Article posted at:
Maret 30, 2021

Merawat Mobil ke Bengkel Takut Mahal?


Dewasa ini, mobil adalah salah satu kendaraan yang sudah banyak dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, dengan uang muka yang murah masyarakat sudah bisa membawa pulang mobil baru. Namun, dengan membeli maka Anda harus siap juga untuk merawat mobil tersebut. Pentingnya Merawat Mobil Sendiri Secara Rutin Banyak masyarakat yang...

merawat mobil

Dewasa ini, mobil adalah salah satu kendaraan yang sudah banyak dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, dengan uang muka yang murah masyarakat sudah bisa membawa pulang mobil baru. Namun, dengan membeli maka Anda harus siap juga untuk merawat mobil tersebut.

Pentingnya Merawat Mobil Sendiri Secara Rutin

Banyak masyarakat yang menganggap bahwa merawat mobil sangat mahal. Padahal, Anda bisa merawatnya sendiri di rumah dan dapatkan keuntungan seperti di bawah ini:

Mengurangi Intensitas ke Bengkel Mobil

Alasan mengapa Anda harus merawatnya sendiri adalah dapat mengurangi intensitas ke bengkel mobil. masyarakat menganggap perawatan mobil itu mahal karena sering ke bengkel. Apalagi di bengkel resmi, banyak teknisi yang sering menyarankan mengganti berbagai komponen sehingga menjadi boros.

Dengan merawat kesehatan mobil sendiri, maka risiko kerusakan komponen mobil bisa diminimalkan. Oleh karena itu, Anda tidak perlu sering-sering ke bengkel dan harus mengganti berbagai komponen di sana.

Merawatnya secara teratur bisa lebih ringan dibandingkan dengan mengganti berbagai komponen karena sudah rusak parah. Jika diibaratkan dengan kesehatan maka sangat sesuai dengan mencegah lebih baik dibandingkan mengobati.

Membuat Mobil Menjadi Berumur Panjang

Dengan  perawatan mobil sendiri secara teratur maka umur mobil Anda menjadi lebih panjang. Masih berkaitan dengan poin di atas, jika mobil Anda selalu dalam sehat maka tidak perlu ke bengkel.

Dengan perawatan yang dilakukan secara rutin maka mobil tetap akan sehat dan tidak mudah rusak. Akhirnya mobil menjadi berumur panjang dan bisa digunakan dengan baik tanpa ada kendala.

Perawatan yang rutin memang sangat sulit dilakukan bagi sebagian orang karena harus dilakukan terus menerus. Namun, efeknya memang bisa dirasakan jangka panjang. Mobil yang dirawat teratur dengan yang tidak biasanya umurnya lebih panjang dan tidak mudah mengalami kerusakan yang berarti.

Mobil akan Tetap Terlihat Seperti Baru Setiap Saat

Kemudian, dengan perawatan mobil secara teratur maka tampilannya akan selalu bagus seperti mobil baru. Walaupun mobil Anda keluaran lama dan sudah jadul tetapi tampilannya tidak kalah dengan mobil-mobil jaman sekarang.

Mobil menjadi terlihat lebih kinclong dan bersih setiap saat karena perawatan yang dilakukan setiap hari. Mobil selalu terlihat memesona dan terlihat sangat menawan dimanapun dan kapanpun Anda memakainya.

Ada banyak sekali contoh dari perawatan mobil yang teratur ini kemudian menghasilkan mobil yang cantik. Anda bisa melihat beberapa komunitas mobil bak terbuka. Jika dilihat dari jenis mobilnya mungkin biasa saja.

Namun, karena perawatan yang maksimal mobil-mobil tersebut tetap terlihat sangat menawan. Bahkan banyak sekali kontes penampilan mobil jenis bak terbuka ini bagi para pencintanya.

Mesin Tetap Prima Walaupun Usia Mobil Sudah Tua

Ya, perawatan tidak hanya sekedar penampilan mobil itu sendiri melainkan juga dilihat dari permesinannya. Dengan perawatan yang maksimal maka mesin tetap akan selalu prima walaupun sebenarnya usia mobil sudah tua.

Jika dilihat dari usianya kemungkinan besar mobil yang tua tidak bisa digunakan untuk perjalanan jauh atau di jalanan yang sulit. Namun, dengan perawatan yang maksimal dari awal pembelian maka mesinnya menjadi lebih awet.

