Article posted at:
Juni 3, 2021

Mobil Listrik yang Perlu Anda Ketahui


Mobil listrik kini menjadi inovasi terbaru di dunia otomotif yang tampaknya bakal menjadi transportasi masa depan. Tak hanya Tesla sebagai mobil listrik pertama yang dihadirkan, produsen lain pun mulai berlomba-lomba untuk memproduksi mobil listrik. Apa saja keunggulannya? Keunggulan Mobil Listrik Dukungan terhadap inovasi mobil listrik ini turut didukung oleh...

mobil listrik

Mobil listrik kini menjadi inovasi terbaru di dunia otomotif yang tampaknya bakal menjadi transportasi masa depan. Tak hanya Tesla sebagai mobil listrik pertama yang dihadirkan, produsen lain pun mulai berlomba-lomba untuk memproduksi mobil listrik. Apa saja keunggulannya?

Keunggulan Mobil Listrik

Dukungan terhadap inovasi mobil listrik ini turut didukung oleh pemerintah Indonesia dengan dikeluarkannya Perpres tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik. Ini menjadi langkah awal untuk mengurangi penggunaan BBM. Berikut ini beberapa keunggulan mobil-listrik:

Ramah Lingkungan

Mobil listrik merupakan produk kendaraan yang paling ramah lingkungan karena emisi karbon yang dihasilkan lebih rendah sehingga dapat mengurangi polusi. Jika mobil konvensional mengeluarkan emisi karbondioksida ke udara sehingga menyebabkan polusi, berbeda halnya dengan mobillistrik. 

Mobil listrik menggunakan tenaga listrik untuk dapat menjalankan kendaraan tersebut dengan cara men-charge dayanya sehingga tidak menghasilkan gas buangan seperti bahan bakar minyak. Suara yang dihasilkan mobil listrik pun cenderung lebih halus, tidak bising, dan senyap. 

Lebih Hemat

Jika dibandingkan dengan penggunaan bahan bakar minyak yang terbilang cukup boros, energi yang dikeluarkan mobil listrik terbilang lebih hemat. Bahkan meskipun terjadi kemacetan penggunaan energi pada mobillistrik ini juga lebih irit. 

Mobil listrik dapat mencapai jarak hingga 120 kilometer dengan biaya Rp75.000,00 saja. Nominal ini tentu saja terbilang lebih hemat jika dibandingkan dengan mobil konvensional yang masih menggunakan BBM karena bakal memerlukan biaya dua kali lipat lebih banyak. 

Lebih Canggih dan Lebih Cerdas

Fitur yang disematkan pada mobillistrik sangatlah canggih dan bahkan hingga saat ini baru mobil listrik yang memiliki ITS (Intelligent Transport System). Fitur ini memungkinkan kendaraan untuk melakukan pengereman sendiri secara otomatis untuk menghindari resiko tabrakan.

Fitur ITS ini memiliki sensor tertentu yang dapat mendeteksi jika ada benda yang lewat di depan mobil sehingga secara otomatis mobil akan melakukan pengereman. Sistem keamanan yang ada membuat mobil ini menjadi paling aman. Performanya pun lebih bertenaga dan lebih cepat. 

Perawatan Lebih Mudah

Cara merawat mobil listrik tentu lebih mudah karena tidak perlu melakukan pergantian oli dalam jangka waktu tertentu. Mobil ini cukup dirawat melalui perawatan baterai saja dengan treatment yang ringan.

Praktis

Bentuk mobil listrik terbilang lebih mungil sehingga sangat cocok untuk pasar di Indonesia. Apalagi jika harus melewati kemacetan dan masuk ke gang sempit, mobillistrik ini sangat bisa diandalkan. Pengisian ulang juga bisa dilakukan di rumah tanpa harus antri di pom bensin. 

Bagaimana cara pengisian ulang daya baterai jika sedang dalam perjalanan? Tak perlu khawatir karena tersedia beberapa titik atau pos untuk pengisian ulang daya mobillistrik sehingga pemilik mobil tetap bisa merasa aman dan tenang selama perjalanan. 

Nissan Kicks e-Power

Nissan Kicks e-Power merupakan mobil hybrid pertama dari PT Nissan Motor Indonesia yang turut meramaikan pasar otomotif ramah lingkungan. Mobil Kicks e-Power ini dilengkapi dengan mesin berkapasitas 1200 cc 3-silinder dengan Lithium-ion bertenaga 129 ps dan 260 Nm torsi. 

Mobil ini sejatinya memang merupakan mobillistrik, hanya saja mesin konvensional yang ada digunakan untuk mengisi daya baterai agar tak perlu repot charging internal. Produk unggulan Nissan ini hadir dalam empat pilihan warna menarik dan dijual di pasaran dengan harga 449 juta. 

Toyota Corolla Cross Hybrid

Toyota Corolla Cross Hybrid sebenarnya sudah lama diluncurkan oleh PT Toyota Astra Motor sejak bulan Agustus 2020 lalu. Namun, mobil ini baru bisa sampai di tangan pembelinya pada bulan Desember. Produk terbaru keluaran Toyota ini bisa menjadi opsi untuk mobillistrik Anda. 

Sama Seperti mobil listrik pada umumnya, mobilini tidak lagi menggunakan bahan bakar minyak melainkan daya listrik untuk mengendarainya. Namun, mobil ini tetap tersedia dalam dua pilihan dengan daya listrik dan BBM. Harganya 497,8 juta untuk listrik dan 457,8 juga untuk versi bensin. 

Hyundai Ioniq Electric

Pasar mobil listrik di Indonesia juga turut diramaikan oleh produsen asal Korea Selatan, Hyundai. Mobil Hyundai Ioniq EV sendiri telah diluncurkan pada bulan Desember 2020 lalu. Hyundai Ioniq bisa menjadi pilihan mobil keluarga karena memiliki 5-seat di dalamnya dengan desain yang modern. 

Pada bagian depannya, mobil ini memiliki desain grill yang futuristis dan tidak ketinggalan zaman dengan LED DRL dan LED headlight-nya. Fitur di dalamnya cukup canggih seperti 8-inci head-unit touchscreen. Harganya berkisar 624,8 juta untuk versi Prime dan 664,8 juta untuk versi Signature. 

Lexus UX 300e

Lexus UX 300e merupakan produk keluaran PT Toyota Astra Motor yang diluncurkan pada bulan November 2020 lalu. Debut pertamanya telah dijalani di China dan Eropa pada tahun 2019. Mobillistrik ini memiliki kapasitas 54,35 kWh dan daya jelajah mencapai 300 km sekali pengisian. 

Agar baterai daya pada mobil ini bisa terisi penuh hingga 100%, maka dibutuhkan waktu kurang lebih 24 jam untuk pengisiannya. Namun, waktunya akan lebih singkat sekitar 50 menit jika menggunakan DC Fast Charging di SP KUE. Harga mobil ini di kisaran 1,245 miliar. Fenomena munculnya inovasi mobillistrik ini tentu menjadi warna baru dalam dunia otomotif. Setidaknya konsumen memiliki opsi untuk menggunakan mobil yang lebih hemat dan mengurangi polusi karena tidak menggunakan bahan bakar minyak. Lingkungan pun lebih terjaga dengan baik.