Article posted at:
Juni 9, 2021

Merawat Mobil Bekas Banjir,Menjadi Seperti Baru Lagi


Musim hujan telah tiba! Ini artinya tamu rutin juga akan berkunjung tak lain dan tak bukan adalah banjir. Bencana ini telah menenggelamkan banyak hal, tak terkecuali dengan mobil. Ya, merawat mobil bekas banjir, menjadi rutinitas warga yang kotanya terdampak banjir. Meskipun terendam banjir, jangan khawatir mobil masih bisa digunakan...

merawat mobil bekas banjir

Musim hujan telah tiba! Ini artinya tamu rutin juga akan berkunjung tak lain dan tak bukan adalah banjir. Bencana ini telah menenggelamkan banyak hal, tak terkecuali dengan mobil. Ya, merawat mobil bekas banjir, menjadi rutinitas warga yang kotanya terdampak banjir.

Meskipun terendam banjir, jangan khawatir mobil masih bisa digunakan kok. Asalkan dengan perawatan yang rutin dan intens. Nah, berikut ini kami akan memberikan tips dan cara bagi anda untuk merawat mobil yang telah terendam banjir. 

Tips Merawat Mobil Bekas Banjir pada Bagian Mesin

Agar bisa berfungsi dengan baik, tentu kondisi mesin mobil harus dalam kondisi prima. Untuk itu, simak tips merawat bagian mesin mobil yang telah terkena banjir berikut ini!

Pastikan Pengapian Mobil Selalu Kering

Dibandingkan bagian lain, mesin menjadi komponen mobil yang rentan terhadap kerusakan. Banjir yang terdiri dari air menjadi musuh utama bagi mesin mobil. Oleh karena itu, mobil bekas banjir mesin-nya tidak bisa kembali pada kondisi semula.

Yang bisa anda lakukan hanyalah merawat dan memastikan mesin mobil selalu dalam keadaan kering agar kerusakan bisa diminimalisir. Selain itu, cek satu per satu komponen pada bagian mesin, apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Jangan sampai satu komponen akan mengganggu kinerja dari komponen lain.

Cek Tangki Bensin

Pada saat kebanjiran, tentu semua bagian mobil terendam air tidak terkecuali dengan tangki bensin. Cairan selain bahan bakar yang masuk ke dalam tangki rentan sekali menyebabkan karat. Tentu saja karena tangki bensin pada mobil diciptakan dari besi.

Jangan menganggap enteng tangki bensin yang karatan ini. Apabila tidak segera ditangani karat akan menyebabkan pengeroposan, yang fatalnya bisa menyebabkan kebocoran bahan bakar. Bayangkan jika sedang dikemudikan dan tangki bensin bocor, maka akan terjadi kebakaran.

Oleh karena itu, jika anda menemukan tangki mobil anda berkarat karena kebanjiran, segera bawa ke bengkel. Mintalah mekanik untuk mengganti tangki bensin dengan yang masih baru.

Periksa Wadah Oli

Selain bensin, oli juga menjadi cairan lain yang fungsinya cukup kompleks pada mobil. Tanpa oli, performa mobil akan menurun, pada kondisi serius masalah pada oli bisa menyebabkan mobil mengalami turun mesin. Sebagai info, mobil yang turun mesin merupakan masalah yang biaya perbaikannya paling besar.

Apabila anda memiliki mobil bekas banjir, sering-seringlah mengecek wadah oli. Pastikan minyak oli tidak mengandung residu air banjir di dalamnya. Pasalnya jika dibiarkan, mobil akan mengalami masalah yang lebih serius lagi.

Pantau Fungsi Aki

Banyak yang berspekulasi bahwa aki yang terendam banjir tidak bisa digunakan lagi. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Berdasarkan keterangan dari Advisor PT Astra Otoparts, Syahrudin aki yang terendam banjir masih bisa digunakan apabila memenuhi syarat tertentu.

Syarat yang disampaikan Syahrudin adalah apabila aki yang terendam banji telah kehabisan voltase. Maka untuk mengembalikan voltase listrik pada aki, anda bisa menyetrum dengan alat khusus sehingga memiliki tegangan 12 volt.Tidak hanya sekali, usahakan anda melakukan penyetruman secara rutin. 

Namun demikian aki yang terendam banjir tentunya tidak bisa bekerja secara maksimal seperti dulu. Apabila kinerja aki semakin hari semakin buruk, alangkah lebih baik jika anda mengganti aki baru.

