Article posted at:
Februari 10, 2021

Pilih Nissan Livina atau Honda Mobilio


Mobil keluarga Nissan Livina dan Honda Mobilio sedang banyak diperbincangkan saat ini. Banyak orang membandingkan dua mobil ini dan kebingungan untuk memilih yang mana paling terbaik. Kedua kendaraan roda empat ini memiliki keunggulannya masing-masing yang menjadi daya tarik sendiri. Mobil saat ini menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari...

Mobil keluarga Nissan Livina dan Honda Mobilio sedang banyak diperbincangkan saat ini. Banyak orang membandingkan dua mobil ini dan kebingungan untuk memilih yang mana paling terbaik. Kedua kendaraan roda empat ini memiliki keunggulannya masing-masing yang menjadi daya tarik sendiri.

Mobil saat ini menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia modern. Dengan adanya kendaraan tentunya dapat membantu mobilitas manusia dalam melakukan setiap aktivitasnya sehari-hari. Namun, dalam pemilihan kendaraan tidak bisa sembarangan harus disesuaikan dengan kebutuhan.

Dalam mobil jenis MPV, type kendaraan roda empat cocok bagi Anda dalam membawa penumpang dengan kapasitas cukup banyak. Saat ini mobil keluarga yang sedang populer yaitu ada dua Livina dan Honda Mobilio. Lalu lebih baik yang mana?

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, ada baiknya mengenal terlebih dahulu keunggulan serta juga kekurangan dari masing-masing kendaraan MPV Livina dan Mobilio. Mengetahui keunggulan serta kekurangannya masing-masing dapat lebih mudah untuk membandingkan mana yang terbaik.

Mengenal Lebih Jauh Nissan Livina

Livina dianggap sebagai kendaraan roda empat paling nyaman serta juga irit bahan bakar. Livina pertama hadir di kancah persaingan mobil type MPV yaitu tahun 2006 dan masih eksis mengeluarkan Livina hingga tahun 2020. Sebagai kendaraan untuk keluarga yang populer di Indonesia tentunya Livina ini memiliki kelebihan serta kekurangannya.

Kelebihan dari Livina yang pertama adalah memiliki Lapisan bodi tebal, fitur terbilang lengkap serta modern, model lebih elegan, perpindahan gigi terasa lebih lembut, kemampuan handling cukup baik, suspensi lebih empuk dan paling penting adalah irit bahan bakar.

Sejak awal kemunculan Livina ini sudah banyak orang menyukainya. Namun, meski mobil Livina sudah eksis dipasarkan sejak tahun 2006 bukan berarti Nissan Livina tidak mempunyai kekurangan yang dapat Anda jadikan panduan sebelum membeli produk dari Nissan.

Kelemahan dari Livina ini di antaranya bangku barik ke tiga terbilang kecil, peredam kabin kurang maksimal, tidak dilengkapi kunci immobilizer, tidak memiliki double blower AC, Ground clearance rendah, kapasitas mesin kecil dan pemilihan bahan bakar sangat terbatas.

Nissan sudah memutuskan Livina ini tidak akan mengeluarkan varian baru, mobil terbaru jenis ini adalah All New Livina. Setelah melihat kelebihan dan kekurangan dari kendaraan roda empat di atas, rasanya tidak salah jika Livina ini dijadikan mobil incaran ketika Anda ingin membeli mobil baru.

Honda Mobilio Kendaraan Murah Tapi Berkualitas

Mobilio hadir dengan dilengkapi teknologi lebih modern dan terbaru tentunya, teknologi ini bahkan tidak ada di produk Honda sebelumnya. Mobilio pertama dikenalkan di Indonesia ketika digelarnya ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) pada bulan September 2013. Setelah itu resmi dipasarkan pada bulan Januari 2014.

Kelebihan dari Mobilio adalah desain yang terlihat mewah, kabin pengemudi lebih besar, bagasi lebih luas, bahan bakar irit, ground clearance lumayan tinggi, memiliki kunci Immobilizer, terdapat proteksi keamanan bagi pejalan kaki, dan yang terakhir harga spare part terjangkau.

Honda Mobilio saat ini sedang ramai di pasaran karena mengusung kendaraan roda empat dengan type MPV yang mampu menampung hingga kapasitas 7 orang bahkan 8 orang. Mobil keluarga Mobilio ini memang kendaraan yang banyak diminati tapi bukan berarti Mobilio tidak memiliki kelemahan. Semua mobil pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Kekurangan Mobilio yaitu transmisi CVT tidak sanggup untuk menyalur tenaga mesin, suspensi kurang nyaman, kabin kurang kedap terhadap suara, tidak ada defogger kaca belakang, minim lampu indikator interior, tidak dilengkapi filter udara kabin dan desain interiornya kurang menarik.

Mobilio adalah salah satu jenis mobil MPV terbaik yang dibuat oleh Honda. Pelayanan after sales Honda juga sangat bagus untuk semua produk mereka. Pelayanan ini sangat dibutuhkan untuk membuat pemilik mobil lebih merasa puas setelah memiliki Honda Mobilio.

Lebih Pilih Livina atau Mobilio?

Membeli sebuah kendaraan roda empat bukanlah hal yang mudah perlu pertimbangan matang agar tidak menyesal. Dari kedua kendaraan Livina dan Mobilio tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Namun, jika harus memilih dari kedua mobil ini mana yang terbaik hasilnya tergantung kebutuhan Anda.

Setiap orang tentunya memiliki kenyamanan tersendiri dalam berkendara tidak bisa di sama ratakan. Lalu bagaimana cara memilih mobil sesuai dengan kebutuhan dan fashion Anda. Pertama adalah perhitungkan kebutuhan jumlah penumpang. Pilihan mobil yang bisa menampung semua anggota keluarga.

Hal kedua adalah Anda perlu mempertimbangkan tenaga mesin, jika Anda adalah orang yang suka mengendarai mobil dengan santai pilihlah mobil dengan kapasitas cc tidak besar. Tapi jika Anda membutuhkan kendaraan yang bertenaga, pilihlah jenis mobil memiliki cc besar.

Perhatikan fitur keselamatan, pastikan Anda memilih kendaraan roda empat yang memiliki fitur keamanan lebih lengkap dan teruji. Keselamatan merupakan hal paling penting dalam berkendara, sebuah mobil tanpa adanya fitur keamanan tentunya membuat Anda tidak akan tenang ketika berkendara.

Livina dan juga Mobilio merupakan kendaraan roda empat type MVP yang populer di Indonesia. Masalah harga kedua kendaraan roda empat ini tidak terpaut jauh Livina dibandrol dengan harga sekitar Rp 242 juta on the road Jakarta sedangkan Mobilio sekitar Rp 214 juta on the road Jakarta. Pilihlah kendaraan yang akan Anda beli sesuai dengan selera Anda, selain itu test drive terlebih dahulu sebelum Anda membelinya. Jadi lebih pilih Livina atau Mobilio? Tergantung, jika ingin desain yang lebih elegan pilihlah Nissan Livina tapi jika budget Anda dalam membeli kendaraan lebih terbatas pilihlah Mobilio.