Article posted at:
Februari 10, 2021

Tips Memilih Mobil Baru Agar Tidak Menyesal Setelah Membelinya


Ingin memiliki mobil baru di tahun ini, maka Anda perlu mengetahui tips memilih mobil baru agar nantinya lebih fungsional dan tidak menyesal setelah menghabiskan banyak dana untuk membelinya. Apalagi dari tahun ke tahun perkembangan fitur-fitur mobil semakin canggih sehingga menggiurkan rasanya ingin segera membelinya. Namun memilih kendaraan yang tepat...

Tips Memilih Mobil Baru Agar Tidak Menyesal Setelah Membelinya

Ingin memiliki mobil baru di tahun ini, maka Anda perlu mengetahui tips memilih mobil baru agar nantinya lebih fungsional dan tidak menyesal setelah menghabiskan banyak dana untuk membelinya. Apalagi dari tahun ke tahun perkembangan fitur-fitur mobil semakin canggih sehingga menggiurkan rasanya ingin segera membelinya.

Namun memilih kendaraan yang tepat dalam artian sesuai dengan kebutuhan memang sangatlah sulit mengingat banyak sekali produk baru yang dijual di Indonesia. Tidak hanya dari Jepang saja namun saat ini beberapa kendaraan dengan fitur-fitur lengkap dan harga murah juga banyak.

Beberapa kendaraan dari China dan Korea Selatan bahkan memberikan penawaran harga lebih rendah dengan fitur-fitur yang tidak kalah canggih. Namun supaya tidak menyesal nantinya atau di kemudian hari maka lakukan beberapa pertimbangan sebelum memutuskan untuk memilih salah satu varian terbaru tersebut.

Tips memilih mobil baru sebenarnya sangatlah simple, tentu saja hal utama yang perlu dilakukan adalah menyesuaikan harga dengan budget yang dimiliki. Kemudian ketahui spesifikasi dan fitur-fiturnya secara detail, termasuk biaya perawatan dan pajak kendaraan, untuk lebih detailnya simak tips berikut!

Sesuaikan dengan Kebutuhan, Bukan Keinginan

Tips yang satu ini sebenarnya sangatlah simpel namun sering diabaikan, jadi mulai saat ini coba mengingat kembali apakah Anda membeli mobil hanya untuk kebutuhan atau keinginan saja. Mengingat harga mobil tidaklah murah sehingga jangan membeli secara sembarangan karena akan membuat Anda menyesal jika fitur-fiturnya tidak sesuai kebutuhan.

Perlu diingat juga bahwa kendaraan ini bukanlah kebutuhan primer, jika Anda ingin membelinya atau malah menambah koleksi kendaraan Anda maka pikirkan ulang apakah kebutuhan pokok seperti sandang, pangan dan papan sudah benar-benar tercukupi. Karena banyak kasus yang memaksakan diri membeli mobil namun pada akhirnya harus dijual dengan harga murah.

Tentu saja hal tersebut menimbulkan kerugian ketika Anda baru membelinya namun membutuhkan dana darurat dan harus menjualnya kembali. Jadi jika memang mobil adalah kebutuhan Anda dalam berbisnis yang mengharuskan mengangkut beberapa barang atau semacamnya maka pilihlah jenis mobil yang pas.

Anda bisa menyeleksinya berdasarkan harga misalnya jika memiliki budget 200 juta, maka cari beberapa opsi dengan harga yang rata-rata sama. Lalu bandingkan mobil satu dan mobil lainnya dan carilah yang benar-benar memiliki kualitas baik dengan fitur-fitur yang lebih lengkap sesuai kebutuhan Anda.

Tips memilih mobil baru dengan menyesuaikan kebutuhan bisa membantu Anda mendapatkan mobil impian yang benar-benar fungsional. Jangan lupa juga mengetahui kapasitas kabin apalagi jika memiliki keluarga besar. Bisa juga memilih konfigurasi 3 baris bangku seperti Toyota Calya dan Daihatsu Sigra.

Pelajari Fitur-fitur dan Spesifikasinya

Sebelum membeli kendaraan baru memang sebaiknya Anda mengerti atau memahami fitur-fiturnya. Seperti pembahasan di tas, Anda perlu mencari beberapa pilihan sesuai budget kemudian carilah yang terbaik. Bandingkan fitur mobil satu dengan mobil lainnya agar bisa mendapatkan kualitas terbaik dengan harga terjangkau.

Fitur yang benar-benar harus diperhatikan dengan baik adalah fitur keselamatan di mana Anda perlu memilih kendaraan dengan anti lock braking system atau ABS dan SRS airbag sebagai standar. Lebih banyak system yang bisa menjaga keselamatan Anda saat berkendara tentu saja semakin recommended.

Apalagi jika Anda adalah pengendara yang sering berada di medan sedikit terjal maka sebaiknya pilih mobil dengan penggerak roda belakang atau RWD. Tips memilih mobil baru dengan mengutamakan fitur-fitur keselamatan memang seringkali diabaikan jika sudah tertarik dengan visual dan fitur-fitur lainnya.

Padahal keselamatan dalam berkendara sangatlah penting karena meskipun sudah berhati-hati bisa saja ada kendaraan lain atau pengendara lain yang bersikap ceroboh. Jadi sistem keamanan harus ditingkatkan dengan memilih fitur keselamatan terbaik. Fitur-fitur tambahan lainnya bisa dipikirkan setelah fitur keselamatan.

Diskusikan dengan Komunitas atau Pecinta Otomotif Lainnya

Ketika akan membeli mobil maka Anda harus benar-benar mengetahui spesifikasi dan fitur dari calon mobil tersebut. Tidak hanya berselancar di mesin pencari atau browser saja, ada baiknya Anda mencari tahu dari komunitas tertentu atau pecinta otomotif yang benar-benar memahami kelebihan dan kekurangan sebuah kendaraan.

Tips memilih mobil baru benar-benar harus dilakukan karena dengan begitu Anda bisa mengetahui apa saja kelebihan dari mobil tersebut hingga cara perawatannya. Anda bisa berdiskusi dengan mengikuti beberapa grup atau forum di media sosial dan dari sanalah Anda bisa mendapatkan informasi secara detail.

Anda bisa mengetahui seluk beluk perawatannya juga, karena penting sekali mencari tahu tentang ketersediaan dan harga suku cadang. Sebaiknya hindari memilih mobil dengan suku cadang yang sulit ditemukan karena hanya menambah biaya perawatan saja. Bergabung pada komunitas bahkan bisa membuat Anda mendapatkan rekomendasi showroom terbaik.

Lakukan Test Drive Sebelum Yakin Membelinya

Tips memilih mobil baru berikutnya adalah dengan melakukan test drive supaya Anda tidak menyesal di kemudian hari. Beruntung jika memiliki teman atau kerabat yang lebih dulu membeli tipe yang sama jadi Anda bisa mencobanya jauh sebelum benar-benar membelinya.

Karena test drive sangatlah penting di mana Anda bisa merasakan performa mesin secara langsung dan kenyamanan kabin. Bahkan jika memungkinkan maka ajak anggota keluarga untuk test drive agar Anda juga mengetahui tanggapan dari keluarga. Jangan lupa juga mencari penjual mobil yang memberikan promo.

Biasanya beberapa showroom bisa memberikan promo seperti bonus sarung jok kaca film talang air dan lain-lain. Anda juga bisa membelinya di waktu-waktu tertentu misalnya seperti awal dan akhir tahun agar bisa mendapatkan potongan besar. Tips memilih mobil baru di atas bisa membantu Anda mendapatkan mobil impian sesuai kebutuhan.