Article posted at:
April 24, 2021

Merawat Mobil Eropa, Baca dulu artikel ini.


Merek yang banyak mendominasi produk otomotif di Indonesia biasanya berasal dari Jepang, Eropa dan Amerika. Mobil Eropa bisa dibilang memiliki prestige yang cukup tinggi karena selain harganya mahal, perawatannya pun mahal. Bagaimana cara merawat mobil Eropa yang ramah di kantong? Fakta Tentang Mobil Buatan Eropa Setiap produk otomotif buatan...

merawat mobil Eropa

Merek yang banyak mendominasi produk otomotif di Indonesia biasanya berasal dari Jepang, Eropa dan Amerika. Mobil Eropa bisa dibilang memiliki prestige yang cukup tinggi karena selain harganya mahal, perawatannya pun mahal. Bagaimana cara merawat mobil Eropa yang ramah di kantong?

Fakta Tentang Mobil Buatan Eropa

Setiap produk otomotif buatan merek tertentu pasti memiliki perbedaan apalagi jika dibuat dari negara yang berbeda. Banyak yang beranggapan bahwa mobil Eropa merupakan mobil yang paling mahal baik dari segi harga maupun perawatannya. Branding mobil Eropa lebih menguatkan prestige tinggi. 

Bahkan ada yang menyebut bahwa orang-orang yang memiliki produk mobil buatan Eropa seperti BMW, Audi, dan Mercedes digolongkan sebagai orang yang berada. Ada harga maka ada kualitas adalah ungkapan yang paling tepat untuk mendeskripsikan mobil Eropa yang terkenal bagus. 

Material yang digunakan pada mobil-mobil buatan Eropa dinilai unggul dari segi materialnya dibandingkan buatan negara lainnya. Tak heran jika pilihan mobil mewah lebih sering tertuju pada mobil merek Eropa lantaran kualitasnya sudah tidak diragukan lagi termasuk performanya.

Keunggulan Mobil Eropa

Prestige tinggi dan mewah seperti menjadi identitas tersendiri pada mobil-mobil buatan Eropa. Selain menawarkan kemewahan dengan kualitas materialnya yang bagus, performa mesin dari produk buatan Eropa pun termasuk tinggi. Tak heran jika harga mobil Eropa cukup fantastis dan mahal.

Mobil Eropa seperti menawarkan eksklusivitas tersendiri baik dari segi desain interior maupun eksterior. Mesin yang disematkan pada produk mobil Eropa juga lebih halus dan bertenaga karena dilengkapi dengan sistem turbocharger sehingga suara yang dikeluarkan khas dan garang.

Fitur-fitur yang dimiliki mobil Eropa baik fitur hiburan maupun keselamatan juga terkenal canggih dan menggunakan teknologi up to date. Berbagai macam teknologi seperti ABS, DSC, sensor tabrakan, sensor tekanan udara ban, dan lainnya tersedia pada mobil Eropa yang terkenal ramah lingkungan. 

Tips Memilih Mobil Eropa

Dari segi kualitas dan performa, tentu mobil Eropa tak perlu diragukan lagi. Selain mendapatkan kualitas yang bagus, memiliki mobil buatan Eropa juga dapat meningkatkan prestige tersendiri. Sayangnya, perawatan mobil Eropa terkenal mahal. Berikut ini tips untuk memilih mobil Eropa, yaitu:

  1. Tentukan Budget dengan Matang

Mengingat harga mobil-mobil Eropa terkenal mahal, ada baiknya Anda mempertimbangkan dan mengkalkulasikan budget dengan matang. Bahkan mobil bekas buatan Eropa pun masih terbilang cukup mahal di pasaran. Sehingga penting untuk menentukan budget sebelum memilih mobil. 

Anda bisa menanyakan kepada penjual jika menemukan beberapa sensor komponen menyala. Tanyakan mengapa hal tersebut bisa terjadi apakah ada kerusakan pada komponen tertentu atau tidak. Jika perlu diganti dan diperbaiki, maka segera konsultasikan kepada penjual. 

  1. Memeriksa Bagian Mesin

Mesin adalah komponen utama yang harus Anda perhatikan saat memilih mobil Eropa. Hal ini dikarenakan mesin akan mempengaruhi performa dan kinerja mobil tersebut. Perhatikan apakah mesin masih bekerja dengan baik dan ada rembesan oli atau tidak. 

  1. Pelajari Spesifikasi Mobil

Fitur-fitur dan spesifikasi lainnya yang terdapat pada mobil buatan Eropa biasanya lebih cenderung mengusung teknologi terbaru di zamannya. Tak heran jika mobil Eropa keluaran 1990-an pun sudah dilengkapi dengan sensor, komputer, dan sistem injeksi. Cari tahu spesifikasi lengkap setiap mobil. 

  1. Mengecek Komponen Sensor

Mobil bekas Eropa masih dijual dengan harga cukup tinggi di pasaran karena kualitas dan teknologi canggih di dalamnya memang tidak main-main. Keadaan seluruh komponen bisa ditayangkan pada speedometer sehingga Anda perlu memperhatikan apakah ada sensor menyala atau tidak. 

  1. Periksa Sistem Pendinginan

Meskipun terkenal sebagai mobil berkualitas, mobil Eropa juga memiliki kekurangan dalam hal suhu dan pendingin udara. Demi mendapatkan udara sejuk tak jarang pemilik lama membuang beberapa komponen seperti heater. Anda harus mengecek apakah ada komponen yang diganti atau tidak. 

  1. Bergabung dengan Komunitas

Saat Anda bergabung dengan komunitas tertentu yang juga menyukai mobil Eropa dan pernah membelinya, maka manfaatkanlah untuk menggali berbagai informasi dari testimoni terpercaya. Membaca berita atau artikel di media tentang mobil Eropa juga dapat membantu. 

Tips Merawat Mobil Eropa

Mobil buatan Eropa terkenal mahal biaya perawatannya karena suku cadangnya jarang dibandingkan dengan buatan negara lainnya. Bahkan biayanya bisa lebih mahal 2-3 kali lipat dibandingkan merek dari negara lain. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat mobil Eropa.

  1. Melakukan Perawatan atau Service Berkala Pada Mobil

Untuk menjaga agar kondisi mobil tetap dalam kondisi prima, maka penting untuk melakukan service secara berkala di bengkel resmi atau bengkel terdekat. Setidaknya Anda bisa mengecek apakah ada mesin yang bermasalah, mengganti oli, melakukan test-drive, dan lain sebagainya. 

  1. Menjaga Orisinalitas Wujud Mobil

Menjaga orisinalitas bentuk mobil sangat penting dilakukan agar tampilan mobil tersebut masih sama seperti aslinya. Sehingga saat dijual harganya masih tinggi. Anda bisa melakukan modifikasi dengan hanya menambahkan sedikit aksesoris yang dibutuhkan agar tampilan lebih manis dan modern.

  1. Membuat Tampilan Mobil Menjadi Lebih Cantik

Mempercantik tampilan mobil bukan berarti Anda harus mengganti tampilan secara keseluruhan baik pada eksterior maupun interior. Hal tersebut bisa dilakukan seperti dengan mengganti karpet, menambahkan aksesoris tertentu untuk memberikan kesan yang lebih menarik pada mobil. Merawat mobil Eropa akan lebih mudah dan murah jika Anda rajin membersihkan dan mengganti oli secara berkala tanpa harus menunggu mobil mengalami rusak parah terlebih dahulu. Anda bisa mengikuti tips di atas agar mobil Anda bisa lebih awet dan performanya tetap bagus.