Article posted at:
Februari 10, 2021

Mesin Mobil Ngelitik? Kenali 5 Penyebabnya


Jika Anda memiliki mobil atau memiliki rencana untuk membeli kendaraan bekas, maka salah satu hal yang tak luput dari pemantauan adalah bagian mesin. Karena seringkali saat kendaraan dinyalakan atau dikendarai terdengar bunyi kletik-kletik atau bisa disebut ngelitik (knocking). Lalu bagaimanakah solusi dari mesin mobil ngelitik ini? Kenapa Mesin Mobil...

Kenali 5 Penyebab Mesin Berbunyi Ngelitik

Jika Anda memiliki mobil atau memiliki rencana untuk membeli kendaraan bekas, maka salah satu hal yang tak luput dari pemantauan adalah bagian mesin. Karena seringkali saat kendaraan dinyalakan atau dikendarai terdengar bunyi kletik-kletik atau bisa disebut ngelitik (knocking). Lalu bagaimanakah solusi dari mesin mobil ngelitik ini?

Kenapa Mesin Mobil Ngelitik?

Menurut beberapa pihak yang lebih paham di bidang otomotif, mesin mobil ngelitik bisa terjadi pada saat gas diinjak secara spontan. Bunyi tersebut bahkan terdengar lebih keras saat posisi gigi tidak seimbang dengan kecepatan. Selain mengganggu pengguna, rupanya kejadian seperti itu harus dihindari.

1. Bahan Bakar

Jika saat ini Anda sudah memiliki mobil alangkah baiknya untuk lebih memilih bahan bakar yang tepat untuk kendaraan tersebut. Jangan sampai nantinya akan menimbulkan efek yang tidak diinginkan hingga harus mengeluarkan kocek untuk memperbaikinya.

Jadi kemungkinan pertama mesin berbunyi kletek-kletek bisa jadi dari kualitas bahan bakar yang digunakan. BBM yang memiliki nilai oktan di bawah standar yang telah ditentukan dapat mengakibatkan cairan dalam ruangan kurang maksimal saat proses pembakaran yang menyisakan residu.

2. Temperatur Mesin

Saat melakukan perjalanan jarak jauh, sebaiknya sempatkan untuk beristirahat sejenak di rest area. Hal itu bertujuan agar suhu mesin dapat menurun atau normal. Temperatur yang tinggi ternyata juga dapat memicu mesin ngelitik.

Kemungkinan ini bisa terjadi saat suhu pada mesin mobil Anda sudah melebihi rata-rata. Sebagai contoh saat water temp pada avanza lebih dari 95 derajat. Tapi tenang saja, jika sudah dingin maka suara kelitik-kelitik akan hilang sendiri.

3. Klep Auto Lemah

Kemungkinan ketiga yaitu disebabkan oleh klep auto yang lemah. Sehingga perhatikan betul sudah berapa lama penggunaannya. Pasalnya faktor usia juga akan mempengaruhi kinerjanya. Semakin lama pemakaian maka gaya pegasnya juga mengalami penurunan.

Penurunan performa terjadi akibat terlalu lama pemakaian membuat regang di antara celah klep auto dengan rocker arm hingga akhirnya menimbulkan bunyi ngelitik. Sehingga alangkah baiknya untuk melakukan pengecekan secara berkala di bengkel resmi.

4. Benda Keras Masuk ke Silinder

Bukan karena lamanya pemakaian atau mengalami kerusakan, tapi bisa jadi ada benda keras yang masuk ke dalamnya. Sehingga hal itu mengganggu performa yang dihasilkan. Pasti sebagian dari Anda penasaran kenapa benda tersebut bisa ada disana.

Perlu diketahui, hal ini bisa saja terjadi lantaran kepala busi pecah sehingga keramiknya masuk ke silinder. Akibatnya pembakaran yang dihasilkan kurang maksimal dan memicu bunyi ngelitik yang membuat pengemudi kurang nyaman.

5. Melebarnya Celah Katup

Apabila diperhatikan, di dalam mesin roda empat pasti memiliki banyak katup. Masing-masing memiliki fungsi keluar dan masuk. Bunyi kelitik akan terdengar saat katup mengalami peregangan yang tidak sesuai dengan setelan normalnya.

Itu diakibatkan karena usia penggunaan yang cukup lama sehingga ada komponen yang mengalami aus. Bunyi mesin akan terdengar cukup keras saat rpm mobil semakin tinggi. Maka dari itu alangkah baiknya beri catatan yang ditempelkan pada benda apapun sebelum dilakukan pemasangan agar tahu usianya.

Beberapa Akibat Mesin Berbunyi Ngelitik

Setelah mengetahui beberapa penyebab mesin berbunyi kelitik, maka Anda juga perlu mengetahui akibat yang ditimbulkan. Karena dengan memahami masalah ini Anda bisa lebih waspada dan tidak malas untuk melakukan servis secara rutin.

Akibat dari mesin mobil ngelitik yaitu piston pecah, metal duduk dan jalan semakin cepat aus, crank shaft menjadi bengkok bahkan pecah. Ini terjadi lantaran perubahan mesin tidak sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.

Sehingga tekanan yang dihasilkan menjadi tidak wajar yang mengakibatkan kerusakan pada beberapa bagian. Akan lebih baik jika Anda membawa kendaraan tersebut ke tempat service resmi dan terpercaya untuk menghindari mesin mobil ngelitik.

Cara Menghilangkan Bunyi Kelitik

Knocking pada mobil masih bisa dihindari atau dihilangkan. Caranya, pertama pastikan kalau BBM yang digunakan memiliki kualitas standar oktan yang sesuai dengan mobil. Langkah kedua, dilakukan perawatan dan pengecekan secara berkala.

Cara selanjutnya coba ganti filter udara apabila sudah tidak memungkinkan. Jika memang diperlukan ganti bagian busi agar tidak pecah hingga keramiknya masuk ke dalam silinder yang bakal memicu knocking pada kendaraan.

Karena suhu tinggi juga menjadi faktor penyebab knocking, maka perlu menurunkannya di angka kurang lebih 85 derajat celcius. Pastikan pula oli yang digunakan sesuai spesifikasi kekentalan pada mobil. Periksa bagian radiator, jangan sampai tersumbat.

Solusi Lainnya yang Perlu Diambil

Apabila Anda kurang paham mengenai mesin mobil, lebih baik mintalah bantuan pada orang yang sudah ahli dan dapat dipercaya. Misalnya saja membawanya ke tempat service resmi maupun bengkel langganan. Hal itu juga perlu dilakukan guna terhindar dari oknum nakal.

Memilih teknisi atau tempat service yang tepat dipastikan akan membantu Anda dalam menyelesaikan masalah ini. Jangan sampai niat hati ingin memperbaiki kendaraan justru dari pihak sana meminta untuk ganti beberapa part lain yang sebenarnya masih layak digunakan dan tidak rusak.

Atau saat service mobil ajaklah orang yang cukup paham soal mesin. Alangkah baiknya jangan tunggu kendaraan mengalami masalah baru dibawa ke bengkel. Jadi lakukanlah pengecekan secara berkala. Takutnya saat di perjalanan terjadi hal yang tidak diinginkan. Itu tadi pembahasan mengenai beberapa penyebab mesin mobil ngelitik, akibat, cara menghilangkan serta solusi yang bisa Anda pelajari saat memiliki kendaraan roda empat. Semoga info ini bermanfaat dan kepedulian terhadap pengecekan berkala lebih ditingkatkan.