Article posted at:
April 8, 2021

Rekomendasi Mobil Paling Irit Bahan Bakar


Menggunakan mobil yang irit bahan bakar tentu akan memberikan keuntungan tersendiri karena Anda bisa lebih berhemat. Cukup menarik memang jika ada mobil yang memberikan keunggulan berupa penggunaan bahan bakar yang hemat. Apa saja rekomendasi mobil paling irit bahan bakar? Fitur Untuk Bahan Bakar Lebih Irit Tidak semua mobil yang...

mobil paling irit

Menggunakan mobil yang irit bahan bakar tentu akan memberikan keuntungan tersendiri karena Anda bisa lebih berhemat. Cukup menarik memang jika ada mobil yang memberikan keunggulan berupa penggunaan bahan bakar yang hemat. Apa saja rekomendasi mobil paling irit bahan bakar?

Fitur Untuk Bahan Bakar Lebih Irit

Tidak semua mobil yang dijual di pasaran memiliki fitur khusus yang dapat membuat penggunaan bahan bakar menjadi lebih hemat. Bahan bakar bisa lebih hemat jika memang ada fitur atau mesin tertentu yang khusus dirancang untuk melakukan fungsi tersebut. Berikut ini beberapa di antaranya:

Cruise Control

Fitur cruise control memiliki fungsi untuk membantu meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar mesin khususnya jika sering melewati jalan tol. Fitur ini disematkan pada bagian lingkar kemudi sehingga lebih mudah dijangkau oleh pengendara. 

Cruise control dapat digunakan untuk mengatur laju kendaraan sehingga tetap konstan dan pengemudi tidak perlu lagi menginjak pedal pegas secara terus-menerus. Untuk mengaktifkan fitur ini maka pengemudi harus melajukan mobil pada kecepatan minimal 40 km/jam.

Auto Start-Stop

Untuk meningkatkan konsumsi bahan bakar pada mobil, fitur auto start-stop juga dapat difungsikan. Sesuai namanya, fitur ini memiliki fungsi untuk mematikan mesin saat mobil berhenti sesaat seperti di tengah kemacetan. Sehingga bahan bakar tidak akan terkuras habis ketika mobil belum melaju. 

Bahan bakar bisa dihemat hingga reduksi sebanyak 5 – 14% dikarenakan mesin tidak beroperasi ketika fitur ini diaktifkan. Sayangnya, fitur auto start-stop juga memiliki kelebihan berupa daya tahan baterai atau accu yang menjadi lebih berat. 

 Eco Indicator

Fitur eco indicator sudah mulai banyak digunakan di mobil-mobil keluaran terbaru. Fungsi fitur ini adalah untuk mendeteksi transmisi saat dioperasikan dengan memberi tanda lampu hijau pada MID (Multi Information Display). Fitur akan aktif saat mesin berputar dalam kisaran 1.500 – 3.000 rpm. 

Jika gaya berkendara Anda sudah termasuk irit, maka lambang eco indikator akan menyala dalam bentuk gambar daun atau tulisan ECO. Fitur ini akan secara otomatis berjalan dan membuat ECU bisa menghemat bahan bakar mulai dari pengaturan suplai hingga perpindahan transmisi. 

Daftar Mobil Paling Irit

Mobil yang irit bahan bakar menjadi mobil yang paling sering dicari saat ini apalagi bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi. Demi bisa menghemat pengeluaran untuk membeli bahan bakar, maka memilih mobil yang irit dan hemat bisa menjadi solusinya. Berikut ini beberapa rekomendasinya:

Toyota Corolla Altis

Mobil Toyota Corolla Altis ini juga dikenal sebagai mobil keluarga yang elegan dan stylish. Penggunaan bahan bakar mesin yang irit dan efisien menjadi salah satu keunggulan mobil generasi ke-11 dari Toyota ini. Bahkan pengujiannya mobil ini mampu menempuh jarak 18 km per 1 liternya. 

Mesin yang dirancang pada mobil ini juga cukup tangguh dengan kapasitas 1.800 cc 2ZR-FE dual VVT-i. Mobil yang termasuk dalam segmentasi pasar mobil sedan ini dilengkapi dengan fitur-fitur canggih baik untuk hiburan maupun keselamatan. Harganya berkisar 491 – 513 juta. 

Mitsubishi Mirage

Mobil Mitsubishi Mirage hadir dengan kapasitas mesin 1.193 cc dan mampu menghasilkan tenaga hingga 57 Kw pada 6.000 rpm dan torsi 100 Nm pada 4.000 rpm. Mobil ini terbilang sangat irit karena dapat melaju hingga 24,95 kilometer dengan 1 liter BBM. Harganya berkisar 173 juta. 

Hal ini dikarenakan mobil ini juga didukung dengan transmisi CVT (Continuous Variable Transmission) sehingga jauh lebih bisa irit dibandingkan mobil lainnya. Mobil dengan tampilan desain yang simple ini bahkan mendapat predikat bintang empat untuk hasil uji ASEAN NCAP. 

Honda Brio

Honda Brio merupakan salah satu produk Honda terlaris di Indonesia sepanjang tahun 2020 lalu. Selain mobil ini memiliki desain yang simple dan elegan, Honda Brio juga dikenal sebagai mobil yang irit bahan bakar. Mesinnya cukup tangguh dengan kapasitas 1.200 cc. 

Faktor yang membuat penggunaan bahan bakar pada mobil ini irit adalah adanya teknologi CVT with Earth Dreams Technology. Fitur ini juga memudahkan perpindahan transmisi sehingga lebih halus. Anda dapat melaju hingga 21,2 km untuk per liter bensin. Harganya berkisar 149 – 200 juta. 

Kia Picanto

Kia Picanto yang merupakan produk keluaran dari Korea ini juga termasuk dalam daftar mobil paling irit yang direkomendasikan. Mobil ini dapat melaju hingga 19 kilometer untuk per liter bahan bakar. Mesin yang digunakan pun cukup bertenaga yakni kapasitas 1.250 cc. Harganya kisaran 200 juta. 

Terdapat mode ECO pada mobil ini sehingga bisa membuat mesin bekerja lebih efisien dan dampaknya dapat menghemat bahan bakar. Tampilan desainnya yang mungil dan simpel namun tetap memberi ruang lega sangat cocok dijadikan city car untuk aktivitas sehari-hari. 

Toyota Agya

Toyota Agya memang tengah mencuri banyak perhatian belakang ini baik dari segi tampilan maupun fitur-fitur di dalamnya. Mobil ini berkapasitas 5 orang dan memiliki desain eksterior yang cukup simple namun tak meninggalkan kesan elegan dan modern. Harganya sangat terjangkau kisaran 140an juta.

Selain terjangkau dan memiliki tampilan yang disukai masyarakat Indonesia, Toyota Agya juga cukup irit bahan bakar. Mobil ini dapat melaju hingga 19,3 kilometer per 1 liter bahan bakar. Agya termasuk dalam kategori mobil Low Cost Green Car yang sudah dilengkapi fitur canggih di dalamnya. Memilih salah satu beberapa rekomendasi mobil paling irit di atas bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki agar menemukan pilihan yang paling tepat.