Article posted at:
Juni 2, 2021

Cara Poles Mobil Sendiri di Rumah


Mobil penampilannya sudah usang tapi budget minimalis? Solusinya adalah dengan poles mobil sendiri di rumah. Ya, untuk mempercantik penampilan mobil tak harus selalu pergi ke salon dan variasi. Cukup praktek sendiri di rumah, hasilnya tak kalah dengan pekerjaan mekanik. Cara poles mobil sendiri di rumah pun cukup mudah dengan...

Mobil penampilannya sudah usang tapi budget minimalis? Solusinya adalah dengan poles mobil sendiri di rumah. Ya, untuk mempercantik penampilan mobil tak harus selalu pergi ke salon dan variasi. Cukup praktek sendiri di rumah, hasilnya tak kalah dengan pekerjaan mekanik. Cara poles mobil sendiri di rumah pun cukup mudah dengan bahan-bahan yang mudah didapat.

Dalam usaha mempercantik bodi mobil di rumah, terdapat dua cara yang bisa dilakukan yaitu dengan poles manual dan mesin. Berikut tutorial untuk kedua cara tersebut!

Cara Poles Mobil Secara Manual

Dinamakan manual karena proses poles mobil ini tidak menggunakan bantuan mesin. Untuk cara ini terdapat beberapa step yang harus kamu lalui, antara lain;

Cuci dan Bersihkan Mobil

Untuk dibuat lebih cantik, tentu mobil harus dalam keadaan bersih bebas kotoran. Jika terdapat kotoran yang menempel pada bodi mobil, proses pemolesan tentunya akan terhambat. Kamu bisa mencuci mobil sendiri di rumah. 

Agar hasilnya lebih maksimal, kamu bisa menggunakan alat pencuci mobil dengan tekanan air tinggi. Hal ini bertujuan agar kotoran membandel di tempat yang sulit terjangkau bisa dimusnahkan. Untuk lebih bersihnya, kamu bisa menggunakan sabun cuci khusus mobil.

Keringkan dengan Microfiber

Setelah dicuci, jangan sekali-kali mengeringkan permukaan mobil dengan lap atau kain biasa. Selain tidak bisa menyerap air secara sempurna, lap tersebut juga akan meninggalkan residu kotoran pada permukaan bodi mobil.

Sebagai solusi, kamu bisa menggantinya dengan microfiber. Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa microfiber merupakan bahan yang sangat ampuh untuk menyerap cairan. Permukaanya yang lembut juga tidak akan merusak lapisan cat mobil. 

Jika tidak ada kain microfiber, kamu bisa menggantinya dengan kanebo. Agar mobil kering secara merata, kamu bisa menggunakan 3 kanebo sekaligus.

Siapkan Alat dan Bahan Poles

Sebelum memoles, tentu saja kamu harus menyiapkan bahan dan peralatannya. Terdapat dua pilihan poles yang bisa kamu gunakan yaitu wax dan kompon. Pilihlah poles yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kantong. Kamu juga harus mempersiapkan alat poles khusus mobil.

Memulai Proses Pemolesan

Setelah mobil dalam keadaan bersih dan peralatan pemolesan telah siap, kini saatnya beraksi. Lakukan pemolesan dari bagian yang jangkauannya paling mudah. Diawali dari bagian panel samping kanan, kiri, dan depan. Lanjutkan pada bagian pintu samping, depan, panel belakang, dan seluruh permukaan mobil. 

Poles mobil manual dilakukan dengan cara mengoleskan kompon atau wax sedikit demi sedikit sampai merata. Setelah agak kering, kamu bisa mengambil kain microfiber untuk digosokkan ke seluruh bodi mobil. Hal ini bertujuan agar cairan wax dan kompon bisa terserap secara merata.Usahakan kamu menggosok cairan wax ini secara perlahan saja. Jika tidak, siap-siap mobil akan lecet dan tergores. 

Proses poles mobil manual ini biasanya memakan waktu 2-4 jam. Tergantung pada usaha pengerjaan dan ukuran mobil yang dipoles. Semakin besar ukuran mobil, maka akan semakin lama pula proses pengerjaannya. 

Cara Poles Mobil Menggunakan Mesin

Tidak mau ribet dengan proses poles mobil manual yang lama dan panjang, kamu bisa menjajal poles mobil menggunakan mesin. Sebelum itu, pastikan kamu punya mesinnya ya hehe!

Bersihkan Mobil

Tahap pertama pada proses poles mobil di rumah menggunakan mesin sama dengan cara manual yaitu dengan mencucinya. Cuci bersih mobil dengan air bertekanan tinggi agar debu dan kotoran memandel bisa dimusnahkan. Gunakan pula sabun cuci khusus mobil, agar hasilnya lebih mengkilap dan bersih.

Agar proses pemolesan bisa maksimal, pastikan mobil dalam keadaan kering sempurna. Kamu bisa menggunakan bantuan kain microfiber ataupun dobel kanebo. Setelah kering, lap permukaan mobil dengan kain bersih atau kemoceng agar sisa debu yang menempel bisa terangkat. 

Siapkan Alat dan Bahan

Karena menggunakan mesin, tentu saja alat yang harus kamu persiapkan adalah mesin poles. Untuk memperolehnya, kamu bisa pinjam ke teman atau membelinya. Siapkan pula wax sebagai bahan poles mobil.

Proses Pemolesan

Karena masih amatir, lakukan proses pemolesan menggunakan mesin dengan hati-hati. Lakukan secara perlahan dengan kecepatan paling rendah agar tidak merusak cat permukaan mobil. Kamu bisa memulainya dari bagian yang paling mudah dijangkau yaitu panel samping mobil. Lanjutkan pada bagian pintu samping, depan, panel belakang, dan seluruh permukaan mobil.

Mesin poles akan mengeluarkan cairan wax dalam bentuk busa. Busa poles dari mesin juga terdiri dari banyak model. Antara lain busa kontur bergelombang, busa kontur rata, busa bulu, dan busa rata sedikit tebal. Gunakan model busa sesuai peruntukannya dan kebutuhan.

Untuk bermain aman, lebih baik kamu menggunakan model busa rata. Pastikan pula posisi mesin poles tidak miring dan rata. Salah sedikit saja, mesin poles justru akan mengikis atau mengelupas cat mobil. 

Satu tips bagi kamu yang ingin memoles mobil dengan mesin yaitu usahakan jangan terlalu lama. Jangan pula menekannya terlalu kuat, karena bisa merusak panel bodi mobil.

Agar proses pemolesan lebih aman, kamu bisa meminta bantuan teman atau saudara. Pastikan mereka memiliki pengalaman dan skill dalam penggunaan mesin poles mobil. 

Nah, itulah ulasan lengkap mengenai solusi mempercantik mobil dengan budget minimalis melalui poles mobil. Untuk bermain aman, kamu bisa memilih poles mobil manual. Namun jika ingin cepat selesai dengan hasil maksimal, maka poles mobil menggunakan mesin paling cocok untuk dipilih