Article posted at:
Februari 10, 2021

Knalpot Mobil Keluar Asap? Ini Penyebabnya dan Solusinya


Knalpot berasap memang menjadi salah satu kondisi dapat terjadi pada mobil termasuk kendaraan yang Anda miliki tersebut. Walaupun menjadi salah satu permasalahan umum, tetapi ternyata apabila mobil mengeluarkan asap dapat menjadi tanda apabila sedang ada hal tidak baik-baik saja pada kendaraan Anda tersebut. Knalpot yang mengeluarkan asap sendiri memang...

Knalpot berasap menjadi salah satu kondisi pada mobil yang tidak boleh dianggap sebelah mata karena bisa menunjukkan kondisi mobil tidak baik

Knalpot berasap memang menjadi salah satu kondisi dapat terjadi pada mobil termasuk kendaraan yang Anda miliki tersebut. Walaupun menjadi salah satu permasalahan umum, tetapi ternyata apabila mobil mengeluarkan asap dapat menjadi tanda apabila sedang ada hal tidak baik-baik saja pada kendaraan Anda tersebut.

Knalpot yang mengeluarkan asap sendiri memang menjadi kondisi biasa tetapi bagaimana jika asap yang keluar tersebut berwarna pekat atau putih ketika mengebul? Tentu Anda tidak boleh memandangnya sebelah mata begitu saja. Anda harus mencari tahu apa penyebabnya agar dapat diatasi dengan segera. Dengan begitu tidak akan menimbulkan kerusakan pada mesin lebih parah.

Selain warnanya putih dan pekat, tidak jarang asap tersebut akan keluar secara terus menerus. Apabila knalpot yang berasaptidak segera mendapatkan penanganan khusus maka akan menyebabkan komponen pada mesin tambah rusak seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Tentunya, Anda tidak ingin bukan memperbaiki bagian knalpot apabila kondisinya sudah parah. Untuk itulah sangat penting bagi Anda buat mengetahui apa sajakah penyebab dari knalpot berasap tersebut. Hal ini agar bisa segera mengatasi sedini mungkin.

Penyebab Knalpot Mobil Berasap yang Perlu Diketahui

Penyebab dari asap yang keluar dari bagian mobil inipun ternyata cukup beragam. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan dibawah agar bisa mendapatkan solusi dengan cepat.

  • Adanya kebocoran pada oli dari seal katup

Valve sendiri mempunyai fungsi buat membuka maupun menutup saluran intake maupun exhaust pada mobil untuk menuju ke ruang bakar. Tetapi pada kondisi yang terdapat kebocoran pada oli dari seal katup ternyata dapat menyebabkan adanya asap keluar dari knalpot.

  • Terdapat kebocoran oli dari silinder

Masih ada lagi penyebab knalpot berasap lainnya adalah terdapat kebocoran oli dari silinder. Kondisi seperti ini biasanya akan terjadi apabila mobil telah berumur 5 tahun dan bagian linner ataupun blok silinder sudah mulai rusak dan tergerus oleh usia. Apabila blok silinder tersebut tergerus maka dapat menyebabkan diameter silinder menjadi lebih besar.

  • Terdapat kerusakan pada injector mesin

Jika kerusakan di atas akan menimbulkan asap berwarna putih, maka tidak untuk kerusakan pada injector mesin. Kerusakan tersebut akan membuat knalpot mengeluarkan asap dengan warna hitam pekat. Warna tersebut ternyata campuran dari bahan bakar yang terlalu kaya. Masalah tersebut ternyata lebih banyak terjadi pada mesin diesel konvensional maupun commonrail.

  • Adanya kerusakan PVC System

PVC atau positive crankcase ventilation merupakan saluran yang berfungsi untuk menghubungkan ruang engkol dengan intake manifold. Adapun fungsinya adalah untuk memberikan ventilasi pada ruang engkol agar dapat membuat tekanannya lebih stabil. Tetapi apabila bagian tersebut terdapat kerusakan dapat menimbulkan adanya kerusakan pada PVC system.

