Article posted at:
April 29, 2021

Mobil Bekas Taxi, Pelajari Tips memilihnya.


Membeli mobil tidak harus dalam bentuk produk baru atau keluaran terbaru dari pabriknya. Anda juga bisa membeli mobil second atau mobil bekas taxi untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau. Namun, saat memilih untuk membeli mobil bekas, tetap pertimbangkan beberapa hal.  Keuntungan Membeli Mobil Bekas Taxi Pilihan untuk membeli mobil...

mobil bekas taxi

Membeli mobil tidak harus dalam bentuk produk baru atau keluaran terbaru dari pabriknya. Anda juga bisa membeli mobil second atau mobil bekas taxi untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau. Namun, saat memilih untuk membeli mobil bekas, tetap pertimbangkan beberapa hal. 

Keuntungan Membeli Mobil Bekas Taxi

Pilihan untuk membeli mobil bekas kini kian beragam bahkan mobil bekas taxi pun bisa menjadi alternatif. Beberapa perusahaan taxi sudah mulai menjajakan armada mobil bekasnya dalam berbagai model dan kondisi mengingat pengguna taxi semakin sepi dan bersaing dengan online. 

Beberapa unit ada yang sengaja dijual karena sudah tidak digunakan dan memang sudah waktunya diganti. Namun, tak perlu khawatir karena meskipun bekas pemilik biasanya sudah melakukan proses perbaikan pada kendaraan tersebut. Harga yang kompetitif menjadi keuntungannya.

Semua sudah diurus oleh pihak perusahaan taxi termasuk migrasi perpindahan dari pelat kuning untuk diganti ke plat hitam sebagai kendaraan pribadi. Mobil taxi bisa menjadi opsi untuk pembelian mobil bekas karena perawatannya sudah tidak diragukan lagi mengingat ini adalah mobil operasional.

Tips Memilih Mobil Bekas Taxi

Membeli mobil bekas memang kerap kali menjadi pilihan saat konsumen memiliki budget terbatas namun tetap ingin membeli mobil meskipun bekas. Mobil bekas yang dijual di pasaran pun terkadang harganya masih tinggi, namun berbeda dengan mobil bekas taxi yang justru lebih murah. 

Menentukan Budget dan Jenis Mobil yang Tersedia

Budget adalah salah satu pertimbangan utama seseorang dalam memilih jenis mobil yang akan dibeli. Karena sama saja meskipun sudah mengincar mobil impian namun jika budget-nya belum cukup maka tetap belum bisa membeli mobil tersebut. 

Berbagai macam jenis mobil bekas taxi dijual mulai dari harga 35 jutaan untuk sedan entry level, 50 jutaan untuk sedan menengah, dan 200 jutaan untuk sedan mewah. Pertimbangkan berapa banyak budget yang Anda miliki untuk memilih jenis mobil bekas taxi yang cocok dan sesuai. 

Perhatikan Kondisi Mesin dan Jarak yang Sudah Ditempuh

Jangan hanya tergiur dengan harga yang murah dan desain yang sudah sesuai. Perhatikan pula kondisi mesin dan berupa jarak yang sudah ditempuh mobil tersebut karena akan mempengaruhi kinerja mesin. Hal ini mengingat mengingat mobil taxi adalah mobil yang sering wara-wiri setiap hari.

Bahkan jarak yang sudah ditempuh mobil taxi ada yang sudah sampai ratusan ribu kilometer. Sehingga penting untuk benar-benar memperhatikan berapa jarak yang sudah ditempuh mobil tersebut. Siapa tahu Anda beruntung mendapatkan jarak yang masih rendah.

Pilih Mobil Bekas Pakai Bukan Bekas Kecelakaan dan Banjir

Saking banyaknya pilihan mobil bekas taxi yang dijual di pasaran, tentu agak sedikit meragukan apakah mobil tersebut masih aman dan belum pernah kecelakaan atau tidak. Belum lagi kondisi kota yang sering banjir, apakah mobil tersebut sudah pernah menerjang dan terendam banjir atau belum. 

Untuk mengecek kondisi mobil bekas taxi yang masih bagus, Anda bisa melihat rangka baik pada bagian depan, belakang, maupun samping dengan membuka kap, pintu, dan bagasi mobil. Jika pernah mengalami kecelakaan biasanya rangka bodinya sudah tidak sempurna. 

Coba Bandingkan Antara Biaya Memperbaiki Sendiri dengan Perbaikan dari Penjual

Mobil bekas taxi tak hanya dijual dalam keadaan sudah diperbaiki, namun beberapa mobil masih ada yang dijual dalam keadaan apa adanya meskipun tetap layak jalan. Harganya memang lebih murah, namun Anda tetap harus memperbaiki dan memodifikasinya sendiri agar kesan taxi hilang. 

Sedangkan ada juga beberapa penjual yang sudah mengecat ulang, memasang audio, mengganti velg, dan memperbaiki penampilannya sehingga pembeli tinggal terima jadi. Semua kembali lagi ke kebutuhan dan budget yang Anda miliki. Jika tidak ingin ribet maka lebih baik terima jadi. 

Coba Perhatikan Kaki-kaki

Maksud kaki-kaki di sini adalah salah satu bagian pada mobil taxi bekas yang rawan rusak. Hal ini dikarenakan jarak tempuh tinggi yang sudah dilewatinya sehingga kaki-kaki pun kinerjanya menurun apalagi jika melewati medan yang tidak mulus dan bergeronjal. 

Kondisi ban mobil yang sudah lama tidak digunakan lagi juga dapat menyebabkan performa menjadi turun untuk mencengkeram jalanan. Oleh karena itu, penting untuk mengecek dengan detail kaki-kaki pada mobil termasuk fitur dan komponen yang ada di dalamnya. 

Mobil Bekas Taxi Pilihan

Ada beberapa pilihan mobil bekas taxi yang mungkin bisa Anda pertimbangkan, di antaranya:

Toyota Vios Limo

Mobil dengan type ini merupakan yang paling banyak dipilih pembeli. Selain karena nama besar Toyota yang sudah terbukti kualitasnya, tampilan ini juga menarik dan tidak terkesan seperti mobil taxi jika melakukan sedikit modifikasi. Harganya berkisar 50 – 70 jutaan. 

Honda Mobilio

Honda Mobilio termasuk kategori mobil keluarga yang sangat cocok untuk dijadikan pilihan karena memiliki jok tiga baris dan bisa membawa tujuh penumpang. Tampilannya juga menarik, modern, dan tidak ketinggalan zaman. Performanya juga bagus dan hemat bahan bakar. Harganya sekitar 90 juta.

Toyota Etios

Toyota Etios memiliki desain yang terbilang compact dan lincah juga dikendarai di jalan. Performa dan tampilannya sangat cocok untuk dijadikan city car di perkotaan. Harganya pun sangat terjangkau berkisar 35 jutaan. Semakin banyaknya pilihan yang bisa dipilih, tentu tetap harus memperhatikan kualitas dan performanya. Harga murah memang sering lebih menggiurkan, namun jangan lupa untuk melihat spesifikasi mobil itu sendiri. Jika perlu bawa orang yang paham untuk memberi pendapat.