Article posted at:
Juli 14, 2021

Cara Merawat Turbo Mesin Pada Mobil


Cara merawat turbo mesin pada mobil perlu dilakukan dengan strategi dan kehati-hatian khusus. Bagian ini merupakan komponen yang berfungsi untuk mengalahkan pasukan udara ke ruang bakar yang dapat meningkatkan RPM secara spontan setelah mencapai titik tertentu. Cara Merawat Turbo Mesin Pada Mobil Mesin turbo merupakan salah satu bagian krusial...

Cara Merawat Turbo

Cara merawat turbo mesin pada mobil perlu dilakukan dengan strategi dan kehati-hatian khusus. Bagian ini merupakan komponen yang berfungsi untuk mengalahkan pasukan udara ke ruang bakar yang dapat meningkatkan RPM secara spontan setelah mencapai titik tertentu.

Cara Merawat Turbo Mesin Pada Mobil

Mesin turbo merupakan salah satu bagian krusial yang sudah umum disematkan pada perangkat mobil sebagai versi standar. Baik penggunaannya dalam jenis kendaraan diesel maupun bahan bakar minyak. Disamping itu terdapat metode penting yang harus diterapkan sebagai bentuk perawatan yakni sebagai berikut.

Mempelajari Cara Penggunaan Turbo

Hal ini merupakan pengetahuan dasar yang penting untuk dikantongi oleh setiap pengemudi kendaraan bermesin turbo. Sistem didalamnya dikenal dengan proses tersendiri yang tidak bisa dioperasikan secara instan. Bahkan sebaiknya Anda membaca buku panduan untuk memperoleh rinciannya.

Adapun salah satu metode paling dasar untuk menyalakan mesin turbo adalah menghindari pemakaian saat suhu dibawah normal. Untuk memudahkan Anda dalam mengetahui posisi tersebut yakni sebaiknya gunakan untuk berkendara sejenak dalam jarak yang tidak terlalu jauh.

Menggunakan Bahan Bakar yang Tepat

Memilih dan memperhatikan penggunaan bahan bakar yang tepat termasuk pada salah satu metode perawatan turbo mesin. Dalam langkah ini penting untuk menentukan jenis asupan BBM dengan nilai oktan yang tepat dan berkualitas. Hal ini disebabkan oleh adanya alasan khusus yang berpengaruh.

Semakin tinggi kompresi udara yang masuk pada ruang bahan bakar maka semakin tinggi pula kadar oktan yang dibutuhkan untuk menyeimbangkan tekanan tersebut. Jika dipaksa menggunakan kandungannya di bawah standar seharusnya maka akan membuat mesin turbo lebih mudah rusak.

Memperhatikan Pemakaian Oli Mesin

Jangan lupakan juga pola pemakaian oli mesin yang diterapkan pada kendaraan Anda. Unsur ini sangat penting untuk membantu menentukan performa mobil dengan mesin turbo. Dalam hal ini pemilihan pelumas tersebut harus disesuaikan dengan spesifikasi kendaraan.

Pada umumnya oli mesin yang digunakan untuk jenis mobil turbo memiliki tekstur yang lebih cair. Selain itu karakter pelumasan dan kemampuan pendinginan nya juga lebih baik dari pada pelumas biasa. Tak hanya itu namun proses penggantian juga perlu dilakukan secara berkala dan rutin.

Melakukan Perawatan Pada Bagian Filter Udara

Bagian berikutnya yang penting untuk mendapatkan perawatan adalah filter udara. Hal ini disebabkan sumber udara yang masuk ke dalam mesin turbo tidak hanya berasal dari dalam akan tetapi juga dari luar. Sedangkan komponen ini bertugas melakukan filtrasi.

Penyaringan udara sangat berguna untuk memisahkan unsur tersebut dari debu dan kotoran yang jika dibiarkan masuk akan menjadi penyumbatan. Adanya penumpukan zat-zat yang tergolong pada jenis sampah ini akan menurunkan bahkan menghambat kinerja turbo sehingga tidak dapat maksimal.