  • Perubahan suhu ekstrem

Perlu diingat apabila adanya perubahan suhu ekstrem ternyata dapat menyebabkan knalpot berasap. Sebagai contohnya, mobil yang dibiarkan semalam hari di guyur hujan ataupun tinggal pada kawasan dengan suhu rendah, maka akan membuat komponen mobil cepat dingin. Ketika mesin dinyalakan, kenaikan suhu terjadi dapat menyebabkan mengebulnya knalpot.

Penyebab Lainnya yang Membuat Asap Keluar dari Knalpot

Masih ada lagi penyebab lainnya yang membuat knalpot mengeluarkan asap. Perhatikan penjelasan kami berikut ini.

  • Mobil lama tidak digunakan

Selain penyebab di atas, ternyata ada penyebab lainnya mengapa mobil dapat mengebul seperti mobil lama tidak digunakan. Hal tersebut karena ketika mobil baru pertama kali dinyalakan setelah dibiarkan mati dalam waktu lama, maka saat itulah mesin akan terpaksa berputar hingga dapat menghasilkan kepulan asap putih dari knalpot.

  • Fuel Pump bermasalah

Penyebab knalpot berasap lainnya bisa jadi diakibatkan karena bagian fuel pump bermasalah. Kondisi seperti ini lebih banyak terjadi pada mobil dengan bahan bakar berupa bensin. Kerusakan itulah menyebabkan pasokan bahan bakar tidak bisa tersalur secara merata pada mesin sehingga menyebabkan adanya penurunan tenaga mesin cukup drastic.

  • Exhaust Threatment rusak

Exhaust threatment terdiri dari catalytic converter dan EGR terdapat pada mesin diesel. Adapun fungsinya adalah dapat membantu meringankan emisi yang dihasilkan oleh mobil. Apabila bagian tersebut mengalami kerusakan ternyata bisa menimbulkan emisi menjadi lebih buruk. Jangan heran apabila tiba-tiba knalpot berasap cukup terbal.

  • Oli bocor pada Turbocharger

Oli bocor pada turbocharger ternyata menjadi penyebab lainnya mengapa mobil Anda dapat mengeluarkan asap putih maupun pekat. Perlu diingat apabila oli memang dibutuhkan oleh turbocharger karena terdapatnya banyak komponen bergesekan didalamnya. Tetapi apabila terjadi kebocoran oli ternyata dapat mengakibatkan masalah baru.

Solusi untuk Mengatasi Masalah Knalpot Mengeluarkan Asap

Bagi Anda yang ingin mengatasi masalah pada knalpot berasap, maka dapat menggunakan beberapa solusi di bawah ini.

  • Cek volume oli mesin

Langkah pertama untuk mengatasi masalah diatas adalah dengan mengecek volume oli mesin. Apabila volumenya kurang dari normal maka dapat dipastikan apabila sudah terdapat kebocoran oli.

  • Hidupkan mesin dan lihat kinerja mesin

Adapun cara lainnya buat mengatasi masalah di atas adalah dengan menghidupkan mesin dan jangan lupa melihat kinerja mesin. Apabila terdapat komponen berisik yang bergesekan maka telah terjadi pada masalah para turbo mobil.

  • Cek bagian PVC valve

Apabila tidak ada lampu indikator menyala didalam dashboard, maka cara mengatasinya dapat dilakukan dengan cara mengecek bagian PVC valve. Cobalah mencabut selangnya terlebih daulu. Apabila terdapat tetesan oli maka masalah terleta pada bagian PVC separator. Kondisi mesin mengebul memang menjadi salah satu kondisi umum yang dapat terjadi pada mobil. Tetapi berhati-hatilah apabila asap memiliki warna hitam atau putih dan muncul secara terus menerus. Segera atasi knalpot berasap agar tidak menimbulkan masalah berat.