Article posted at:
Juli 7, 2021

Belajar Mobil Manual? pelajari Tahapannya


Mempersiapkan diri untuk mulai belajar mobil manual merupakan hal umum yang tentu pernah dilalui atau akan dilalui oleh seseorang. Selain itu perlu diketahui bahwa melakukan latihan ini bukanlah suatu hal yang harus ditakutkan serta tidaklah serumit yang dibayangkan. Tahap-Tahap Persiapan Belajar Mobil Manual Memulai pembelajaran berkendara menggunakan mobil manual...

belajar mobil manual

Mempersiapkan diri untuk mulai belajar mobil manual merupakan hal umum yang tentu pernah dilalui atau akan dilalui oleh seseorang. Selain itu perlu diketahui bahwa melakukan latihan ini bukanlah suatu hal yang harus ditakutkan serta tidaklah serumit yang dibayangkan.

Tahap-Tahap Persiapan Belajar Mobil Manual

Memulai pembelajaran berkendara menggunakan mobil manual inilah lebih efektif. Selain itu seseorang umumnya akan lebih mudah untuk mengemudikan jenis kendaraan roda empat matic pada fase berikutnya. Oleh sebab itu terapkanlah beberapa tahap berikut dalam memulai latihan.

Memilih Kendaraan dan Lokasi Latihan

Dalam hal ini tentu saja Anda harus menggunakan jenis kendaraan manual sebagaimana niat semula. Kemudian penting untuk menentukan lokasi latihan yang potensial dan cenderung lebih aman serta tidak di tengah-tengah lalu lintas padat.

Pemilihan tempat yang kondusif juga bisa dipandang berdasarkan tingkat keramaian dan ramainya pemukiman. Dua hal tersebut sebaiknya dihindari agar konsentrasi berkendara bisa lebih fokus termasuk dalam mengontrol laju kendaraan sesuai tahap belajar.

Mengenali Fitur Utama Untuk Mengemudikan Mobil

Langkah berikutnya adalah mengenali berbagai fitur yang terdapat pada mobil, utamanya untuk bagian-bagian paling berpengaruh dalam mengemudi. Proses pembelajaran ini akan sangat menunjang dengan adanya bantuan tutor, mentor atau pemandu yang dapat mengarahkan Anda.

Fitur krusial yang pertama kali harus anda kenal adalah sikap pedal di bagian bawah yang akan dioperasikan oleh telapak kaki Anda. Selain itu cara menyalakan mesin dan memasukkan gigi juga termasuk ilmu pokok, kemudian cara untuk bergerak maju, mundur, belok dan seterusnya.

Memahami Dengan Pasti Fungsi Masing-Masing Pedal

Tiga komponen pedal memiliki fungsi yang berbeda-beda serta diletakkan sejajar untuk memudahkan perpindahan kaki dalam menginjak bagian tersebut. Dikarenakan posisi inilah pemahaman terhadap kegunaan indikator ini sangat menentukan Laju kendaraan.

Adapun untuk pedal pada bagian paling kiri berfungsi untuk mengatur kopling. Doa like sebelahnya yakni yang di tempat paling tengah digunakan untuk menahan laju atau yang disebut dengan rem. Sedangkan yang berada paling kanan bertugas mengatur kecepatan sebagai gas.

Melatih Konsentrasi

Unsur penting lainnya dalam untuk mempersiapkan diri belajar mengemudi adalah melatih konsentrasi. Dalam hal ini seseorang harus menitik fokuskan antara teori berkendara dan kinerja fisik untuk melakukan pengaturan terhadap fitur-fitur yang ada dalam mobil.

Meskipun dalam kondisi berkonsentrasi namun seseorang, harus tetap berada pada posisi yang tenang serta mengurangi rasa takut berlebih. Konsentrasi ini juga ditujukan pada laju kendaraan dan objek sekitar. Jika terlatih dilakukan di jalan umum maka Anda juga perlu memperhatikan rambu lalu lintas.

