Article posted at:
Februari 10, 2021

Mesin Mobil Panas? Ini Dia 5 Penyebab yang Harus Anda Ketahui


Apabila mesin mobil panas tidak seperti biasanya atau kata lain overheat merupakan sebuah kondisi yang tak bisa dianggap remeh begitu saja. Pasalnya, situasi itu menunjukkan bahwa adanya masalah pada kendaraan. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui penyebab dari terjadinya hal tersebut. 5 Penyebab Mesin Mobil Panas Salah satu masalah...

Mesin Mobil Panas?

Apabila mesin mobil panas tidak seperti biasanya atau kata lain overheat merupakan sebuah kondisi yang tak bisa dianggap remeh begitu saja. Pasalnya, situasi itu menunjukkan bahwa adanya masalah pada kendaraan. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui penyebab dari terjadinya hal tersebut.

5 Penyebab Mesin Mobil Panas

Salah satu masalah yang dialami oleh para pemilik mobil adalah mesin gampang panas atau overheating. Hal tersebut dapat mengakibatkan resiko fatal karena bagian itu merupakan jantung inti dari kendaraan. Berikut 5 penyebab mesin mobil panas.

1. Kekeringan atau Kerusakan pada Radiator

Radiator merupakan satu bagian penting dengan fungsi vitalnya untuk mengelola serta mengatur suhu pada mesin mobil. Apabila terjadi suatu masalah di titik ini, maka kemungkinan besar sistem pendinginan sedang dalam kondisi kacau dan sangat berbahaya akibatnya.

Pada umumnya, kondisi tersebut terjadi karena adanya penyumbatan berupa kotoran-kotoran di salurannya. Faktor lainnya adalah mengalami kerusakan atau kebocoran di bagian selang sehingga menghambat aliran cairan pendingin dan mengakibatkan tidak terdistribusi dengan baik.

2. Penggunaan Sembarang Oli

Jika Anda salah satu orang yang gampang tergiur dengan penawaran harga murah ketika membeli oli, maka kebiasaan tersebut harus segera dihentikan. Pasalnya, penggunaan sembaran oli atau abal-abal bisa mengakibatkan overheating dan risiko buruk lainnya.

Selain dikarenakan faktor penggunaan oli abal-abal, ada kemungkinan lain yang mengakibatkan overheating yaitu kebocoran. Hal tersebut mengakibatkan mesin mobil menjadi gampang panas karena tidak tersuplai dengan baik dan semestinya.

3. Tidak Berfungsinya Thermostat

Thermostat memiliki fungsi penting dalam hal mengukur tinggi suhu mesin mobil yang berkaitan secara langsung pada kinerja sistem radiator. Oleh sebab itu, apabila bagian ini tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka akan mengakibatkan overheating pada mobil.

Ketika suhu pada mesin di titik rendah, maka secara otomatis thermostat mengelola air agar tetap ada di dalam radiator. Dan jika overheat bagian tersebut mengatur masuknya air ke mesin. Apabila tak berfungsi normal, maka sirkulasi pendingin akan terganggu dan menjadi kacau.

4. Kesalahan Menggunakan Bahan Bakar

Faktor lain dari mesin mobil panas adalah kesalahan dalam menggunakan bahan bakar minyak. Ketidaksesuaiannya kandungan oktan akan menyebabkan knocking yang pada akhirnya membuat mesin menjadi overheat jika terus dibiarkan.

Ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai jenis bahan bakar minyak yang sesuai dengan kendaraan. Jangan karena harga murah dan penawaran menarik lainnya, membuat Anda tidak memikirkan kondisi jangka panjang dari kesehatan mobil.

5. Kipas Pendingin Tidak Berfungsi

Kipas pendingin merupakan salah satu bagian yang terletak di radiator dengan fungsi menyuplai udara dingin dari luar. Apabila alat ini mengalami kerusakan maka suhu tinggi secara otomatis terperangkap dan membuat mobil menjadi overheat.

Jika kondisi terjadi secara terus menerus maka Anda harus melakukan pengecekan pada fan belt. Perhatikan apakah terpasang dengan baik dan tidak kendur ataupun putus. Selain itu, cek dinamo penggerak kipas, kemungkinan adanya korsleting kabel.

Cara Mengatasi Terjadinya Overheating atau Mesin Mobil Panas

Setelah Anda benar-benar telah mengetahui apa saja penyebab dari terjadinya overheating, maka langkah selanjutnya adalah memahami cara mengatasinya. Diketahui permasalahan ini diakibatkan kurangnya perawatan dan seringkali dianggap remeh. Berikut cara mengatasi masalah tersebut:

1. Lakukan Pengecekan Rutin Radiator

Seperti apa yang dibahas sebelumnya, bahwa penyebab dari terjadinya overheating adalah bermasalahnya pada bagian radiator. Untuk mengatasinya, maka lakukanlah pengecekan secara rutin pada bagian selang, apakah ada sumbatan atau tidak.

Jika selang mengalami penyumbatan yang mengakibatkan temperatur menjadi mudah panas, maka segeralah bawa ke bengkel mobil. Dan apabila kerusakan semakin parah dan tidak cukup dibersihkan saja, lebih baik untuk mengganti radiator agar kembali normal.

2. Gunakan Oli Sesuai Spesifikasi

Kesalahan dalam penggunaan oli akibat dari kurangnya ilmu pengetahuan mengenai hal tersebut atau tergiur akan harga yang murah menjadi penyebab terjadinya overheat. Oleh sebab itu, gunakanlah oli sesuai dengan spesifikasi mobil Anda. Karena dampaknya sangat terasa.

Jika tidak memahami, mintalah rekomendasi oli dari bengkel terpercaya. Kemudian, lakukan pengecekan secara rutin guna menghindari berbagai macam masalah seperti kebocoran atau adanya sobekan-sobekan. Sehingga dapat mengakibatkan mesin tidak tersuplai dengan baik.

3. Periksa Thermostat

Jika mobil mengalami overheat pada saat dikendarai, segeralah untuk memberhentikannya dan matikan mesin. Buka kap untuk mengeluarkan panas sebelum benar-benar dilakukan pengecekan. Karena hal tersebut akan membahayakan kulit jika terkena secara langsung.

Tunggulah sampai benar-benar dingin sebelum Anda membuka tutup dari radiator. Kemudian periksalah kondisi air, apabila berkurang atau kosong maka isilah terlebih dahulu. Jika terjadinya overheating semakin parah, hubungi pihak bengkel dan jangan paksakan untuk melanjutkan perjalanan.

4. Gunakan Bahan Bakar yang Sesuai

Tidak hanya mengenai penggunaan oli saja yang harus sesuai dengan spesifikasi, melainkan bahan bakar minyak juga. Pasalnya, apabila kesalahan dalam menggunakan BBM maka kemungkinan besar overheat pada mesin mobil akan terjadi.

Oleh sebab itu, pastikan Anda benar-benar memahami tentang bahan bakar apa yang sesuai untuk digunakan. Jangan karena tergiur harga murah atau lainnya. Sehingga mengabaikan kondisi tersebut. Lakukan pemeriksaan lainnya juga, guna menghindari adanya kebocoran. Itulah tadi pembahasan mengenai 5 penyebab mesin mobil panas yang harus Anda ketahui beserta cara mengatasinya. Ada baiknya, sebelum benar-benar memiliki sebuah kendaraan untuk memahami terlebih dahulu tentang spesifikasi serta kebutuhan lainnya. Oleh karena itu, lakukan perawatan armada secara rutin.