Article posted at:
Maret 19, 2020

Lockdown dan Social Distancing, Bedanya Apa Sih?


Lockdown dan Social Distancing, bedanya apa ya? Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus atau yang saat ini kita kenal dengan Virus Corona ini adalah virus yang menyebabkan infeksi dan disebut COVID-19. Virus ini menyerang sistem pernapasan yang dapat mengakibatkan gangguan sistem pernapasan, pneumonia akut, bahkan kematian. Virus Corona adalah virus...

Untuk memvisualisasikan lock down dan social distancing

Lockdown dan Social Distancing, bedanya apa ya? Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus atau yang saat ini kita kenal dengan Virus Corona ini adalah virus yang menyebabkan infeksi dan disebut COVID-19. Virus ini menyerang sistem pernapasan yang dapat mengakibatkan gangguan sistem pernapasan, pneumonia akut, bahkan kematian.

Virus Corona adalah virus yang mudah tertular, tidak hanya dari hewan ke manusia tapi juga manusia ke manusia. Virus yang berasal dari daerah Wuhan, China ini kini telah menyebar ke seluruh dunia. Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan bahwa virus corona merupakan wabah penyakit global.

Sejumlah negara pun telah mengeluarkan perintah social distancing hingga lockdown di negaranya. Hal ini dinilai paling efektif untuk mencegah virus yang satu ini, mengingat penyebaran virus corona ini begitu cepat dan mudah. Tapi kamu harus tahu kalau Lockdown dan Social Distancing ini tidaklah sama, lalu bedanya apa ya?

  1. Social Distancing

Social Distancing adalah pengurangan berinteraksi dengan orang lain dan kegiatan di luar rumah serta tatap muka langsung dengan orang lain. Dari pengertian ini dapat diartikan juga bahwa Social Distancing adalah menghindar tempat keramaian seperti stadion, taman hiburan, bioskop, dan supermarket. Jika terpaksa berada di tempat umum, usahakan untuk berjarak 1 meter dengan orang lain.

Jika kamu sedang melakukan social distancing namun butuh dana tunai yang cepat dan tepat, gadai BPKB melalui catchadeal.id bisa menjadi solusi untuk kamu. Kamu tidak perlu pergi keluar rumah, cukup buka website catchadeal.id lalu pilih penawaran gadai dari berbagai Multifinance yang paling cocok dengan kamu, lalu ajukan deh. Kamu gak perlu keluar rumah dan kamu tetap bisa mendapatkan dana tunai secara cepat.

 

  1. Lockdown

Berbeda dengan Social Distancing yang dilakukan dengan sadar diri, Lockdown adalah situasi dimana warga diperintahkan untuk keluar masuk suatu tempat karena kondisi yang mendesak sesuai dengan arti dari Lockdown yaitu terkunci. Jadi saat Lockdown diberlakukan, tidak akan ada yang masuk ataupun keluar dari suatu negara.

Hal ini dilakukan agar penyakit tidak tertular/menular ke negara lain maupun di dalam negeri guna mencegah meluasnya virus. Terdapat 7 syarat yang harus dipenuhi jika suatu negara ingin melakukan Lockdown. 7 syarat ini adalah efektivitas, tingkat epidemi, dan pertimbangan di bidang ekonomi, sosial, budaya, dan keamanan.

Jika suatu negara dilockdown, maka seluruh fasilitas public. harus ditutup seperti restoran, perkantoran, pabrik, sekolah umum. Aktivitas warga juga akan dibatasi bahkan ada yang sampai memberlakukan jam malam.