Article posted at:
Mei 29, 2019

Cara Mendapatkan Uang di Internet


Ingin mendapatkan penghasilan tambahan? Kamu bisa mencoba beberapa cara mendapatkan uang di internet berikut ini.

Seiring dengan waktu yang terus berjalan, kebutuhan hidup akan semakin bertambah. Agar bisa memenuhi beragam kebutuhan tersebut, tidak ada salahnya untuk mencari sumber pemasukan tambahan. Kabar baiknya, di era digital seperti sekarang, hal tersebut sangat mungkin untuk dilakukan selama kamu memiliki koneksi internet yang memadai. Bahkan sebetulnya ada cukup banyak cara mendapatkan uang di internet. Yuk, cari tahu beberapa di antaranya berikut ini!

 

Ikut survei online

Kebanyakan dari kamu kemungkinan besar pernah menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada dalam sebuah survei. Nah, ternyata kamu bisa mendapatkan uang dari mengikuti survei-survei seperti itu di internet. Cara mendapatkan uang di internet satu ini sangatlah mudah untuk dilakukan. Kamu hanya perlu mengisi survei-survei yang tersedia. Temanya bermacam-macam, tergantung dari tujuan pengisian survei tersebut.

Untuk setiap survei yang telah diisi, biasanya kamu akan mendapatkan poin sebagai reward. Kamu bisa mengumpulkan poin-poin ini dan menukarkannya dengan uang. Beberapa situs yang menyediakan survei online berbayar seperti ini adalah SurveyOn, Clixsense, YouGov Indonesia, dan ViewFruit.

 

Bergabung di situs khusus freelancer

Freelancer sudah bukan lagi profesi yang asing di Indonesia. Biasanya, profesi freelancer ditekuni oleh para pekerja kantoran sebagai sumber pemasukan tambahan. Bahkan sekarang mulai banyak juga orang yang bekerja full time sebagai freelancer. Kalau kamu ingin menekuni profesi satu ini, mencari klien adalah salah satu tantangan yang harus dihadapi. Apalagi kalau kamu baru saja mencobanya, biasanya akan cukup susah untuk menemukan klien yang mau menggunakan jasa kamu.

Kabar baiknya, sekarang sudah ada beberapa situs seperti Sribulancer atau Projects.co.id yang mempertemukan freelancer dengan orang-orang yang membutuhkan freelancer. Kamu bisa mendaftar sebagai freelancer, lalu jelaskan keahlian yang kamu miliki. Kalau ada calon klien yang tertarik menggunakan jasa kamu, mereka akan menghubungi kamu melalui platform situs tersebut.

 

Jual foto secara online

Apakah kamu termasuk orang yang hobi fotografi dan gemar hunting foto? Jangan biarkan hasil jepretan kamu tersimpan begitu saja. Kamu bisa memanfaatkannya sebagai cara mendapatkan uang di internet! Saat ini, ada banyak brand atau pihak lain yang membutuhkan foto untuk mempercantik konten mereka. Di sinilah peluang bisnis tersedia untuk kamu.

Coba jual fofo-foto kamu ke situs-situs photostock seperti Shutterstock, 123rf, Istockphoto, dan Bigstockphoto. Untuk setiap foto yang dibeli oleh pengguna situs photostock, kamu akan mendapatkan komisi. Setiap platform memiliki ketentuan persentase komisi yang berbeda, tetapi biasanya jumlahnya berada di kisaran 15% sampai 70%.

 

Ikut program afiliasi

Siapa bilang cara mendapatkan uang di internet itu mustahil dilakukan? Kamu bisa mencoba sistem afiliasi. Bagi yang masih merasa asing dengan istilah satu ini, anggap saja afiliasi ini sebagai seorang makelar. Jadi, kamu hanya perlu menawarkan produk milik orang lain. Lalu, kamu akan mendapatkan komisi dari setiap produk yang terjual melalui kamu.

Bagaimana caranya kamu menjual produk orang lain ini? Well, macam-macam. Kamu bisa mencantumkan banner atau link pada blog atau website kamu. Sebagai alternatif lain, kamu juga bisa mempromosikan produk tersebut melalui media sosial. Namun, ingat, setiap pemilik produk biasanya memiliki ketentuan khusus untuk program afiliasi ini, jadi pastikan kamu mempelajarinya terlebih dulu.

 

Era internet memberikan kamu kemudahan untuk mendapatkan sumber pendapatan tambahan. Jadi, di antara keempat poin di atas, mana yang akan kamu coba sebagai cara mendapatkan uang di internet?