Article posted at:
April 27, 2021

Tips Modifikasi Mobil Ceper Tetap Nyaman dan Aman


Saat ini sudah banyak para memiliki mobil yang ingin mobilnya bisa tampil beda dari yang lain. Mereka ingin memiliki mobil yang ceper namun tetap aman dan nyaman saat digunakan berkendara. Sehingga tidak heran kalau banyak yang mencari informasi tentang tips mobil ceper tapi nyaman.  Modifikasi mobil ceper merupakan salah...

tips mobil ceper tapi nyaman

Saat ini sudah banyak para memiliki mobil yang ingin mobilnya bisa tampil beda dari yang lain. Mereka ingin memiliki mobil yang ceper namun tetap aman dan nyaman saat digunakan berkendara. Sehingga tidak heran kalau banyak yang mencari informasi tentang tips mobil ceper tapi nyaman. 

Modifikasi mobil ceper merupakan salah satu cara yang paling banyak dilakukan agar penampilan mobil semakin keren dan lebih menarik. Mobil dengan ground clearance yang lebih rendah akan tampil menarik. Hal inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk modifikasi mobilnya lebih ceper. 

Mobil ceper ini memang terlihat sangat menarik dan sedap dipandang. Biasanya mobil yang cocok untuk di modif ceper ini mobil sport. Mobil-mobil sport memang membutuhkan aerodinamika sehingga harus lebih dekat dengan aspal. 

Selain terlihat lebih menarik, sebenarnya mobil dibuat ceper ini adalah untuk memperbaiki hambatan angin ketika mobil di jalan. Hal inilah yang membuat semakin banyak orang yang melakukan modifikasi mobil ceper.  

Banyak Juga Kelebihan Modifikasi Mobil Ceper

Melakukan modifikasi terhadap mobil adalah salah satu yang wajar. Bagi penggemar otomotif aktivitas modivikasi adalah hal yang sangat seru dan menyenangkan. Kalau modifikasi mobil yang paling sering adalah mobil ceper. 

Jadi mengganti per bawaan agar bisa lebih rendah sehingga mobil akan terlihat lebih ceper. Pastikan anda tahu tips mobil ceper tapi nyaman agar tidak mengalami kerugian. Karena kalau sampai salah atau ngawur dalam modifikasi maka bisa membahayakan diri sendiri. 

Mengingat semuanya pasti ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Mengetahui tips modifikasi yang benar anda merasakan kelebihannya. Berikut ini kelebihan modifikasi mobil ceper. 

Mobil akan lebih aerodinamis 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas kalau mobil ceper mampu menciptakan aerodinamik yang lebih baik. Mengapa bisa demikian? Ketika mobil berkendara, aliran angin yang ada dari kolong lebih rendah. 

Mobil ceper akan membuatnya lebih mencengkram jalan aspal lebih stabil. Memang pihak produsen mobil sport sudah menawarkan desain pengurai diffuser agar mobil lebih stabil saat berkendara. 

Berkendara lebih stabil 

Sejatinya semakin ceper mobil dengan aspal maka pusat gravitasi akan semakin rendah. Nah, dengan demikian mobil bisa berkendara lebih cepat dengan stabil. Kalau mobil pusat gravitasinya terlalu tinggi maka kurang stabil saat di tikungan dan kecepatan tinggi. 

Melihat hal tersebut saat ini banyak orang memilih untuk modifikasi mobil ceper. Terlebih saat ini sudah banyak mobil dengan desain spot sehingga cocok di modifikasi ceper. 

Mengurangi hambatan udara 

Mobil yang memiliki postur yang tinggi maka hambatan udaranya semakin berat. Jadi dengan memiliki mobil dengan postur lebih rendah akan membuat hambatan udaranya semakin rendah dan stabil. 

Semakin kecil angka Cd mobil maka pergerakan mobil akan semakin maksimal. Nah, dengan demikian mobil ceper akan mengurangi konsumsi bahan bakar. Jadi memiliki mobil ceper bisa menghemat bahan bakar dibandingkan lainnya. 

Mobil tidak mudah terguling 

Memilih untuk modifikasi mobil ceper memang menawarkan berbagai kelebihan. Selain membuat mobil terlihat semakin keren, juga membuat mobil tidak mudah terguling. Ketika terjadi tabrakan, mobil ceper risiko terguling sangatlah kecil dibandingkan mobil ground clearance tinggi.

