Article posted at:
Mei 7, 2021

Penyakit Mobil Avanza yang Sering Terjadi


Semakin berkembang ilmu teknologi membuat semakin berkembangnya jenis mobil dari berbagai jenis perusahaan pula. Tiap mobil yang dirilis tentunya akan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dari kelebihan dan kekurangan tiap mobil inilah, tentunya calon pembeli harus lebih aware dengan berbagai macam kondisi mobil, termasuk dengan penyakit mobil Avanza yang...

penyakit mobil Avanza

Semakin berkembang ilmu teknologi membuat semakin berkembangnya jenis mobil dari berbagai jenis perusahaan pula. Tiap mobil yang dirilis tentunya akan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dari kelebihan dan kekurangan tiap mobil inilah, tentunya calon pembeli harus lebih aware dengan berbagai macam kondisi mobil, termasuk dengan penyakit mobil Avanza yang perlu kamu ketahui.

Mengenal Toyota Avanza

Toyota Avanza merupakan mobil yang cukup laris di pasaran, terutama untuk pasar Indonesia. Mobil jenis ini termasuk dalam kategori mobil MPV paling irit di bahan bakarnya. Kelebihan lainnya dari mobil ini adalah dimana Avanza juga masuk dalam kategori mobil keluarga yang nyaman dan murah. Selain itu, desainnya yang cukup sederhana namun stylish ini menawarkan dua varian pilihan, yakni manual dan matic.

Kelebihan dari Toyota Avanza selanjutnya adalah mesinnya yang cukup kuat, kursinya yang ergonomis, kuantitasnya mampu menampung banyak penumpang, harga jualnya stabil, biaya pajaknya juga murah, serta biaya service nya pun murah dan mudah diakses. Toyota Avanza ini memiliki dua jenis mobil, yakni Avanza biasa dan Avanza Veloz.

Veloz sendiri terbagi lagi menjadi dua, yakni Toyota Avanza Veloz 1.5 AT Luxury, dan Toyota Avanza Veloz 1.5 MT Luxury. Nah, dari banyaknya kelebihan inilah yang membuatnya begitu populer dan laris manis di pasaran.

Namun, tentunya tak ada gading yang tak retak, begitu pula dengan Toyota Avanza ini. Dari sekian banyak kelebihan yang dimiliki, ternyata Toyota Avanza juga memiliki beberapa kekurangan. Dan kekurangan inilah yang nantinya bisa berpotensi untuk menimbulkan masalah pada mobil Avanza tersebut. Lalu, apa saja masalah yang sering terjadi pada mobil Avanza ini?

Penyakit Mobil Avanza yang Sering Terjadi Tanpa Disadari

Masalah Pada Kipas

Masalah yang sering terjadi pada mobil Avanza ini adalah pada kipasnya. Umur kipas dari mobil Toyota Avanza ini cenderung lebih singkat jika dibandingkan dengan jenis mobil lainnya. Oleh sebab itu, kamu perlu mengamati motor fan terlebih dahulu jika memiliki atau ingijn membeli Toyota Avanza yang dirilis pada tahun 2010 lalu.

Sebaiknya, segeralah lakukan penggantian apabila memang usia dari kipas tersebut lebih dari lima tahun atau sudah menempuh jarak lebih dari 130 ribu kilometer. 

Fungsi kipas disini adalah untuk menyalakan AC dan menstabilkan suhu mesin agar tidak sampai overheat. Jika kipas sudah berumur, maka harus diganti agar bisa menunjang kemampuan pendinginan. Untuk mengetahui usia kipas, maka kamu bisa melihat dari tanggal produksi yang tertulis di rumah kipasnya, karena ini bisa menjadi salah satu penyebab naiknya temperatur mobil.

Kabin yang Kurang Kedap Suara

Ruang kabin pada Toyota Avanza ini kurang senyap, sehingga cukup banyak pembeli yang mengeluhkan karena suara deruan mesin kerap kali terdengar di ruang kabin. Banyak orang yang berpendapat bahwa harga yang terjangkau inilah yang membuat kruangnya kualitas yang diberikan dari bahan kedap suara pada bagian interiornya.

Masalah Pada Karet Pintu

Karet pintu yang sudah getas sebaiknya segera diganti karena akan berpengaruh terhadap kekedapan kabin. Untuk mengecek kekedapan kabin, maka kamu bisa menyelipkan kerta pada pintunya, lalu coba geser. Normalnya, akan butuh tenaga besar untuk menggeser pintu tersebut, namun jika mudah digeser, berarti karet sudah waktunya diganti.

Masalah Suspensi Belakang

Jika terdengar suara dug-dug dari suspensi belakang, maka hal ini bisa saja karena karet stabilizernya yang harus diganti. Fungsi dari stabilizer ini sendiri adalah untuk menstabilkan mobil agar tidak limbung ketika berkendara. Jika karet stabilizer rusak, maka kamu harus menyetir lebih pelan dan segera membawanya ke bengkel.

Masalah Pada Aki

Penyakit mobil Avanza selanjutnya adalah terkadang aki pada mobil susah dikendalikan dan bisa timbul masalah. Dimana mobil tidak bisa menyala ketika mesinnya masih panas. Masalah ini sering muncul pada Toyota Avanza keluaran lama, untuk keluaran terbarunya, masalah ini jaarang sekali muncul.

Jadi, jika tiba-tiba mobil tidak bisa dinyalakan secara tiba-tiba, maka kemungkinan besarnya aki mobilmu sedang dalam kondisi overheat, sebaiknya kamu berhenti dan tunggu hingga suhu aki stabil kembali.

Fitur Keselamatan yang Kurang

Salah satu hal yang cukup mengkhawatirkan pada mobil Avanza adalah dimana kurangnya fitur keselamatan yang dimiliki. Hal ini tentu akan sangat berpengaruh terhadap keamanan dari sang pengemudi. Ada statistik yang menyebutkan bahwa Toyota Avanza ini termasuk dalam mobil yang sering kali mengalami kecelakaan.

Salah satu kekurangan dari mobil Toyota Avanza ini adalah tidak adanya ABS, padahal ABS ini sangatlah penting untuk keamanan ketika pengemudi terpaksa untuk melakukan pengereman mendadak. Hal ini tentu menjadi masalah bagi kamu yang mengutamakan keamanan diatas segelanya.kamu patut mempertimbangkannya lagi jika ingin membeli mobil tipe Avanza ini.

Kursinya Sempit

Masalah pada mobil Avanza yang terakhir terletak pada kursi yang dianggap cukup sempit. Penumpang yang berada pada baris ketiga biasanya akan merasa terganggu karena sempitnya ruang pada sela kursi. Masalah ini cukup menjadi sorotan dari para konsumen, lho.

Jika kamu hanya memiliki dua anak, maka hal ini tidak akan menjadi masalah. Namun, sebaiknya kamu pertimbangkan lebih matang jika nantinya memiliki anak diatas satu dengan penggunaan mobil Avanza ini.Demikianlah informasi yang bisa diberikan terkait dengan apa saja penyakit mobil Avanza yang perlu kamu ketahui sebelum membeli mobil tersebut. Terlebih jika kamu ingin membeli mobil bekasnya. Semoga penjelasan ini bermanfaat untukmu, ya