Article posted at:
April 30, 2021

Cara Beli Mobil Lelang Yang Menguntungkan.


Lelang merupakan salah satu cara paling efektif digunakan untuk orang yang ingin membeli suatu barang dengan harga yang cukup murah, salah satunya adalah membeli mobil. Meskipun begitu, ternyata lelang bukanlah hal mudah yang bisa Anda lakukan untuk membeli mobil bekas yang berkualitas. Untuk itulah, Anda perlu mempelajari bagaimana cara...

cara beli mobil lelang

Lelang merupakan salah satu cara paling efektif digunakan untuk orang yang ingin membeli suatu barang dengan harga yang cukup murah, salah satunya adalah membeli mobil. Meskipun begitu, ternyata lelang bukanlah hal mudah yang bisa Anda lakukan untuk membeli mobil bekas yang berkualitas. Untuk itulah, Anda perlu mempelajari bagaimana cara beli mobil lelang agar bisa mendapatkan untung.

Apakah Lelang Membawa Keberuntungan atau Malah Kebuntungan?

Perlu Anda ketahui, bahwa pembelian mobil secara lelang bisa saja menjadi salah satu solusi untuk pembelian mobil yang mana harganya dibawah harga pasar.  Namun, perlu menjadi catatan bahwa meskipun bisa dikatakan bahwa lelang menguntungkan, membeli secara lelang juga bisa membawa Anda kepada ketidakberuntungan, lho.

Hal ini bisa saja terjadi akibat keteledoran Anda sendiri. Memang cukup sulit mengidentifikasikan mobil bekas yang masih berkualitas prima, terlebih jika dilakukan melalui proses lelang. Tentu saja Anda sebagai pembeli harus lebih jeli dan teliti lagi sebelum memutuskan untuk membeli mobil dengan cara lelang.

Cara Beli Mobil Lelang Agar Tidak Salah Bid Harga

Ada beberapa faktor yang perlu Anda perhatikan sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli mobil bekas secara lelang. Untuk mengetahui bagaimana caranya, berikut ini akan diberikan ulasannya untuk Anda simak.

Perhatikan Waktu Lelang

Ada banyak sekali acara lelang yang sering dilakukan, terlebih ketika hari-hari besar maupun hari istimewa. Lelang juga bisa dilakukan secara online maupun offline dengan cara yang telah ditentukan.

Tahukah Anda bahwa musim lelang ramai dilakukan ketika dua sampai tiga bulan setelah Hari Raya Idul Fitri berselang. Pada dasarnya, ketika memasuki Hari Raya Idul Fitri ini akan ada banyak sekali permintaan mobil karena nantinya akan digunakan untuk transportasi pulang kampung.

Namun sayangnya, tidak jarang bahwa dua hingga tiga bulan setelah kepemilikan mobil terjadi, nasabah mulai tersendat dalam melakukan pembayaran angsurannya. Nah, waktu seperti inilah banyak mobil yang akhirnya ditawarkan melalui sistem lelang.

Selain itu, Anda juga bisa memperhatikan waktu lelang yang biasanya sering dilakukan. Hal ini tentu akan menambah persentase keuntungan bagi Anda jika memang item yang ada didalam list pelelangan tersebut merupakan barang yang sedang Anda cari. Ada baiknya jika Anda menunggu proses lelang terlebih dahulu daripada terlanjur beli dengan harga yang relatif mahal. 

Perhatikan Tempat Lelang

Balai lelang memang tidak ada di setiap kota. Namun, meskipun ada setidaknya tidak dalam cakupan yang cukup besar. Balai lelang dengan cakupan yang cukup besar biasanya akan diadakan di kota-kota besar, seperti halnya Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang.

Hal ini terjadi dikarenakan empat kota yang sudah disebutkan tersebut menjadi pusat dari kantor cabang besar produsen mobil. Sehingga, peserta lelangnya pun akan lebih banyak dan juga lebih ramai daripada jika lelang dilakukan di kota-kota kecil.

Tempat yang digunakan untuk lelang juga biasanya berupa balai atau ball room. Hal ini dikarenakan dalam ruangan tersebut bisa menampung banyak orang sekaligus untuk mengikuti proses lelang hingga selesai.