Memperhatikan Lampu Indikator

Cara berikutnya adalah dengan memperhatikan atau mengawasi lampu indikator yang terletak disekitar speedometer. Tidak hanya menampilkan mode cahaya tertentu namun juga komponen ini diletakkan sebagai alat penanda jika terdapat masalah tertentu pada bagian mesin.

Misalnya apabila terdapat kekurangan oli mesin maka lampu peringatan engine check akan menyala. Hal ini akan segera membuat pengendara mengetahui kondisi yang terjadi dan melakukan tindakan solusi, tidak kerja mesin akan tetap terjaga secara optimal.

Melakukan Servis Secara Berkala

Metode berikutnya adalah melakukan servis secara berkala, bahkan meski Anda melakukan pengoperasian kendaraan secara normal dan tergolong pada itikad yang baik. Hal ini akan mendukung pemeriksaan secara menyeluruh dan memastikan tidak ada bagian komponen yang terlewat.

Selain itu dengan penanganan tenaga ahli yang memahami secara struktural seluruh sistematika di dalam mesin turbo, tentu akan membantu menjaga performa kendaraan. Terlebih bagi para pengguna yang kurang memahami komponen, mesin dan cara kerjanya.

Mengenal Komponen-Komponen Pada Mesin Turbo

Dapat membantu menaikan torsi kendaraan menjadi lebih powerfull dan optimal, maka penting untuk mengenal komponen-komponen yang berpengaruh terhadap sistem tersebut. Bagian-bagian tersebut juga terpecah serta memiliki fungsi andil tersendiri yang di antaranya sebagai berikut.

  1. Turbin

Turbin dapat dikatakan sebagai sebuah komponen mekanik yang dapat mengubah energi panas fluida menjadi tenaga mekanis dengan putaran poros. Aliran tersebut berjalan melewati bagian sudu-sudu yang memiliki desain nozzle-nozzle. 

  1. Kompresor

Kompresor memiliki kegunaan untuk mengubah energi putaran poros turbo menjadi tenaga kinetik aliran udara. Sedangkan letaknya berada di dekat titik turbin sehingga apabila satu bagian berputar maka akan mempengaruhi komponen tekanan udara ini. 

  1. Sistem Pelumas dan Pendinginan Turbocharger

Sistem ini berada pada bagian berfungsi untuk membantu pelumasan secara optimal dan memperlancar pendinginan turbocharger. Hal ini didukung oleh CHRA yang menjadi tempat berpengaruh untuk berlakunya sistem sirkulasi yang sangat dibutuhkan.

  1. Intercooler

Intercooler merupakan suatu sistem penting yang berfungsi sebagai pendingin sebelum udara bertekanan masuk ke intake manifold. Dalam artian lain disebut sebagai alat penukar panas yang umumnya menggunakan udara atmosfer sebagai media cooler.

  1. Gerbang Sampah

Adapun gerbang sampah bertugas sebagai bypass valve yang melakukan pembuangan terhadap gas buang motor. Akan tetapi hal tersebut berlaku pada kondisi tertentu dimana gas tidak masuk ke dalam turbin melainkan langsung menuju exhaust.

  1. Katup Peniup

Komponen ini juga disebut dengan Blow-off valve yang memiliki tugas khusus untuk membuang udara terkompresi ke atmosfer. Hal tersebut berlaku pada saat tekanan udara turbocharger kompresor terlalu besar. Tanpa adanya bagian ini maka pada kondisi tertentu tekanan akan terus naik dan dapat berakibat kebocoran.

  1. Saluran Pipa

Saluran pipa dibagi kepada dua bagian yakni untuk menghantarkan panas dan dingin. Adapun bagian yang mengalirkan suhu tinggi akan membawa gas buang dari ruang bakar ke sisi inlet turbin turbocharger. Sedangkan bagian yang dingin akan membawa udara sampai intercooler hingga ke intake manifold motor bakar.Demikian informasi tentang cara merawat turbo mesin yang bisa Anda terapkan sekaligus bagian-bagian yang perlu dikenali dari komponen tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat.