Article posted at:
April 26, 2021

Merawat Mobil Matic yang Aman


Mengerti cara merawat mobil matic yang baik dan benar boleh dibilang menjadi opsi yang tepat. Pasalnya, satu kali saja ada bagian yang rusak, biaya untuk memperbaikinya yang jelas tidak sedikit. Oleh karena itu, perawatan untuk mobil matic memang harus benar-benar diperhatikan, khususnya pada sisi transmisinya yang dinilai paling rentan...

merawat mobil matic

Mengerti cara merawat mobil matic yang baik dan benar boleh dibilang menjadi opsi yang tepat. Pasalnya, satu kali saja ada bagian yang rusak, biaya untuk memperbaikinya yang jelas tidak sedikit. Oleh karena itu, perawatan untuk mobil matic memang harus benar-benar diperhatikan, khususnya pada sisi transmisinya yang dinilai paling rentan mengalami kerusakan.

Jika masih dinilai sepele, masalah itu malah akan semakin menjadi-jadi dan kemudian akan merambah sampai ke performa mobil kamu. Maka dari itu, penting sekali untuk kamu mengetahui beberapa masalah yang ada dari pemakaian mobil matic sampai cara merawatnya dengan aman.

Masalah yang Kerap Muncul di Mobil Matic

Saat ini mobil matic menjadi salah satu transportasi yang sering digunakan, terutama oleh mereka-mereka yang berada di kota besar. Selain gampang dikendarai, untuk beberapa orang yang masih baru memakai mobil juga menilai jika penggunaan mobil matic lebih nyaman daripada mobil manual.

Tapi dibalik kelebihannya tersebut, mobil matic juga memiliki sejumlah kekurangan dan tidak jarang juga membuat kantong terkuras. Biasanya kekurangan itu berupa problem teknis yang diakibatkan oleh cara menjaga mobil matic yang aman atau justru disepelekan.

Transmisi Mobil Menjadi Kasar

Komponen satu ini bakal terasa nyaman digunakan ketika mobil baru didatangkan dan tak membuat cepat lelah saat dikendarai. Tapi beda masalahnya bila transmisinya mulai kasar, terlebih saat perpindahan gigi ataupun menginjak gas.

Kalau hentakan yang dirasa tidak normal, dan malah terasa seperti ada yang mendorongnya, berarti kamu harus membawanya menuju bengkel terdekat.

Gigi Sistem Transmisi Tak Berpindah

Masalah lain yang ada saat kamu tak merawat mobil seperti ini ialah gagalnya perpindahan gigi. Hal ini menjadi masalah serta tidak hanya di bagian tuasnya saja. Gejala masalah ini bakal terlihat ketika kamu ingin merubah mode transmisi.

Efek Getar yang Tidak Wajar

Getaran ketika membawa mobil khususnya di jalan yang tak terlalu muncul sebenarnya wajar saja. Tapi bila sensasinya terasa tidak wajar dan berbeda, besar kemungkinan karena terjadi masalah dalam sistem transmisi, apalagi di gesekan kopling yang sudah aus.

Beberapa Cara Merawat Mobil Matic yang Baik dan Benar

Perlu diketahui bahwa kamu bisa memperoleh kemudahan dan kenyamanan untuk mengendarai mobil matic, maka kamu juga perlu mengetahui bagaimana cara merawatnya untuk mendapatkan kenyamanan dan keamanan.

Panaskan Mobil Tiap Hari

Mobil matic yang tiap harinya dipanaskan bakal membuat mesin tetap prima dan tidak mudah mendapat masalah. Selain itu juga, mobil yang sering dipanaskan juga baik demi membuat sirkulasi oli terus merata ke semua bagian yang ada didalam mesin. Ketika dipanaskan, pastikan transmisi mobil di posisi netral serta biarkan seperti itu selama tiga menit tanpa AC.

Pemakaian Persneling yang Cocok Sesuai Kondisi

Maksudnya disini ialah kamu wajib memakai persneling atau transmisi sesuai kondisi ketika berkendara. Misalnya saja ketika kamu sedang memarkir mobil, kamu harus memindah transmisi ke arah ‘P’ atau parking, jangan coba-coba memindahkan ke arah ‘D’ atau drive, kemudian mematikan mobil dengan paksa.

Sebab hal itu akan membuat bagian kopling dan transmisi mobil matic akan cepat rusak.

