jalanan, maka ban tersebut akan mendapatkan tekanan ke arah depan dan belakang. Berbeda dengan ban radial pada umumnya yang justru tertekan ke arah kanan dan kiri. Dengan perbedaan tersebut, tentu saja kualitas performa yang diberikan juga berbeda. 

Kelebihan Ban Dunlop

Berbagai merek dan jenis ban bisa Anda temui di pasaran, salah satunya adalah ban Dunlop yang banyak direkomendasikan karena performanya memang bagus. Ban merek ini dibuat dari pabrikan yang berbasis di Amerika Serikat. Berikut ini beberapa kelebihan ban Dunlop yang perlu Anda ketahui:

Mampu Menjaga Kesenyapan Pada Bagian Kabin

Salah satu hal menarik yang terdapat pada ban Dunlop adalah fitur yang diusungnya berupa Digital Rolling Simulation (Digi-Tyre). Fitur ini disematkan karena memiliki tujuan khusus yakni untuk mendongkrak keseragaman gerak. Selain itu, fitur ini juga dapat mengurangi tingkat kebisingan. 

Bahkan tingkat kebisingan interior dapat dipangkas hingga 50% dengan fitur Noise Shield Technology. Cara kerja fitur ini adalah dengan mengikat lapisan advance polyurethane foam ke permukaan dalam ban. Sehingga kebisingan interior kendaraan pun dapat diredam dengan tetap menjaga performanya. 

Memiliki Manuver yang Mantap

Kenyamanan dan keamanan para pengguna produk-produknya menjadi fokus utama yang dipikirkan Dunlop. Sehingga produk pabrikan dari Amerika ini menerapkan Dunlop Self Supporting Technology (DSST). Pengguna dapat merasa aman dan nyaman selama menyetir kendaraan. 

Meskipun selama di perjalanan mengalami masalah seperti ban ketusuk atau kehabisan angin, kendaraan akan tetap melaju dengan mulus. Anda pun tentu akan lebih tenang dan merasa nyaman tanpa berpikir resiko ban kempes saat perjalanan jauh karena kendaraan tetap dapat melaju. 

Tangguh dan Kuat Untuk Jarak Jauh

Desain yang ditampilkan pada bagian luar ban Dunlop dibuat sedemikian rupa dengan alur atau grip ban yang menyesuaikan kondisi jalanan di Indonesia. SP Touring R1 menjadi salah satu produk yang sangat direkomendasikan karena mengusung groove dan shoulder rib yang lebih lebar. 

Sehingga pengendara tetap dapat mengemudi dengan stabil meskipun kondisi jalanan basah. Pada produk ini juga terdapat teknologi Jointless Full Nylon Band agar steel belt tetap pada posisinya meskipun digunakan untuk berkendara dalam berbagai kondisi. Performa dan durabilitasnya tinggi. 

Terdapat Banyak Pilihan yang Beragam

Beragam pilihan ban Dunlop bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan kendaraan. Mulai dari Grandtrek AT25, Enasave EC300+, dan SP Sport LM704. Tidak hanya jenisnya yang beragam, ukurannya pun bisa ditemukan mulai dari rim 14 hingga 17. Anda bisa memilihnya sesuai ukuran kendaraan. 

Harga Terjangkau

Dengan kualitas dan keunggulan yang sedemikian rupa, tak heran jika ban Dunlop menjadi jenis ban yang banyak direkomendasikan untuk digunakan. Untuk mendapatkan barang ini, Anda tidak perlu khawatir dengan harga yang mahal. Produk ini dijual dengan harga terjangkau mulai dari 400 ribuan. Memperhatikan setiap komponen pada kendaraan adalah hal yang sangat penting. Apalagi untuk bagian-bagian yang memiliki peran krusial pada kendaraan. Maka memilih ban Dunlop adalah sebuah pilihan yang tepat untuk memberikan yang terbaik pada kendaraan Anda.