Cara-cara Mengemudi Mobil Bagi Pemula

Setelah seluruh persiapan dirasa lengkap dan sudah siap, maka saatnya memulai latihan yang sesungguhnya. Di mana Anda akan duduk di bagian kursi pengemudi dan menerapkan hal-hal yang sudah dipelajari. Adapun cara selengkapnya yakni sebagai berikut.

Memposisikan Duduk dengan Nyaman dan Benar

Masuklah kedalam mobil yang akan digunakan untuk berlatih. Kemudian duduklah di bagian pengemudi dengan posisi yang paling nyaman dan benar. Atur bangku baik dengan posisi lebih maju atau mundur tergantung pada ada kebutuhan Anda.

Pakailah sabuk pengaman dan posisikan kaki di bagian pedal tanpa langsung menginjaknya. Kondisi duduk yang nyaman juga sangat berpengaruh terhadap konsentrasi, sehingga diharapkan dapat mendukung latihan dengan lebih optimal mengurangi kekakuan pada sendi dan saraf.

Menyalakan Mesin Mobil

Selanjutnya Anda akan memasuki tahap menyalakan mesin mobil. Meskipun prosedur ini terbilang cukup sederhana namun sangat penting untuk diperhatikan bagi pemula. Salah satunya dengan memastikan tuas persneling dalam kondisi netral atau dapat dijadikan gerakannya bisa ke kanan atau kiri.

Pastikan kunci mobil telah masuk ke dalam slotnya. Langkah berikutnya adalah menginjak pedal kopling dengan kaki kiri dan menahannya sambil menghidupkan mesin. Kemudian lepaskan pedal secara perlahan hingga suara mobil terdengar lebih teratur.

Menjalankan Mobil

Setelah mobil menyala tindakan berikutnya adalah menjalankan kendaraan roda empat tersebut. Dalam hal ini Anda harus meminta kembali kopling untuk memasukkannya ke gigi satu. Kemudian kembali melepaskan injakan kopling secara perlahan yang diiringi dengan menekan tuas gas.

Pada kondisi ini Anda juga harus sudah melepaskan rem tangan namun dengan tekanan tidak penuh pada kopling. Pastikan kecepatan tidak terlalu kencang serta terjaga dengan stabil sambil tetap mawas terhadap bagian rem jika sewaktu-waktu perlu dihentikan.

Menaikkan Persneling

Sama halnya untuk kendaraan bermotor mobil pun memiliki batas khusus sebelum dapat dinaikkan ke persneling  yang lebih tinggi. Adapun standarnya adalah pada rentang 2.500-3.000 RPM. Lepaskan pijakan gas dan tekan tuas kopling sepenuhnya, kemudian masukkan kenaikan gigi.

Setelah masuk ke persneling berikutnya maka lepaskan kopling dan injak gas dengan perlahan. Dalam hal ini pelepasan kopling dan penginjakan gas harus dilakukan secara beriringan untuk menghasilkan laju yang lebih halus.

Menurunkan persneling

Kurang lebih dapat dikatakan mirip dengan metode penambahan gigi. Pada proses pengurangan nya pun anda perlu mengatur tiga komponen utama yakni pedal gas, kopling dan tuas persneling. Penurunan dapat dilakukan jika RPM menurun dan terasa getaran. Selain itu respon akselerator pun mulai berkurang.

Kondisi tersebut mengindikasikan bahwa laju kendaraan membutuhkan penurunan persneling. Caranya pun dengan mengangkat pedal gas lalu menekan tuas kopling dan menurunkan gigi. Kemudian melepaskan kopling secara perlahan berbarengan dengan menginjak pedal gas.

Demikian informasi tentang tahap-tahap belajar mobil manual yang diatur berdasarkan persiapan hingga tata cara bagi pemula untuk memulai latihan. Semoga informasi ini bermanfaat.