Article posted at:
April 2, 2020

Cara Efektif Mengelola Pinjaman Jaminan BPKB Mobil


Efektif mengelola pinjaman jaminan BPKB mobil, caranya gimana ya? BPKB atau Buku Pemilik Kendaraan Bermotor sudah menjadi hal yang lumrah untuk dijadikan sebagai media jamninan. Pinjaman ini biasa digunakkan untuk berbagai kebutuhan seperti pendidikan, kesehatan, atau renovasi rumah. Hal yang perlu kamu ingat adalah bahwa dana tunai yang kamu...

Efektif mengelola pinjaman jaminan BPKB mobil, caranya gimana ya? BPKB atau Buku Pemilik Kendaraan Bermotor sudah menjadi hal yang lumrah untuk dijadikan sebagai media jamninan. Pinjaman ini biasa digunakkan untuk berbagai kebutuhan seperti pendidikan, kesehatan, atau renovasi rumah. Hal yang perlu kamu ingat adalah bahwa dana tunai yang kamu dapat hanyalah pinjaman dan harus kamu kelola dengan tepat. Lalu bagaimana cara efektif dalam mengelolanya?

  1. Pergunakan dana sesuai keperluan

Dana tunai yang bisa kamu dapatkan dari pinjaman jaminan BPKB mobil terbilang cukup besar, biasanya sekitar 70% dari harga pasaran mobil yang digadaikan. Apalagi jika mobil yang kamu gunakan adalah mobil keluaran baru, maka angka pencairan yang kamu dapatkan pun akan semakin besar. Angka pencairan yang besar inilah yang mengharuskan kamu lebih bijak dalam menggunakannya karena kamu harus ingat bahwa ini adalah pinjaman sehingga harus digunakkan sebaik mungkin. Gunakan dana pinjaman tersebut secara maksimal pada kebutuhan yang menjadi tujuanmu dalam mengajukan pinjaman.

 

  1. Jangan menghamburkan sisa dana

Jika kamu mendapatkan pencairan hingga 80 juta dan kebutuhanmu hanya membutuhkan dana 50 juta, maka sisa 30 jutanya jangan pernah kamu hamburkan untuk hal yang tidak perlu. Kamu harus ingat bahwa uang tersebut adalah dana pinjaman yang harus kamu bayar angsurannya setiap bulan.

 

  1. Jadikan kelebihan dana untuk investasi

Menjadikannya investasi adalah salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk mengalokasikan pinjaman jaminan BPKB mobil. Kamu bisa menginvestasikannya ke dalam bentuk deposito, saham, emas, ataupun reksa dana. Hal ini akan berguna untuk kamu karena dengan berinvestasi, nilai dari yang kamu simpan dapat terus bertambah dibandingkan dengan hanya menyimpannya di rumah. Hal ini juga mencegah agar kamu tidak dapat menggunakan uang tersebut dalam waktu dekat.

 

  1. Bayar pinjaman secepat mungkin

Jika kamu memiliki dana lebih untuk membayar pinjaman jaminan BPKB mobil, lunasilah segera jika diperbolehkan. Biasanya terdapat beberapa pinjaman yang dapat ditutup sebelum jangka waktu pinjaman berakhir. Namun juga ada beberapa yang harus diselesaikan hingga jangka waktu pinjaman berakhir. Hal ini juga bisa kamu tanyakan sebelum mengajukan pinjaman dan bisa dijadikan sebagai pertimbangan kamu.

Kamu juga bisa melihat berapa nilai BPKB mobil kamu jika di jadikan jaminan, cukup kunjungi website Catchadeal.id kamu sudah bisa tahu berapa nilainya.