Article posted at:
Juni 10, 2021

Ban Mobil Serep Itu Sangat Penting Untuk Dirawat


Ban mobil serep atau cadangan adalah salah satu elemen yang sangat penting pada mobil. Karena ban cadangan yang satu ini bisa menggantikan ban yang mungkin mengalami masalah. Namun, karena tidak sering digunakan sering kali kita abai dan akhirnya ban menjadi tidak terawat. Pentingnya Merawat Ban Serep yang Sering Dilupakan...

ban mobil

Ban mobil serep atau cadangan adalah salah satu elemen yang sangat penting pada mobil. Karena ban cadangan yang satu ini bisa menggantikan ban yang mungkin mengalami masalah. Namun, karena tidak sering digunakan sering kali kita abai dan akhirnya ban menjadi tidak terawat.

Pentingnya Merawat Ban Serep yang Sering Dilupakan

Mengatasi Perkerasan Ban dan Perubahan bentuk Ban

Alasan mengapa kamu harus merawat ban dengan baik adalah untuk mengatasi perkerasan ban dan juga perubahan bentuk ban. Ban yang tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama bahkan bertahun-tahun biasanya mengalami perkerasan.

Perkerasan ban juga sering diiringi oleh perubahan bentuk ban yang akhirnya akan mengganggu perjalanan kamu menggunakan mobil. Ya, walaupun terlihat bulat namun jika dilihat dan diukur kembali ban menjadi tidak bulat seutuhnya.

Jika hal ini dibiarkan tentu akan mengganggu perputaran ban dan menjadi tidak seimbang. Ya, mobil adalah kendaraan dengan jumlah total empat ban yang harusnya berputar sempurna. Apabila tidak maka bisa mengganggu kecepatan laju kendaraan.

Mencegah Ban Serep yang Rusak saat akan Digunakan untuk Mengganti Ban yang Mengalami Masalah

Kemudian, penting sekali merawat ban mobil serep untuk mencegah masalah lagi ketika ban utama mengalami masalah. Sering kali terjadi, niatnya mau mengganti ban mobil yang bermasalah dengan ban serep. 

Ternyata ban serep itu sendiri juga mengalami kerusakan yang akhirnya akan menambah beban masalah yang lainnya.

Mencegah Ban Serep yang Kurang Tekanan Anginnya

Merawat ban serep mobil juga dapat mencegah ban tersebut kekurangan angin. Sering terjadi juga pada saat ban utama mengalami masalah kemudian akan diganti menggunakan ban serep ternyata bannya dalam keadaan kurang angin. 

Alhasil, ban serep yang sebenarnya berfungsi untuk mengganti ban menjadi sama saja membawa mobil kamu  ke dalam masalah lain lagi.

Mencegah Ban Serep Kotor dan Menghambat Laju

Dengan perawatan yang rutin maka juga bermanfaat untuk mencegah ban serep kotor. Kotoran yang ada pada ban serep sering kali menjadi keras dan akhirnya sulit dibersihkan. Kotoran yang mengeras ini juga sering membuat mobil tidak dapat melaju dengan kencang.

Bahkan untuk kotoran yang besar dan keras bisa mengganggu perputaran ban dan menghambat perjalanan kamu.

Cara Merawat Ban Mobil Serep yang Baik dan Benar

Setelah mengetahui bagaimana pentingnya merawat ban serep maka selanjutnya akan dijelaskan mengenai cara merawatnya dengan baik dan benar seperti berikut:

Membungkus Ban Cadangan Menggunakan Cover Ban Khusus

Cara merawat ban mobil yang pertama khususnya bagi mobil SUV biasanya ban cadangan diletakkan di bagian belakang mobil. Nah, untuk model yang satu ini ada baiknya kamu menutupinya menggunakan cover khusus ban. Ya tentunya adar tidak terkena kotoran atau hujan khususnya saat berjalan di jalanan.

Mengecek Tekanan Udara yang ada Pada Ban Serep

Cara yang berikutnya adalah dengan mengecek tekanan udara yang ada di ban serep secara rutin. Kamu harus mengeceknya secara rutin dan pastikan angin pada ban serep sesuai dengan standar. 

Kamu bisa mengeceknya sekitar 3 minggu hingga satu bulan sekali. Mengecek tekanan udara ini bisa dilakukan di bengkel untuk mengetahui tekanannya. Atau bisa juga kamu lakukan sendiri di rumah secara manual dengan cara mengira-ira.

Jika tekanan udaranya kurang segera bawa ke bengkel untuk diberikan angin yang sesuai dengan tekanan standar.  kamu bisa memompanya sendiri akan tetapi pasti sangat berat apalagi dengan pompa yang biasa.

Membersihkan Ban Serep yang Kotor

Cara merawat yang ketiga adalah dengan membersihkan ban serep yang kotor. Khususnya ban serep yang diletakkan di bawah mobil biasanya akan sangat kotor apalagi di musim hujan.

 Intinya, jika kamu menggunakannya pada saat hujan, melewati area berlumpur, dan lainnya segera bersihkan ban dengan mencucinya hingga bersih. Seperti yang dikatakan di atas bahwa jika ban kotor dan kotorannya mengering bisa mengganggu laju kendaraan.

Bawa Ban Serep ke Bengkel jika Ada Kerusakan

Inilah pentingnya pengecekan ban secara teratur yaitu untuk mendeteksi kerusakan ban serep. Jika ada ditemukan kerusakan pada ban serep maka  kamu harus langsung ke bengkel untuk memperbaikinya.

Jangan tunggu lama-lama karena bisa jadi kerusakannya main besar dan membuat ban menjadi semakin tidak bisa dipakai.

Lakukan Rotasi Ban Secara Berkala dengan Ban Lainnya

Selanjutnya, kamu bisa memilih untuk melakukan rotasi ban. Maksudnya adalah memasang ban secara bergantian. Ganti ban depan dengan ban belakang, ganti ban belakang kanan dengan belakang kiri, depan kanan dan depan kiri.

Selanjutnya  kamu juga harus melibatkan rotasi ban serepnya juga.  kamu bisa membuat ban depan atau ban belakang menjadi ban serep dan ban serep diganti menjadi ban utama. Hal ini bisa melemaskan ban agar tidak kaku dan keras saat nantinya digunakan sebagai cadangan.

Cara yang satu ini dianggap menjadi metode yang cukup efektif untuk mencegah adanya kerusakan yang terjadi pada ban serep. Namun memang cara ini cukup melelahkan dan cocok untuk  kamu yang memiliki waktu luang.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu ketahui mengenai pentingnya dan cara merawat ban mobil serep. Dengan merawatnya dengan teratur maka ban serep akan tetap sehat dan bisa digunakan kapan saja. Jangan sampai saat dibutuhkan ternyata ban serep tidak bisa digunakan.