Article posted at:
Juni 4, 2021

Mobil Keluarga Terbaik Untuk Mobilitas Sehari-hari


Fungsi mobil pada dasarnya adalah untuk memudahkan mobilitas dari satu tempat ke tempat lainnya agar lebih menghemat waktu. Mobil juga digunakan untuk mengangkut lebih banyak orang agar bisa berpindah lebih cepat. Apa saja rekomendasi mobil keluarga terbaik untuk mobilitas sehari-hari? Fungsi Mobil Untuk Keluarga Tentunya banyak sekali manfaat memiliki...

mobil keluarga terbaik

Fungsi mobil pada dasarnya adalah untuk memudahkan mobilitas dari satu tempat ke tempat lainnya agar lebih menghemat waktu. Mobil juga digunakan untuk mengangkut lebih banyak orang agar bisa berpindah lebih cepat. Apa saja rekomendasi mobil keluarga terbaik untuk mobilitas sehari-hari?

Fungsi Mobil Untuk Keluarga

Tentunya banyak sekali manfaat memiliki mobil pribadi untuk keluarga. Ketika memiliki mobil sendiri, Anda tak perlu repot-repot lagi untuk menyewa atau meminjam ke orang lain jika ada suatu keperluan tertentu. Anda juga lebih mudah bergerak untuk mobilitas yang tinggi seperti urusan kerjaan. 

Mobil tak hanya sekedar alat transportasi, namun juga bisa menjadi aset liquid yang lebih mudah dicairkan jika sewaktu-waktu membutuhkan dana mendesak. Meskipun nilai jual mobil pasti lebih rendah dibandingkan harga belinya, tetap saja mobil masih laku di pasaran dengan harga tinggi. 

Bagi Anda yang memiliki banyak anggota keluarga, mobil seperti sebuah kebutuhan yang tak bisa dihindari. Mobil bisa digunakan untuk jalan-jalan bersama keluarga saat bosan di rumah, menghadiri acara tertentu, bersilaturahmi, atau mudik yang terkadang harus membawa banyak barang. 

Daftar Mobil Keluarga Terbaik

Berbagai jenis dan merek mobil keluarga sudah banyak beredar di pasaran. Mulai dari yang harganya di bawah ratusan juta hingga milyaran. Mobil keluarga terbaik adalah mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda untuk menunjang mobilitas sehari-hari. Berikut ini beberapa rekomendasinya:

Renault TRIBER

Renault TRIBER bisa menjadi salah satu opsi terbaik untuk mobil keluarga. Sebagai salah satu mobil low end MPV, Renault TRIBER hadir dengan 7-seats dan kapasitas kabin yang cukup lega. Desain mobil ini tampak gagah, manly, dan sporty yang semakin dipertajam dengan desain front grill-nya. 

Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan fitur-fitur yang ditawarkan up to date baik untuk hiburan maupun keselamatan. Seperti 4 airbag, audio radio, Apple CarPlay dan Android Auto, serta masih banyak lagi. Performa mesinnya juga bagus dengan 1.0-L. Harganya masih terjangkau di kisaran 133 – 179,9 juta. 

Nissan Livina

Mobil Nissan Livina sangat cocok untuk dijadikan mobil keluarga terbaik mengingat dimensinya yang panjang sehingga kabin di dalamnya luas. Mobil ini bisa dijadikan layaknya rumah kedua apalagi Anda bisa memasang kasur di dalamnya agar anak-anak nyaman. Harga jualnya berkisar 208,3 – 272,1 juta.

Sisi kenyamanan menjadi fokus utama yang dikedepankan pada Nissan Livina ini. Tidak hanya kabinnya yang luas, fitur-fitur di dalamnya pun cukup menarik baik hiburan maupun keselamatan. Salah satu yang diunggulkan adalah Traction Control System yang sangat membantu saat di tikungan. 

Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander layak menjadi mobil keluarga pilihan lantaran mobil ini mendapatkan penghargaan sebagai Car of The Year saat pertama kali debut pada tahun 2017 lalu. Desain pada mobil ini cukup menarik karena mengkombinasikan kesan simple, elegan, gagah, stylish, dan sporty menjadi satu. 

Desainnya yang memukau tersebut memiliki kunci penting pada ground clearance 205 mm. Tampilannya mirip Pajero Sport namun tetap memiliki sentuhan Avanza dan Xenia. Mesinnya powerful dengan 1.500 cc yang dapat menghasilkan kekuatan hingga 104 horsepower dan torsi 141 Nm. 

Wuling Cortez 

Jika Anda memiliki anggota keluarga yang cukup banyak, maka Wuling Cortez adalah pilihan yang tepat karena mobil ini dapat mengangkut hingga 8 penumpang. Bahkan tersedia enam trik pilihan untuk merebut pasar mengingat produk dari Tiongkok ini masih cukup baru di pasaran Indonesia. 

Fitur di dalamnya pun dilengkapi dengan teknologi canggih dan premium. Sistem transmisi yang digunakan didukung dengan fitur i-AMT (intelligent Automatic Mechanical Transmission). Harganya masih berkisar di angka 219,8 juta hingga 277 juta. 

Toyota Kijang Innova

Kijang Innova sudah ada sejak lama di pasaran Indonesia dan semakin tahun produksinya semakin di-upgrade dengan tampilan yang lebih fresh dan fitur-fitur baru. Salah satu keunggulan Kijang Innova sejak dulu adalah dimensinya yang luas sehingga ruang kabinnya cukup lega untuk para penumpang. 

Penumpang juga akan lebih nyaman berkendara menggunakan mobil ini karena di dalamnya sudah dilengkapi teknologi Air Purifier untuk meningkatkan kualitas udara di dalam kabin. Mesin dan performanya bisa diandalkan sejak dulu. Harganya berkisar di antara 337,6 – 495,7 juta. 

Isuzu Panther

Isuzu Panther pernah merajai pasaran di Indonesia sebagai salah satu mobil keluarga yang paling diminati pada era 90an hingga 2000. Mobil ini bahkan mendapat label sebagai pilihan keluarga terbaik dengan desainnya yang khas. Salah satu ciri khas mobil ini adalah masih menggunakan mesin diesel. 

Dari segi performa tentu sudah tidak diragukan lagi mengingat dengan mesin tersebut mobil ini dapat menempuh kondisi jalan yang cukup bergeronjal. Kapasitas Isuzu Panther dapat menampung 7 hingga 8 penumpang. Mobil ini dijual dengan kisaran harga 286 – 342 jutaan. 

Honda Brio

Produk dari Honda ini telah merajai pasar Indonesia sebagai salah satu city car yang paling banyak diminati khususnya di area perkotaan. Meskipun bentuknya mungil dan simple, mobil ini sangat cocok untuk dijadikan pilihan keluarga kecil pasalnya hanya mampu menampung 5 penumpang. 

Kabinnya cukup lega sehingga membuat nyaman penumpang di dalamnya. Salah satu keunggulannya adalah bahan bakarnya yang cukup irit sehingga sangat efisien jika digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Harganya cukup terjangkau sekitar 140 – 200 an juta. Melihat daftar mobil keluarga terbaik di atas mungkin cukup membingungkan untuk memilih yang terbaik. Kembali lagi berapa banyak budget yang Anda miliki dan sesuaikan dengan kebutuhan.