Sering Service di Bengkel

Mobil yang terendam banjir, meskipun masih bisa digunakan tetapi pasti penggunaannya tidak semaksimal dulu. Kecuali jika anda melakukan penggantian seluruh onderdil dan interior desain mobil. Agar kerusakan kecil bisa terdeteksi sedari dini, usahakan anda rutin membawa mobil ke bengkel untuk di service.

Tips Merawat Interior Mobil yang Kebanjiran

Selain bagian dalam mesin mobil, in terior luar pun juga patut dirawat. Sehingga mobil nampak seperti baru lagi luar dalam.

Cek Bagian Karpet

Meskipun sekilas tampak kering, tetapi karpet dan dek bawah mobil menjadi tempat yang pas untuk air banjir bersembunyi. Apabila dibiarkan bisa-bisa karpet dan dek bawah akan menjadi sarang jamur. 

Oleh karena itu, coba bukalah dan bersihkan karpet dan dek bawah mobil. Periksa pula baut pada berbagai komponen interior seperti dashboard dan pintu. Dalam upaya membersihkan karpet ini, usahakan anda mengikuti manual book kendaraan agar tidak salah langkah.

Bersihkan Bagian yang Terbuat dari Plastik

Tidak hanya besi, mobil juga memiliki banyak bagian yang terbuat dari plastik seperti gagang pintu dan tombol konsol tengah. Meskipun tidak bisa berkarat, tetapi bagian dari plastic yang terkena banjir ini tentu meninggalkan residu kotoran seperti lumpur. 

Coba cek dengan seksama, dan carilah bagian yang terlihat kotor. Kemudian bersihkan bagian tersebut dengan sabun khusus agar residu kotoran benar-benar terangkat.

Beri Wangi-Wangian

Sudah menjadi rahasia umum bahwa mobil bekas banjir memiliki aroma yang kurang sedap. Hal ini dikarenakan kondisi mobil yang lembab dan residu lumpur yang tertinggal. Setelah dibersihkan dengan seksama, tetapi mobil masih bau, mungkin anda harus menggunakan wangi-wangian.

Anda bisa membeli parfum khusus mobil yang berbau khas, kopi contohnya. Pasalnya bau wangi yang menyengat bisa menyamarkan bau tidak sedap akibat mobil yang lembab. Apabila mobil anda berukuran besar, anda bisa menggunakan pewangi mobil lebih dari satu.

 Periksa Fungsi Audio Mobil

Tak lengkap rasanya jika berkendara tak mendengarkan suara lagu. Akibat terendam banjir, biasanya fungsi audio akan sedikit terganggu atau justru mati total. Untuk itu, dalam merawat mobil bekas banjir periksalah bagian audio.

Meskipun masih bisa berfungsi, sebaiknya anda membawa mobil ke bengkel variasi agar audio bisa dicek lebih detail. Apabila ada indikasi kerusakan, anda bisa segera menggantinya agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah.

Gunakan Vacuum Cleaner

Meskipun terlihat bersih, bukan berarti mobilmu bebas debu dan kuman. Meskipun sudah cukup lama, tetapi kotoran dari air banjir tetap akan tertinggal di bagian dalam mobil anda.

Untuk mengatasi hal ini, anda bisa mencoba menggunakan vacuum cleaner. Alat ini sangat ampuh untuk mengangkat debu dan kotoran bahkan dari tempat yang sulit dijangkau sekalipun. Jadi, mobil akan selalu dalam keadaan bersih dan higienis.

Gunakan Cairan Desinfektan

Sudah menggunakan vacuum cleaner dan wangi-wangian tapi mobil masih tidak nyaman digunakan? Mungkin anda harus menggunakan cairan desinfektan. Cairan ini sangat ampuh untuk membunuh kuman dan bakteri yang menempel pada permukaan mobil.

Pasalnya permukaan yang terlihat bersih, belum tentu bebas bakteri dan jamur. Usahakan anda juga menggunakan cairan desinfektan yang beraroma wangi. Jadi selain bersih, mobil anda pun akan semakin wangi. Nah, itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan dalam merawat mobil bekas banjir. Tidak hanya pada bagian dalam seperti mesin, bagian interior luar pun sangat perlu diperhatikan. Agar mobil bekas banjir anda seperti baru lagi, usahakan anda mengikuti seluruh tips yang telah kami uraikan di atas.