Article posted at:
Mei 27, 2019

Cara Memulai Bisnis Online dengan Modal Kecil


Tertarik untuk membuka bisnis online? Tidak perlu bingung, kamu bisa mengetahui cara memulai bisnis online dalam ulasan berikut ini!

Semakin hari, kamu pasti akan merasa jika kebutuhan hidup semakin terasa mencekik. Mengandalkan gaji saja rasanya tidak cukup. Untuk itu kamu perlu memiliki sumber penghasilan tambahan. Memulai bisnis online bisa dijadikan pilihan. Tertarik untuk memulai bisnis online sendiri namun modalmu kecil? Ini dia cara memulai bisnis online super mudah yang bisa kamu coba.

 

Lakukan survei pasar

Sebelum kamu memutuskan untuk memulai bisnis online, coba lakukan survei pasar terlebih dulu. Survei pasar ini akan membantumu untuk menentukan produk apa yang paling tepat untuk dijual. Selain itu, survei pasar juga akan memudahkanmu untuk menentukan kelompok masyarakat yang bisa menjadi target pasar dari produk atau jasamu.

Tidak perlu terlalu jauh melakukan survei, kamu bisa melihat situasi dan kondisi dari orang-orang di sekelilingmu. Misalnya kamu seorang mahasiswi yang memiliki teman yang senang menggunakan produk perawatan kulit (skincare). Maka mereka bisa menjadi target pasar untuk produk perawatan kulit yang kamu jual.

 

Membuat online shop sendiri

Setelah kamu tahu produk mana yang sebaiknya dijual beserta dengan target pasarnya maka sekarang saatnya beranjak ke cara memulai bisnis online yang pertama, yaitu membuat online shop sendiri.

Sekarang kamu tidak perlu membuat website sendiri untuk bisa memiliki toko online. Kamu bisa “menumpang” pada e-Commerce yang memang membuka peluang bagi para penjual untuk membuka toko sendiri di situs mereka.

Di samping itu, kamu juga bisa memanfaatkan akun media sosial milikmu. Jumlah followers yang lumayan tentu bisa menjadi calon pembeli toko onlinemu. Lakukan promosi untuk memperkenalkan toko online barumu. Dengan cara tersebut maka calon pembeli pun bisa mengetahui kira-kira produk seperti apa yang bisa didapat dari tokomu.

 

Mencari supplier atau seller

Kamu tentu tidak mungkin berjualan tanpa memiliki barang untuk dijual. Beruntunglah kamu, kini tidak perlu modal besar atau kesulitan mencari supplier untuk mendapat barang dagangan. Sekarang kamu bahkan bisa menjadi dropshipper dari pihak supplier. Kamu cukup memilih barang yang ingin dijual di toko milik supplier dan mereka jugalah yang akan mengirim produk.

Cara memulai bisnis online seperti ini sangat mudah dan praktis. Kamu tidak perlu mengumpulkan modal besar untuk bisa memiliki barang dagangan sendiri. Cukup memilih produk yang kira-kira sedang diminati oleh target pasarmu. Modalmu pun tidak akan habis untuk produk yang kurang diminati. Sangat efisien dan praktis bukan?

 

Buat program loyalitas atau promo menarik lainnya

Siapa yang tidak suka dengan diskon dan potongan harga? Semua orang tentu akan berebut sebuah produk jika diberi diskon atau penawaran menarik lainnya. Nah, kamu bisa membuat penawaran serupa untuk meraih lebih banyak pelanggan lagi. Kamu bisa membuat program loyalitas atau semacamnya untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Contohnya kamu bisa memberikan produk sample atau travel size untuk pelanggan yang membeli produk dalam jumlah tertentu. Jika pemasukanmu belum terlalu besar, kamu bisa membuat program giveaway pulsa. Program seperti ini tidak membutuhkan pengeluaran yang terlalu besar tetapi bisa menarik minat banyak orang. Ini karena semua orang sangat membutuhkan pulsa.

Untuk membuat bisnis online di era digital seperti saat ini sebenarnya sangat mudah dilakukan. Kuncinya satu, ketekunan dan niat. Dengan mengumpulkan niat pun kamu akan bersemangat untuk mengumpulkan modal membuka bisnis online dan mengembangkannya. Semoga cara memulai bisnis online seperti yang telah disebutkan di atas bisa membantu ya!