Article posted at:
April 28, 2021

Keunggulan dan Cara Merawat Mobil Antik


Mobil antik bagi mungkin tampak biasa saja karena tampilannya yang kuno dan ketinggalan zaman. Namun, berbeda dengan para peminat barang-barang antik yang justru sangat antusias saat melihat mobil antik karena ada keuntungan sendiri ketika memilikinya. Bagaimana cara merawat mobil antik? Keuntungan Memiliki Mobil Antik Mobil antik memang selalu memiliki...

merawat mobil antik

Mobil antik bagi mungkin tampak biasa saja karena tampilannya yang kuno dan ketinggalan zaman. Namun, berbeda dengan para peminat barang-barang antik yang justru sangat antusias saat melihat mobil antik karena ada keuntungan sendiri ketika memilikinya. Bagaimana cara merawat mobil antik?

Keuntungan Memiliki Mobil Antik

Mobil antik memang selalu memiliki pasar peminatnya sendiri. Bahkan mengoleksi mobil kuno dengan model antik justru bisa menjadi investasi tersendiri. Berbagai pilihan mobil antik yang terlihat nyentrik bisa menjadi pilihan untuk koleksi Anda. Apa saja keuntungan memiliki mobil antik?

Alat Penyalur Hobi

Mengoleksi barang-barang antik termasuk mobil bisa menjadi hobi yang menyenangkan. Apalagi bagi para pecinta otomotif, maka memiliki barang antik adalah hobi sekaligus prestige tersendiri. Tak jarang banyak orang yang rela menggelontorkan uang banyak demi mendapatkan mobil antik. 

Memperbanyak Relasi

Orang-orang yang mengoleksi mobil antik biasanya memiliki grup atau komunitas tersendiri. Dengan mengikuti komunitas tersebut otomatis Anda pun akan menambah teman dan relasi. Mereka berkumpul karena memiliki hobi yang sama sehingga bisa saling bertukar informasi atau bahkan menjalin bisnis.

Penghilang Stress

Terkadang memang sulit untuk menjelaskan bagaimana mengoleksi barang-barang antik bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan stress. Orang-orang yang memiliki hobi ini cenderung lebih bahagia ketika bisa melihat mobil antik miliknya. 

Segala sesuatu yang berhubungan dengan mobil antik pun bisa membantu untuk meredam stress karena pembawaannya selalu bahagia saat merawat barang kesayangan. Mulai dari membersihkan, merawat, hingga saat berkumpul dengan teman-teman di komunitas yang sama. 

Sumber Investasi

Bukan hanya sekedar penyalur hobi semata, mengoleksi mobil antik ternyata bisa menjadi ladang investasi tersendiri dan bahkan Anda juga bisa membuka bisnis dari mobil ini. Merawat dan menjaga orisinalitas barang antik justru akan terus meningkatkan nilai jual barang tersebut, tak terkecuali mobil.

Tak jarang beberapa mobil klasik justru bisa dijual dengan harga yang lebih tinggi daripada harga belinya ketika menemukan pembeli yang benar-benar menginginkan barang tersebut. Anda juga bisa membuka tempat penyewaan mobil antik karena biasanya sering dibutuhkan para pembuat film. 

Cara Memilih Mobil Antik

Meskipun unik dan antik, bukan berarti memilih mobil antik hanya dengan melihat tampilan luarnya saja. Penting untuk mempertimbangkan aspek lainnya saat memilih mobil antik. Apa saja itu?

Memilih Mobil dari Merek Terkenal

Merek akan mempengaruhi kredibilitas suatu barang. Pilihlah mobil antik dari merek terkenal yang sudah banyak orang tahu akan merek tersebut. Mobil tua dengan merek terkenal biasanya memiliki nilai jual yang tinggi sebagai representatif dari popularitas merek mobil tersebut. 

Bukan Produksi Massal

Semakin langka mobil tersebut diproduksi, maka semakin mahal harganya. Kesimpulannya adalah usahakan untuk mencari mobil yang tidak diproduksi massal atau special edition. Mobil antik dengan edisi khusus memiliki penawaran yang mahal di masa mendatang dan bakal dicari banyak kolektor.

Jangan Menunda-nunda Pembelian

Jangan pernah menunda-nunda melakukan pembelian saat sudah menemukan mobil antik dengan harga murah. Karena jika menunda untuk membeli mobil antik tersebut apalagi yang special edition, Anda akan kehilangan kesempatan berinvestasi dan bisa saja keduluan orang lain. 

Cara Merawat Mobil Antik

Jangan hanya berencana memiliki mobil antik untuk dilihat-lihat saja karena Anda juga perlu melakukan perawatan pada mobil tersebut agar orisinalitasnya tetap terjaga. Berikut ini beberapa tips dan cara merawat mobil antik agar tetap awet dan tampil prima, di antaranya:

  1. Melakukan Perawatan Secara Berkala

Lakukan perawatan tune up berkala pada mobil secara menyeluruh. Hal ini untuk mengantisipasi kerusakan berat pada mobil antik. Caranya bisa dimulai dari melakukan penyetelan ulang, perbaikan dan penggantian komponen, serta pengecekan secara berkala. 

  1. Ganti Oli dan Filter Secara Rutin

Mobil yang usianya sudah lebih dari 10 tahun dari pertama kali diluncurkan harus diganti oli setiap jarak tempuh 2500 km. Tidak hanya mengganti olinya saja, namun Anda juga perlu untuk mengganti filter olinya. Hal ini untuk mencegah penyumbatan pada mobil dari kotoran sehingga mesin tetap lancar. 

  1. Jaga Kebersihan Mobil dan Perhatikan Kaki-kaki Mobil

Kaki mobil merupakan bagian penting yang memiliki fungsi krusial untuk menopang bodi mobil agar bisa difungsikan sebagaimana mestinya. Lakukan pengecekan dan perawatan secara berkala pada kaki-kaki mobil. Jangan lupa untuk selalu membersihkan mobil agar cat tidak mudah rusak dan keropos.

  1. Hindari dari Panas Matahari

Cat dan interior mobil bisa cepat rusak dan kusam jika suhu di dalam mobil terlalu panas. Usahakan untuk menyimpan mobil di dalam garasi atau tempat tertutup. Setidaknya simpan di tempat yang beratap kanopi atau karena jika ditutup dengan sarung saja tidak akan efektif. 

  1. Daftarkan Asuransi Mobil Antik

Mobil antik juga bisa didaftarkan untuk asuransi kayaknya mobil baru. Dengan mendaftarkannya pada lembaga asuransi, maka mobil antik Anda akan mendapatkan perlindungan khusus secara optimal jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

  1. Cek Secara Berkala Bagian Kabel, Ring, dan Karet Penyangga

Semakin tua usia mobil maka komponen penunjang di dalamnya pun akan ikut terdampak seperti bagian kabel, ring, dan karet penyangga. Komponen-komponen tersebut akan lebih cepat mengalami kerusakan seperti berkarat hingga getas. 

Lakukan pengecekan secara berkala pada komponen-komponen tersebut. Jika perlu diganti segera ganti komponen dengan yang baru agar fungsinya tidak terganggu dan susah dinyalakan. Mobil yang susah dinyalakan bisa menjadi pemicu kebakaran.Jika Anda hobi mengoleksi barang-barang antik seperti mobil, maka jangan lupa untuk merawat mobil antik tersebut dengan sebaik mungkin