Article posted at:
Februari 10, 2021

Mitsubishi Xpander dan Avanza Veloz, Pilih yang Mana?


Mobil Mitsubishi Xpander dengan kemunculan pertamanya ditahun 2017 memang menuai banyak sekali perhatian dari para pecinta mobil khususnya penggemar Mitsubishi. Kenyamanannya ketika dikendarai kemudian banyaknya fitur canggih yang ditawarkan oleh pihak produsen yaitu Mitsubishi menjadi salah satu daya pikat mobil ini dipasaran Indonesia yang sudah semakin ketat persaingannya. Mobil...

Mobil Mitsubishi Xpander dengan kemunculan pertamanya ditahun 2017 memang menuai banyak sekali perhatian dari para pecinta mobil khususnya penggemar Mitsubishi. Kenyamanannya ketika dikendarai kemudian banyaknya fitur canggih yang ditawarkan oleh pihak produsen yaitu Mitsubishi menjadi salah satu daya pikat mobil ini dipasaran Indonesia yang sudah semakin ketat persaingannya.

Mobil ini memang dirancang khusus untuk kendaraan keluarga sehingga yang paling ditekankan utamanya adalah kenyamanan. Di samping itu pihak produsen sendiri juga menerapkan sistem safety atau keamanan yang sangat ketat di mobil ini. Tidak heran, hal tersebut membuat para penumpangnya bisa merasakan keamanannya terjaga ketika berada di dalam mobil.

Pesaing dari Xpander tersebut salah satunya yaitu Avanza Veloz. Mobil tersebut dihadirkan oleh salah satu produsen mobil terbesar dan terkemuka di Indonesia yaitu PT Toyota Astra Motor yang merupakan salah satu hasil joint venture antara PT Astra International Tbk dengan perusahaan mobil terkemuka Toyota Motor Corporation.

Disisi lain persaingan industri mobil di Indonesia dengan hadirnya beberapa merk seperti Honda, Mazda, Wuling dan yang terbaru Renault semakin menambah sengitnya kompetisi. Sehingga hal tersebut memicu para produsen merk untuk berlomba-lomba menciptakan sebuah mobil  baru yang lebih canggih, irit, kuat dan dari segi harga juga masih terjangkau.

Dobrakannya dengan menghadirkan produknya berupa Mitsubishi Xpander membuatnya menjadi pesaing utama Toyota Astra Motor. Itu terbukti ketika pada tahun 2018 penjualan dari Mitsubishi secara keseluruhan melonjak drastis. Angka lonjatannya bahkan sampai 115% dari tahun 2017. Sehingga membuatnya sebagai salah satu perebut pangsa pasar dari Astra sendiri.

Rahasia Mitsubshi Menjadi Pesaing Utama Astra

Avanza veloz yang menjadi salah satu produk unggulan Toyota memang memiliki pangsa pasar dan tempat sendiri dihati para penggemarnya pada awal kemunculannya bahkan sampai sekarang ini. Namun semua itu seiring berjalannya waktu, para konsumen mulai pelan-pelan berpindah kepada Mitsubishi dengan produk mobil keluarga Andalannya yang mampu menggebrak pasar Indonesia.

Produk tersebut merupakan mobil Xpander dengan menghadirkan berbagai fitur dan menawarkan berbagai kenyamanan dengan harga yang terjangkau. Memang faktor utama jika ingin merebut hati konsumen Indonesia yaitu masalah harga. Tipe pembeli di Indonesia sendiri masih banyak yang mengutamakan harga terlebih dahulu kemudian baru mempertimbangkan faktor-faktor di luar harga ketika membeli.

Itu yang menjadi salah satu keberhasilan Mitsubishi Xpander dalam mendobrak pangsa pasar dari produk-produk Astra khususnya Toyota. Kemudian dari perbandingan harganya saja hanya berjarak tidak sampai Rp 20 juta. Meskipun lebih tinggi Xpander, namun para konsumen lebih memilihnya karena fitur-fitur yang lebih komplit dan tingkat kemanan tinggi dari mobil tersebut.

Fitur yang terdapat dalam mobil ini ada Keyless Operating System atau KOS, Cruise Control, Tilt & Telescopic Steering, Kamera Belakang, Power Outlet Baris Ketiga, Emergency Stop Signal atau ESS dan masih banyak lagi fitur lainnya. Fitur-fitur tersebut menandakan bahwa mobil ini diciptakan memang untuk membuat para penumpang dan pemiliknya terasa dimanjakan.

Kuatnya Produk Avanza

Produk dari Astra Toyota yang terbaru dan menjadi salah satu incaran para konsumen yaitu Avanza Veloz. Sebelumnya produk-produk Avanza memang sudah menjadi salah satu Andalan dari Astra Toyota untuk mendapatkan pangsa pasar yang luas. Avanza yang sudah hadir pertama kali pada 2004 menjadi produk yang fenomena pada waktu diawal kemunculannya.

Memang harus diakui bahwa produk ini mampu bertahan lebih dari 15 tahun dengan kestabilan penjualan yang sangat bagus. Apalagi setiap beberapa tahun sekali, Toyota membuat inovasi baru dengan menghadirkan produk Avanza terbarunya. Dan produk terbaru tersebut yaitu Veloz yang masih bertajuk mobil keluarga dengan menghadirkan berbagai kenyamanan.

Diharapkan dengan hadirnya produk seri ini, membuat pangsa pasar dari Astra khususnya dalam merk Toyota menjadi lebih kuat di masyarakat Indonesia meskipun untuk sekarang ini persaingan industri mobil semakin sengit dan ketat. Bisa disebut mobilnya sejuta umat, Avanza ini memang sejak awal kemunculannya dipatok dengan harga yang sesuai dengan masyarakat.

Fitur yang terdapat pada mobil ini adalah berupa LED Headlamp, kemudian Rear seat entertainment, Start/stop button, Power outlet semua baris, Seat belt warning, Immobilizer dan masih banyak lagi membuatnya menjadi mobil yang lebih dari cukup untuk menjadi tumpangan keluarga. Dengan hadirnya fitur tersebut membuatnya sangat nyaman dan aman untuk dikendarai.

Pilih Xpander atau Veloz?

Dari penjelasan tersebut pastinya Anda sedikit kebingunan dalam menentukan sikap ingin jatuh hati dengan mobil yang mana. Semua hal yang ditawarkan oleh dua pabrikan mobil terkemuka ini memang sangat kompetitif dan sama-sama bagusnya. Semua tergantung selera dan kemampuan daya beli Anda. Karena pada dasarnya mobil sebagai kendaraan dalam mempermudah pekerjaan.

Mitsubishi Xpander dengan harga yang tidak jauh berbeda dengan Veloz membuatnya mampu mendobrak dominasi Avanza yang hampir menguasai pangsa pasar 15 tahun lamanya. Dengan harga tersebut namun tetap mampu menghadirkan berbagai fitur canggi dan aman membuatnya berkenan dihati konsumen-konsumen Indonesia.

Dari segi performa mesin untuk keduanya hampir sama kapasitasnya. Namun perbedaannya pada maksimal torsi puncaknya. Jika Xpander mampu sampai torsi maksimal 141Nm, sedangkan pada Veloz sendiri hanya sampai angka 136 Nm saja. Perbedaan tidak terlalu jauh dari segi angka, namun bagi Anda sebagai konsumen pasti sudah bisa menilai.

Dalam membeli sebuah mobil alangkah baiknya sesuaikan dengan kebutuhan Anda dahulu kemudian baru ke selera. Xpander dengan segala kecanggihan fiturnya dan harga yang tidak beda jauh memang mampu merusak dominasi Veloz. Namun Avanza Veloz sudah cukup jika hanya sebagai mobil keluarga yang bisa membuat aman dan nyaman para penumpangnya.