Berbeda dengan mobil yang tidak sering dirawat yang mana risiko turun mesin menjadi lebih besar. Hal ini disebabkan karena mesin yang tidak sering panas baik itu hanya dihidupkan mesinnya saja atau digunakan untuk berjalan.

Tips Merawat Kendaraan Bermotor Berupa Mobil Secara Mandiri

Jika tadi kita sudah membahas soal pentingnya merawat mobil, maka selanjutnya Anda bisa menyimak bagaimana cara merawat mobil tersebut. Yaitu sebagai berikut:

Cuci Mobil Anda Secara Teratur dan Gunakan Sampo dan Lap Khusus

Cara merawat kendaraan Anda secara mandiri dan paling mudah adalah dengan mencucinya secara teratur. Anda bisa mencuci mobil sendiri tanpa harus membawanya ke tempat pencucian mobil.

Namun, untuk mencucinya Anda memerlukan sampo khusus yang tidak merusak catnya. Apakah shampo cuci mobil ini mahal? Tidak, Anda bahkan bisa mendapatkannya di toko atau mini market terdekat.

Selain menggunakan shampo khusus, Anda juga harus menggunakan lap yang teksturnya lembut. Hal ini dilakukan untuk menjaga cat agar tetap bagus dan terhindar dari baret. Untuk mengeringkannya, gunakan plas chamois karena permukaannya lembut dan tidak melukai cat mobil.

Gunakan Bahan Bakar yang Tepat Sesuai dengan Jenis Mobil

Tak hanya dari segi penampilannya saja, Anda juga harus memperhatikan bahan bakar yang digunakan oleh mobil. Gunakan bahan bakar yang tepat sesuai dengan jenis mobil. Lebih baik lagi jika Anda menggunakan bahan bakar yang lebih baik dari standar mobil Anda.

Seperti yang telah di ketahui bersama bahwa bahan bakar fosil memiliki tingkatan tersendiri. Contohnya seperti solar, premium, pertalite, pertamax, bio solar, dan lain sebagainya. Yang membedakan adalah nilai oktannya.

Semakin tinggi nilai oktannya maka bahan bakar tersebut semakin bagus. Residu yang dihasilkan menjadi lebih kecil dan tidak membuat kerja mesin menjadi berat. Dengan pemilihan bahan bakar yang tepat maka mobil akan menjadi lebih prima.

Jangan Lupa untuk Selalu Mengganti Oli Mobil Anda

Selain bahan bakar, Anda juga harus memperhatikan kesehatan mobil dari segi pelumas atau biasa disebut dengan oli. Oli ini memiliki fungsi sebagai pelumas mesin agar tidak terjadi gesekan yang berarti. Anda harus mengganti oli secara berkala.

Tak perlu ke bengkel, Anda bisa mengganti oli sendiri dengan mudah. Anda hanya perlu membeli oli di bengkel terdekat dan menggantinya di rumah. Namun, jika Anda tidak yakin mengganti oli ke bengkel terdekat pun tidak masalah.

Kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli mobil? Anda bisa melakukannya saat mobil sudah melakukan perjalanan sekitar 5.000 hingga 7.500 kilometer. Anda juga bisa menggantinya setiap 2 bulan sekali untuk lebih maksimal, namun perhitungkan juga jarak tempuhnya.

Pastikan Air Radiator Tetap Sempurna

Terakhir, pastikan juga air radiator dalam keadaan yang sempurna. Air radiator ini sangat menunjang performa mobil Anda sehingga harus benar-benar diperhatikan. Isilah air radiator secara teratur agar mesin tetap sehat.

Gunakan air yang terbukti bersih dan tidak memiliki kotoran atau endapan di dalamnya. Untuk perjalanan yang mengharuskan menempuh jarak panjang, Anda harus menyediakan cadangan di dalam mobil.

Sewaktu-waktu Anda membutuhkannya bisa langsung mengambil di dalam mobil. Jangan sampai Anda lupa menambahkan air radiator karena jika sampai habis bisa berakibat pada penurunan mesin Anda.

Membeli mobil artinya Anda sudah siap dengan konsekuensi merawatnya, ya.. seperti konsekuensi Anda ketika ingin merawat suatu hewan peliharaan. Merawat mobil tidak hanya berguna untuk mobil saja namun juga keselamatan Anda dan keluarga sebagai penumpang. Pastikan mobil selalu sehat agar berkendara makin nyaman dan aman.