Article posted at:
Juli 9, 2021

Perawatan AC Mobil yang Tepat


Melakukan perawatan AC mobil merupakan metode penting yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Bahkan meskipun sistem pendingin ini merupakan bagian pendukung yang difungsikan untuk kenyamanan pengemudi dan penumpang. Namun tetap membutuhkan hak perhatian yang cukup dari pemiliknya. 9 Cara Melakukan Perawatan AC Mobil yang Tepat Kebiasaan penggunaan yang kurang...

perawatan AC mobil

Melakukan perawatan AC mobil merupakan metode penting yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Bahkan meskipun sistem pendingin ini merupakan bagian pendukung yang difungsikan untuk kenyamanan pengemudi dan penumpang. Namun tetap membutuhkan hak perhatian yang cukup dari pemiliknya.

9 Cara Melakukan Perawatan AC Mobil yang Tepat

Kebiasaan penggunaan yang kurang baik atau tidak seharusnya dapat memicu kerusakan dini. Selain itu performa AC dalam menghasilkan suhu dingin dalam tabung pun akan menurun. Oleh sebab itu penting untuk menerapkan perawatan rutin yang tepat dengan beberapa cara berikut ini.

Menjaga Kebersihan Bagian Kabin Mobil

Tahukah Anda bahwa kebersihan di dalam kabin bisa menjadi pengaruh terhadap sistem AC pada kendaraan roda empat tersebut? Hal ini dikarenakan keadaan ruang yang kotor dan penuh debu dapat menghambat atau memperboros sistem sirkulasi di bagian filter.

Meskipun komponen tersebut bertugas untuk menyaring udara kotor, akan tetapi kemampuannya tentu terbatas untuk skala AC kendaraan. Oleh sebab itu kotoran berlebih justru akan mempercepat kerusakan bagian filtrasi dan salah satunya mengakibatkan pendingin tidak berfungsi optimal.

Tidak Membuka Jendela Saat AC Dinyalakan

Mencegah jendela mobil terbuka saat AC dinyalakan termasuk dalam tindakan untuk merawat komponen pendingin kabin tersebut. Hal ini disebabkan sistem mesin tidak dirancang untuk mendinginkan ruang dengan skala, sehingga suhu yang dikeluarkan akan terbuang sia-sia.

Selain itu hal ini juga bertolak belakang dengan suhu udara di luar mobil yang tentu lebih hangat atau panas. Kemudian kondisinya yang keluar masuk di dalam kabin kendaraan tidak akan mampu mendapat pendinginan sempurna oleh sistem AC, bahkan dapat mengakibatkan kerusakan.

Tidak Merokok di Dalam Kabin Mobil Saat AC Dinyalakan

Bukan perkara yang asing lagi dalam merokok di ruangan ber-AC menjadi larangan keras. Hal ini juga berlaku di dalam kabin mobil atau jenis kendaraan lainnya. Poin ini tidak ditetapkan tanpa alasan mainkan sistem pendinginan ini tidak dirancang untuk menghisap hasil pembakaran atau asap.

Apabila memaksakan kondisi dengan tetap membuat asap mengepul pada kabin dan akhirnya masuk kedalam sistem AC. Maka bersiaplah untuk mendapat keluhan dari bagian komponen air conditioner atau timbulnya beberapa tanda kerusakan. Disamping itu kegiatan ini dapat membahayakan penumpang lain.

Melakukan Pembersihan Terhadap Bagian Kondensor AC Mobil

Metode selanjutnya adalah melakukan terhadap bagian kondensor AC mobil. Bagian ini terletak pada ada sisi depan kendaraan atau di sekitar bumper dengan posisi persis di tengah. Sisi atau celah-celah satu ini seringkali menyimpan banyak debu dan kotoran, karena menjadi tempat pembuangan udara.

Jika pengguna jarang melakukan pembersihan pada kondensor AC, maka hal ini akan memicu penumpukan debu dan kotoran berlebih. Sedangkan jika kondisinya demikian maka dapat menimbulkan kebocoran atau korosi yang tak lain dampaknya akan mempengaruhi sistem pendingin.

Melakukan Pembersihan Pada Filter Kabin

Filter kabin AC umumnya terletak pada bagian dashboard mobil yang secara sistematis pemasangannya tidak terlihat dari luar. Oleh sebab itu cara pembersihannya bisa dimulai dengan membuka suatu bagian yang semula tertutup rapat sehingga tampak komponen penyaringan tersebut.

Fungsi utama filter adalah untuk melakukan penyaringan udara sebelum masuk ke evaporator AC mobil. Tanpa adanya pembersihan yang rutin dan teratur maka akan menyebabkan fungsinya cepat menurun atau mengalami kerusakan yang diganti dengan alat filtrasi baru.

Tidak Menonaktifkan AC Dalam Waktu yang Lama

Sebagian orang beranggapan bahwa selalu memanfaatkan penggunaan AC saat berkendara merupakan tindak pemborosan bahan bakar. Dengan alasan tersebut pengguna memilih untuk cara menggunakan atau tidak sama sekali. Namun pada hakikatnya hal ini bukan sepenuhnya benar.

Jika AC tidak digunakan dalam waktu yang lama maka akan menyebabkan kondisi bagian selang dan belt alat pendingin ini mengering. Jika sudah Demikian maka akibatnya akan cepat getas. Maka dari itu penting untuk tetap menyalakan AC setidaknya beberapa menit dalam seminggu.

Mengoperasikan AC Dengan Benar

Mengoperasikan AC secara benar dan tepat salah satunya bisa dilakukan dalam bentuk menyalakannya di tengah suhu yang tidak terlalu panas. Seringkali dijumpai kondisi kabin mobil yang begitu panas mas karena terpanggang di area parkir terlalu lama.

Kesalahan yang sering dilakukan pengguna kendaraan adalah langsung menyalakan pendingin suhu dengan tingkat yang sangat dingin. Hal ini juga berpengaruh terhadap sistem kerja AC yang akan terbebani, sehingga sebaiknya normalkan dulu suhu di dalam kabin.

Melakukan Servis Secara Berkala

Kebutuhan perawatan tidak hanya diperuntukkan untuk optimalisasi dapur pacu bagian sistem mesin. Akan tetapi sistem AC di dalam mobil perlu mendapat sentuhan perhatian dari si pemilik kendaraan. Misalnya dengan membawanya ke bengkel service setidaknya setiap enam bulan sekali.

Bahkan meskipun komponen ini tidak menunjukkan indikator kerusakan selama penggunaannya. Namun penting untuk memeriksa beberapa hal yang mungkin luput dari pengetahuan pribadi sang pengemudi dan pemilik. Di samping itu perawatan ini akan memperpanjang usia AC Anda.

Mematikan AC Sejenak Saat Menempuh Perjalanan Jauh

Sama halnya dengan mesin mobil, AC juga perlu mendapatkan jeda masa sebagai waktu istirahat. Terutama saat menempuh perjalanan jauh, sehingga sistem dapat kembali ke posisi netral sebelum dipergunakan kembali. Hal ini juga akan bermanfaat pada memperpanjang usia pendingin.

Kadang kala seseorang lupa untuk mematikan AC barang sebentar demi mengistirahatkan sistem tersebut. Alih-alih justru terus menghidupkannya sepanjang perjalanan yang jauh. Tak heran jika dikemudian waktu muncul ketidakstabilan pendinginan.

Demikian informasi tentang cara melakukan perawatan AC mobil yang penting untuk diperhatikan serta diterapkan pada kendaraan pribadi Anda. Semoga informasi ini bermanfaat.