Telitilah Ketika Memilih Mobil Lelang

Perlu Anda ketahui, bahwa memang kebanyakan mobil bekas yang dilelang ini masih dalam kondisi yang cukup baik. Tapi perlu Anda ingat juga bahwa tidak sedikit mobil bekas yang dilelang ini dalam kondisi yang kurang baik.

Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati dan lebih teliti lagi ketika memilih mobil bekas yang dilelang tersebut. Proses untuk melihat unit lelang ini pada umumnya akan dilakukan sekitar 3 hingga 5 hari sebelum hari pelelangan dilakukan.

Nah, Anda bisa menggunakan waktu ini untuk melakukan berbagai macam observasi, khususnya yang terkait dengan kelayakan mesin dan dokumen dari kendaraan yang akan dilelang tersebut.

Cari dan Bandingkan Harga Mobil Lelang dengan Harga di Pasaran

Cara beli mobil lelang yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencari tahu dan membandingkan terlebih dahulu terkait dengan harga mobil yang ditawarkan pada proses lelang dengan harga mobil bekas yang ada di pasaran. Hal ini sangat penting Anda lakukan untuk menghindari terjebak over-priced. 

Carilah informasi serinci mungkin terkait dengan harga mobil bekas yang Anda targetkan tersebut untuk nantinya bisa Anda jadikan patokan saat melakukan proses penawaran. Dengan begitu, Anda tidak akan membeli mobil lelang dengan harga yang jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan harga pasaran.

Lelang memang biasanya dilakukan dengan memberikan penawaran harga yang lebih rendah daripada harga yang ada di pasaran. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa Anda bisa mendapatkan barang lelang dengan harga yang jauh lebih murah daripada harga yang ada di pasaran.

Perhatikan penawar Lain dan Jangan Menuruti Ego

Biasanya, yang terjadi ketika proses lelang dilakukan adalah dimana suasana yang terjadi disana sudah tidak lagi kondusif. Hal ini dikarenakan proses lelang selalu menjadi ajang rebutan dari para pelelangnya. 

Pasalnya, peminat dari mobil lelang ini tak hanya Anda saja, melainkan juga orang lain yang ada di ruangan tersebut,bahkan yang ada via telepon saja. Selain itu, lelang biasanya dilakukan dengan memberikan penawaran harga yang lebih rendah daripada harga pasarannya. Hal ini menimbulkan banyaknya orang berebut untuk mendapatkan barang yang tengah dilelang tersebut.

Meskipun demikian, jangan sampai hal ini membuat Anda lantas lepas kendali karena takut bahwa mobil idaman Anda tersebut akan terlepas dari genggaman. Jangan pernah menggunakan nafsu dan ego Anda ketika dalam proses lelang. 

Sebaiknya, perhatikan terlebih dahulu penawar lainnya dan ikuti proses lelang dengan cermat, terlebih apabila ada penawar yang mencurigakan. Misalnya saja jika ada oknum penawar yang sangat aktif menawar. Bisa saja orang tersebut telah bekerja sama dengan pihak penyelenggara lelang untuk menghancurkan harga.

Cobalah untuk mengenal pemain-pemain lama dalam dunia pelelangan ini sebelum Anda benar-benar mengikuti proses lelang tersebut.

Jika Anda Menang Lelang, Bawa Mobil ke Bengkel Resmi

Nah, jika pada akhirnya Andalah yang menjadi pemenang dalam lelang mobil bekas tersebut, maka ada baiknya jika Anda langsung membawa mobil bekas hasil lelang tersebut ke bengkel terdekat. Lebih baik lagi jika Anda membawanya ke bengkel resminya.

Hal ini sangat perlu Anda lakukan mengingat meskipun kondisi mobil bekas tersebut secara kasat mata terlihat baik-baik saja, akan tetapi tidak ada salahnya untuk tetap melakukan pemeriksaan lebih mendalam dengan bantuan dari teknisi yang sudah terpercaya.

Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya kerusakan yang dapat terjadi tanpa Anda sadari. Kerusakan ini bahkan bisa saja lebih besar sehingga akan menimbulkan pengeluaran biaya yang lebih mahal untuk memperbaikinya. 

Tentunya, dengan Anda menggunakan cara beli mobil lelang yang sudah dijelaskan diatas dapat membawa Anda pada keuntungan. Salah satunya adalah karena dengan lelang Anda bisa mendapatkan harga dibawah harga pasaran.