Rutin Ganti Oli Transmisi

Dalam hal ini kamu harus benar-benar memperhatikan perawatan bagian transmisi. Salah satu hal yang tak boleh diremehkan ialah mengganti oli transmisi. Pergantian oli dapat dilakukan dengan perhitungan jarak tempuh dari mobil tersebut.

Pakailah oli dengan kualitas terbaik, dan selepas menggantinya kamu juga harus selalu mengecek kondisi oli dipstick, caranya dengan menempatkan mobil di jalan rata. Jika volume oli ada di garis normal, berarti hal itu kondisi oli transmisi dalam keadaan bagus.

Selalu Perbarui Oli Mesin

Oli mesin juga  harus kamu perhatikan, khususnya bila ingin mengetahui bagaimana cara merawat mobil matic yang baik dan benar. Pelumas pada mesin dapat kamu perbarui tiap mobil menempuh jarak sejauh 80.000 sampai 100.000 km.

Selalu Siap Jika Mobil Terkena Banjir

Sepertinya akan sia-sia saja menirukan keempat cara menjaga mobil matic diatas jika ketika mobil terendam banjir kamu tak langsung sigap memberi pertolongan pertama.

Sesaat setelah mobilmu terendam banjir, kamu harus segera mengeringkan beberapa komponen yang ada didalamnya, mulai saringan angin, dinamo starter, V-belt, karburator, hingga busi. Kamu juga perlu menguras oli transmisi dan mesin selanjutnya mengganti oli tersebut dengan oli baru.

Yang terakhir, kamu juga perlu menguras tangki bahan bakar bila kemungkinan ada air yang masuk ke dalam bagian itu. Jika tidak segera ditangani, selain mengakibatkan kerusakan mesin, hal ini juga dapat menyebabkan mobil mengalami mogok.

Jangan Tiba-Tiba Tekan Pedal Gas

Setelah mobilmu siap dipakai, upayakan untuk tak langsung  menginjak pedal gas secara tiba-tiba atau terlalu dalam. Karena kebiasaan ini malah akan berdampak dengan katup solenoidnya, yang dimana katup itu bakal rusak karena proses perubahan oli menuju konverter torsi yang kurang sempurna.

Selalu Tepat Waktu untuk Servis Mobil

Kalau untuk menjaga mobil matic satu ini, sebetulnya tiap pemilik pastinya sudah sangat paham, akan tetapi masih ada juga diantara mereka yang menilai hal ini sepele. Apalagi tak ada sulitnya untuk menjalankan instruksi pada buku panduan tentang kapan waktunya servis. Dengan demikian, mobil akan selalu dalam kondisi prima, serta otomatis mesinnya pun juga tak mudah mengalami masalah

Melakukan Tes Jalan

Maksud tes jalan disini ialah mengendarai mobil seperti biasanya, kurang lebih satu kali tiap beberapa bulan. Cara menjaga mobil matic satu ini juga tidak kalah penting dilakukan, untuk mendeteksi guncangan tidak wajar, suara, ketika kamu memindahkan transmisinya.

Jika kamu merasakan ada hal yang aneh pada mobilmu, besar kemungkinan ada problem pada sistem persnelingnya. Serta hal ini harus sesegera mungkin ditangani, salah satunya adalah dengan membawanya ke bengkel.

Peka dengan Kondisi Mobil

Tiap pemilik mobil secara tidak langsung pastinya sudah punya ‘ikatan’ antara dirinya dengan mobil yang dimiliki. Hal itulah yang akhirnya membuat dia sadar bila ada hal-hal yang kurang wajar dengan mobil, entah itu kerusakan kecil atau besar. Tidak hanya dapat dirasakan, mesin mobil maupun bagian lainnya yang terdapat masalah biasanya juga terlihat nyata.

Jika telah mengetahuinya, segera bawa mobil matic menuju bengkel dan diservis. Tak boleh dibiarkan berlarut-larut jika tidak ingin biaya reparasinya semakin membesar dan kemudian sampai membahayakan nyawa.Cara merawat mobil matic ternyata gampang-gampang susah. Dengan kamu bisa menjaga mobil matic dengan bagus, selain bakal memberi keamanan ketika berkendara, juga bakal memberi kenyamanan dan membuat kamu lebih irit dalam hal ongkos perawatan mobil matic.