Pastinya akan lebih keren

Modifikasi mobil ceper memang tujuan utamanya adalah agar mobil terlihat semakin keren dan elegan. Bahkan anda sebagai pemiliknya akan merasa bangga sudah memiliki mobil ceper karena berbeda dengan yang lain. 

Tips Mobil Ceper Tapi Nyaman dan Aman 

Setelah mengetahui berbagai kelebihan modifikasi mobil ceper pasti anda sudah tidak sabar lagi untuk memiliki mobil ceper. Memang modifikasi mobil ceper adalah langkah yang tepat agar mobil terlihat semakin keren. 

Agar hasil modifikasi mobil semakin bagus dan nyaman, anda harus memperhatikan banyak hal. Ketika anda memutuskan untuk merubah mobil standar menjadi lebih ceper adalah merubah sistem suspensi. 

Ada lagi cara yang mudah untuk melakukan modifikasi mobil ceper. Jadi dengan memotong per di bagian bawah mobil. Nah, dengan demikian mobil akan lebih dekat dengan permukaan aspal. Namun cara tersebut sangat berbahaya dan tidak direkomendasikan. 

Ketika anda memutuskan untuk memotong per itu artinya kemampuannya akan semakin melemah. Hal ini terjadi karena panas yang terlalu berlebihan. Kalau sudah demikian resiko yang berbahaya adalah terjadinya per patah saat berkendara di jalan. 

Ada hal yang perlu anda perhatikan ketika memutuskan menceper mobil adalah tingkat ketinggian per dan shock harus sama. Kalau shock terlalu tinggi akan membuat anda berkendara tidaklah nyaman. 

Jadi agar proses modifikasi mobil ceper bisa sempurna, silahkan ikuti beberapa tips mobil ceper tapi nyaman berikut ini : 

Menggunakan per mobil lain 

Salah satu cara yang paling tepat agar anda tidak memotong bagian per adalah memilih per mobil lain yang lebih rendah. Memang cara ini tidak berdasarkan hitungan dan tanpa saran tenaga profesional. Namun akan lebih baik daripada memotong per bawaan dari mobil. 

Kalau memilih per dan shock dari tipe mobil lain, pastikan bisa terpasang dengan baik. Nah, agar lebih tepat anda bisa memanfaatkan teknisi yang terpercaya. Nah, dengan demikian mobil akan lebih ceper sehingga tetap aman dan nyaman. 

Lowering kit 

Kini sudah ada lowering kit yang memang digunakan untuk modifikasi mobil ceper. Cara ini dirasa lebih aman dan cepat karena harganya lebih ekonomis. Jadi bagi anda yang ingin modifikasi mobil ceper bisa menggunakan lowering kit. 

Biasanya sudah tersedia satu paket antara per dan shock. Anda tinggal mencari lowering kit yang sesuai dengan mobil anda. Kalau sudah sesuai pastinya proses pemasangan lebih presisi. Anda juga perlu memperhatikan karakter dan ketinggiannya karena setiap merk suspensinya berbeda-beda. 

Coilover 

Bagi anda yang belum tahu Coilover yaitu per yang sudah menyatu dengan shock. Kalau anda memiliki dana yang lebih besar anda bisa anda menggunakan paket suspensi ini untuk modifikasi mobil ceper. 

Kalau memilih lowering kit, karakter dan tingkat ketinggiannya sudah paten jadi tidak bisa atur. Kalau memilih Coilover maka anda berkesempatan untuk pengaturan naik turun mobil. Selain bisa mengatur ketinggian juga bisa mengatur tingkat keempukan shock. 

Air Suspension 

Kalau anda ingin melakukan modifikasi mobil ceper yang lebih ekstrim bisa memanfaatkan air suspension. Jadi metode suspensi udara ini menggantikan sistem per menjadi kantong udara. Nah, untuk pengaturannya memanfaatkan kompresor kecil yang terpasang di bagasi. 

Kelebihan menggunakan air suspension adalah bisa mengatur ketinggian dengan tombol. Anda bisa mengaturnya di dekat setir. Selain itu anda juga bisa melakukan pengaturan dengan menggunakan aplikasi. Tentu sangat canggih, karena sebanding dengan harga yang ditawarkan. Itulah penjelasan mengenai beberapa tips mobil ceper tapi nyaman dan aman. Pastikan anda ikuti beberapa tips diatas agar mobil tetap nyaman dan aman. Salah satu yang berbahaya adalah memotong per bawaan mobil, jadi dengan mengikuti langkah diatas anda bisa merasakan berbagai kelebihannya.