Article posted at:
April 7, 2021

Syarat Hingga Biaya Cabut Berkas Mobil


Biaya untuk cabut berkas mobil disebut juga dengan istilah mutasi. Mutasi ini biasanya dilakukan saat kamu ingin melakukan pemindahan alamat domisili sehingga memerlukan penggantian plat nomor polisi pada kendaraan mobil milikmu. Misalnya saat ini kamu merupakan penduduk kota Surabaya dan ingin melakukan pindah rumah ke Jakarta. Supaya lebih mudah...

cabut berkas mobil

Biaya untuk cabut berkas mobil disebut juga dengan istilah mutasi. Mutasi ini biasanya dilakukan saat kamu ingin melakukan pemindahan alamat domisili sehingga memerlukan penggantian plat nomor polisi pada kendaraan mobil milikmu.

Misalnya saat ini kamu merupakan penduduk kota Surabaya dan ingin melakukan pindah rumah ke Jakarta. Supaya lebih mudah melakukan pembayaran pajak STNK kamu perlu melakukan mutasi mobil. Jika hal tersebut terjadi maka simak artikel berikut ini yang membahas tentang syarat cabut berkas mobil beserta biayanya.

Syarat Cabut Berkas Mobil

Jika kamu berencana melakukan mutasi mobil, kamu dapat melakukannya pada kantor samsat terdekat di rumah kamu. Dalam hal ini biasanya kamu perlu mendatangi kantor Samsat yang sesuai dengan domisili kamu serta tempat kamu pindah. Ketika proses pencabutan berkas mobil ini ada beberapa syarat atau dokumen yang penting perlu kamu persiapkan terlebih dahulu. Berkas-berkas penting itu sebagai berikut:

  1. Pertama siapkan Surat Tanda Nomor Kendaraan atau STNK yang asli serta foto kopiannya.
  2. Bawa Buku Pemilik Kendaraan Bermotor atau BPKB yang asli beserta foto kopinya.
  3. Bawa Kartu Tanda Penduduk atau KTP asli beserta foto kopinya.
  4. Bawa kwitansi transaksi ketika pembelian untuk menjadi bukti serta bawah materai RO 10 ribu.
  5. Terakhir kamu bawa Kartu Keluarga atau KK hal ini biasanya untuk jaga-jaga bila sewaktu-waktu akan dibutuhkan ketika melakukan pengajuan pencabutan berkas mobil.

Prosedur Melakukan Cabut Berkas Mobil

Jika kamu sudah selesai menyiapkan segala dokumen yang akan dibutuhkan untuk melakukan pengajuan mutasi. Saat ini yang perlu kamu ketahui selanjutnya adalah prosedur atau cara cabut berkas mobil. Perlu kamu tahu prosedur yang akan dijelaskan di bawah ini berlaku untuk seluruh kantor Samsat yang ada di Indonesia.

Ini berarti kamu tidak usah khawatir lagi jika mengalami perbedaan prosedur jika kamu ingin melakukan pencabutan berkas mobil bukan di kota Jakarta. Langsung saja, ini dia langkah-langkah melakukan pengajuan cabut berkas mobil di kantor Samsat sebagai berikut:

  1. Pertama kamu perlu datang langsung ke kantor Samsat yang sudah sesuai dengan alamat yang ada pada berkas STNK mobil milikmu. Sebaiknya kamu harus datang saat pagi hari ini supaya terhindar dari antrian yang panjang.
  2. Usai berada di kantor Samsat kamu langsung menuju loket cek fisik kendaraan lalu serahkan dokumen atau syarat yang sudah kamu persiapkan sebelumnya pada petugas loket.
  3. Lalu tunggu dan kamu akan diberikan sebuah formulir untuk cek fisik yang harus diisi. Kamu juga akan dimintai salinan atau fotokopi dari berkas-berkas tersebut secara lengkap.
  4. Jika formulir yang telah diserahkan kepada kamu sudah selesai diisi. Selanjutnya kamu berikan kembali pada petugas cek fisik kendaraan. Lalu kamu akan menunggu proses gesek nomor mesin yang ada pada rangka mobil dengan petugas yang terkait.
  5. Jika proses tersebut sudah dilakukan selanjutnya kamu akan diarahkan pada petugas bagian fisik. Ini untuk pengisian formulir serta pembayaran biaya pajak yang telah tertunda bila memang ada.
  6. Jika pajak sudah berhasil kamu bayarkan. Kamu bisa mengambil berkas kartu induk yang berguna untuk kamu berikan pada petugas bagian mutasi.
  7. Jika sudah berhasil menyerahkan berkas kartu induk tersebut pada petugas terkait. Maka kamu akan diberikan surat jalan agar dapat melakukan kepengurusan di domisili terbaru.

Di atas merupakan prosedur pengurusan cabut berkas mobil di domisili asal selanjutnya akan beralih prosedur cabut berkas mobil di domisili baru. Kamu bisa melakukan prosedur mutasi ini ke Samsat di kota domisili kamu yang baru. Agar lebih mudah ikuti langkah berikut ini:

  1. Langsung datang ke Samsat kota domisili baru kamu.
  2. Langsung menuju tempat cek fisik kendaraan kemudian serahkan semua berkas syarat serta surat jalan pada petugas loket.
  3. Tunggu proses penggesekan nomor mesin serta rangka.
  4. Jika sudah proses penggesekkan kamu dapat membawa seluruh dokumen terkait pada bagian mutasi kendaraan. Petugas akan memberi kamu formulir untuk nantinya diisi.
  5. Jika formulir tersebut telah selesai diisi, kamu bisa membawa berkas itu kembali pada petugas yang menangani pencabutan berkas mobil.
  6. Kamu bisa menunggu sampai nama kamu dipanggil agar bisa menyelesaikan masalah pembayaran untuk biaya cabut berkas mobil kamu.
  7. Hingga tahap ini BPKB asli milik mobil kamu akan ditahan sementara ini untuk proses pembaruannya. Sebaiknya kamu tidak perlu khawatir karena kamu akan diberi surat pengantar yang berfungsi untuk pengambilannya kembali di kantor Polres terdekat.
  8. Jika seluruh biaya cabut berkas mobil sudah selesai kamu bayar. Kamu bisa mengambil STNK baru dan juga plat nomor polisi untuk mobil kamu. Jika dua hal tersebut sudah kamu dapatkan maka proses mutasi mobil milikmu telah selesai.

Biaya Cabut Berkas Mobil

Untuk masalah perhitungan biaya proses mutasi mobil biasanya dihitung 1% dari harga pembelian mobil tersebut. Jika kendaraan mobil milikmu tersebut berharga beli Rp 200 juta, untuk biaya mutasinya akan di ambil 1% dari Rp 200 juta tersebut sehingga perkiraannya sebesar Rp 2 jutaan. Tetapi biaya tersebut belum termasuk ke dalam semua biaya administrasi yang dibayarkan pada kantor Samsat ketika mengurusnya.Demikian informasi tentang syarat, prosedur serta biaya dari cabut berkas mobil atau mutasi mobil yang bisa kamu ketahui. Dengan mengetahui informasi ini semoga dapat membantu kamu yang ingin melakukan proses mutasi mobil. Semoga bermanfaat dan membantu.